Comscore Tracker

Gelar Seleksi, Garuda Select Angkatan III Bakal Dilatih di Inggris

Garuda Select edisi kedua kurang bagus

Jakarta, IDN Times - Program Garuda Select hasil kolaborasi MOLA dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) angkatan ketiga bakal segera dimulai. Hal itu dipastikan usai Direktur Sepak bola Garuda Select, Dennis Wise, dan Kepala Tim Pelatih, Des Walker, beserta empat staff pelatih dan pemandu bakat melakukan seleksi.

Mereka semua memantau langsung pemain-pemain yang mengikuti jalannya Selection Camp mulai 29 Oktober-3 November 2020.

Pada Selesi perdana yang digelar pada dua hari lalu, sebanyak 23 pemain ambil bagian menunjukkan kebolehannya di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Sehari berselang, pemain-pemain yang dipanggil seleksi berjumlah 26 orang.

1. Wise pantau pemain di daerah

Gelar Seleksi, Garuda Select Angkatan III Bakal Dilatih di InggrisPara pemain Garuda Select II saat mengikuti program pelatihan di Italia pada Januari 2020. (Dok. PSSI)

Menariknya tim pemandu bakat Garuda Select pun sempat memantau pemain-pemain yang tampil di beberapa kompetisi, sebut saja Piala Soeratin, Liga Topskor, dan Liga Kompas Gramedia. Plus, melakukan pencarian pemain yang tidak terdeteksi dalam kompetisi, termasuk pemain-pemain
yang berada di pelosok-pelosok daerah Indonesia.

"Tim Pemandu Bakat Garuda Select melakukan pemantauan bakat pemain ke berbagai daerah demi mencari bakat-bakat sepak bola terbaik di Indonesia. Kami juga membuka kesempatan untuk bisa mencari bakat pemain yang tak terpantau dalam kompetisi yang ada," ujar Wise dalam rilis resmi yang diterima IDN Times.

"Seperti saat Season pertama di tahun 2018 muncul nama Braif Fatari, di mana ketika itu sama sekali tak ada yang tahu dan mengenal baik mengenai Braif. Kita bisa lihat sekarang dimana pemain Garuda Select Angkatan
Pertama itu sudah bersama menjadi bagian dari Tim Nasional U-19 yang dipersiapkan untuk World Cup U-20," lanjut dia.

Baca Juga: Membuahkan Hasil, 15 Pemain Jebolan Garuda Select Tembus Timnas U-19!

2. Pemain di daerah terpencil dapat kesempatan

Gelar Seleksi, Garuda Select Angkatan III Bakal Dilatih di InggrisBek sayap Akademi PSM, Edgard Amping, saat beraksi dalam laga Garuda Select vs Huddersfield Town U-18 pada Selasa (18/2/2020). (Dok. PSSI)

Proses pencarian bakat terpendam di berbagai wilayah betul-betul dimanfaatkan Wise dan kolega kali ini. Dia yakin Indonesia ada banyak talenta pemain yang potensial dan meski mereka berada di luar sistem atau kompetisi yang kita sudah ada.

Hal itu dilakukan, karena pemain-pemain di daerah dianggap layak mendapatkan kesempatan bergabung dengan Garuda Select.

"Kami berkesempatan untuk bisa melihat sebanyak mungkin bakat pemain di berbagai pelosok Indonesia. Itu akan sangat menguntungkan bagi semua pihak khususnya masa depan sepak bola Indonesia.

3. Hanya 24 pemain yang bakal dibawa Wise ke Inggris

Gelar Seleksi, Garuda Select Angkatan III Bakal Dilatih di InggrisGaruda Select siapkan menu latihan berbeda selama masa rehat di Inggris (Dok. Mola TV)

Selama beberapa hari kedepan, seleksi pemain Garuda Select itu bakal terus berlangsung. Sebanyak 100 orang bakal mendapatkan kesempatan seleksi, tapi tak semua pemain bisa berangkat menimba ilmu di Eropa.

Secara keseluruhan Selection Camp Garuda Select Angkatan III ini akan memilih lebih dari 100 pemain berbakat terbaik Indonesia yang dicomot dari pelbagai ajang.

Garuda Select hanya akan diisi 24 pemain terbaik untuk bisa
mendapatkan kesempatan berharga menimba ilmu dan kemampuan mereka di lingkungan terbaik sepak bola Dunia yakni di Eropa. Program Garuda Select Season ketiga direncanakan akan berlangsung mulai bulan November 2020-Mei 2021.

Baca Juga: Ketimbang Naturalisasi, Timnas U-19 Bisa Lirik 5 Bintang Garuda Select

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya