Gerd Mueller, Sang Pemecah Rekor Sebelum Messi dan Ronaldo

Mueller top scorer sepanjang masa Bundesliga

Jakarta, IDN Times - Dunia sepak bola tengah berduka usai legenda Jerman dan Bayern Munich, Gerd Mueller, tutup usai pada Minggu, (15/8/2021). Dia mengembuskan napas terakhirnya di usia 75 tahun setelah berjuang melawan penyakit Alzheimer yang diderita sejak 2015 silam.

Saat masih aktif bermain, banyak prestasi gemilang yang dia torehkan untuk Der Panzer. Mueller memenangkan sepatu emas Piala Dunia 1970. Dengan kemampuannya mencetak gol, membuat Mueller dijuluki Der Bomber oleh rekan-rekan, pelatih, hingga fans.

Bayern pun merasa begitu kehilangan anggota keluarganya. Terlebih, prestasi dan kontribusi yang diberikan oleh Mueller sangat besar untuk membuat Bayern jadi klub raksasa hingga saat ini. 

1. Perjalanan Gerd Mueller bersama Bayern Munich

Gerd Mueller, Sang Pemecah Rekor Sebelum Messi dan Ronaldobundesliga.com

Dilansir laman resmi Bayern, Mueller memulai kariernya di lapangan hijau bersama tim divisi lima Jerman, Nordlingen 1861. Dalam debut profesionalnya, Mueller berhasil mencatatkan 180 gol dalam lima musim.

Bakatnya mulai tercium klub-klub besar Jerman, salah satunya Bayern Munich. Tanpa berpikir panjang, dia akhirnya didatangkan manajemen Bayern pada 1960 untuk diproyeksikan menjadi penyerang utama. Dia bergabung bersama pemain bintang lainnya.

Dia baru benar-benar tampil menjadi pemain utama pada 1964. Walau masih belia, dia bisa menyihir publik dengan kemampuan ulung dalam mencetak gol. Kehebatannya itu membuat Mueller bisa mencetak 33 gol, plus membuat Bayern naik kasta ke Bundesliga pada 1965.

Berbagai gelar bergengsi berhasil dipersembahkan untuk klubnya. Empat trofi kompetisi domestik, tiga mahkota Liga Champions, dan empat gelar Piala Jerman adalah prestasi yang tak bisa dielakkan.

Baca Juga: Legenda Jerman dan Bayern Gerd Mueller Meninggal Dunia

2. Jadi yang tersubur di Bundesliga

Gerd Mueller, Sang Pemecah Rekor Sebelum Messi dan RonaldoRobert Lewandowski (kiri) mulai sejajar dengan legenda Bayern Munich Gerd Mueller (kanan). (bundesliga.com).

Dia bahkan mampu membuat rekor yang belum bisa dipecahkan pemain manapun sampai saat ini. Mueller jadi pemain tersubur sepanjang sejarah Bundesliga dengan torehan 365 gol dalam 427 pertandingan di Bundesliga. 

Mueller juga mencatatkan sejarah sebagai pemain yang paling sering meraih gelar top scorer di Bundesliga. Total, dia menjadi pencetak gol terbanyak selama tujuh kali, dengan rincian 1966/1967, 1968/1969, 1969/1970, 1971/1972, 1972/1973, 1973/1974, dan 1977/1978.

Prestasi individu tertingginya, tentu gelar top scorer yang pertama kali diraihnya bersama Bayern di Bundesliga. Bagaimana tidak, dia bisa mencetak 28 gol selama satu musim saat berusia 22 tahun. Dia pun dinobatkan sebagai anak muda pertama yang mampu merebut sepatu emas dan sampai saat ini belum bisa dipecahkan.

3. Jadi legenda Timnas Jerman

Gerd Mueller, Sang Pemecah Rekor Sebelum Messi dan Ronaldofcbayern.com

Di level timnas, kehebatan Mueller tak perlu diragukan lagi. Dia boleh dibilang sebagai pemain tersukses Jerman pada masanya. Selain sepatu emas Piala Dunia, dia juga berhasil mengantarkan Jerman Barat menjadi kampiun Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.

Mueller pun tercatat sebagai pemain Jerman pertama yang berhasil meraih gelar bergengsi saat itu, European Footballer of The Year pada 1970. Prestasi itu dilengkapi dengan penghargaan pribadi pemain terbaik, Ballon d’Or, sepatu emas Piala Eropa, hingga pemain terbaik Jerman.

Tak hanya itu, dia berhasil mengoleksi 68 gol dari 62 penampilannya bersama Jerman. Catatan itu membuatnya jadi pemain Jerman tersubur kedua sepanjang sejarah, di bawah Miroslav Klose yang mencetak 71 gol bagi Die Mannschaft. 

Kini, sang legenda tutup usia. Perjuangannya melawan penyakit dalam kurun waktu lima tahun terakhir pun selesai. Namun, Mueller tetaplah legenda. Namanya akan selalu menjadi legenda di dunia bal-balan. Sebelum era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Mueller adalah rajanya.

Baca Juga: Hobi Bayern Gerogoti Dortmund Kumat, Haaland Jadi Buruan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya