Griezmann CLBK ke Atletico Jelang Deadline Day Bursa Transfer

Barcelona pinjam pemain cadangan Sevilla

Jakarta, IDN Times - Jendela transfer musim panas 2021 resmi berakhir. Beberapa kejutan pun terjadi di pengujung transfer kali ini. Klub-klub Eropa secara tak terduga membajak beberapa pemain penting hingga penutupan pada Selasa (31/8/2021) waktu Eropa. 

Usai mengejutkan mendatangkan Eduardo Camavinga sehari sebelum tenggat, Real Madrid gagal membajak Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain (PSG). Walau sudah memberikan penawaran resmi 200 juta euro atau Rp3,4 triliun, Les Parisien tak menggubrisnya.

Namun yang lebih menarik, pada bursa transfer kali ini banyak klub 'Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK)' dengan pemain-pemain lamanya. Usai Chelsea lebih dulu resmi memulangkan Romelu Lukaku, Manchester United menyusul kembali mendatangkan Cristiano Ronaldo. Hal serupa juga dilakukan Juventus dengan merekrut Moise Kean.

Kini, keseruan transfer terjadi melibatkan klub Liga Inggris hingga LaLiga. Selain ramai perpindahan pemain bintang dengan status pinjaman, beberapa transfer CLBK paling mengejutkan juga terjadi dalam deadline day yang menegangkan. 

Berikut rangkuman transfer besar dan mengejutkan yang terjadi saat deadline day jendela transfer musim panas 2021.

Baca Juga: Camavinga Jadi Milik Real Madrid, Bursa Transfer Memanas

1. Saul Niguez

Persaingan klub-klub Liga Inggris untuk mendapatkan gelandang asal Atletico Madrid, Saul Niguez, akhirnya dimenangkan Chelsea. Mereka mampu mengalahkan Manchester United hingga Liverpool yang sebelumnya begitu berambisi merekrut pemain asal Spanyol tersebut.

Dilansir Sky Sports, The Blues resmi mendaratkan Saul ke Stamford Bridge dengan status pinjaman, plus opsi pembelian pada akhir. Mereka mengeluarkan dana 3,4 juta poundsterling atau Rp66,5 miliar untuk meminjamnya dan bisa menebus sang pemain dengan mahar 30 juta pounds atau Rp587 miliar.

Kedatangan Saul tentu membuat lini tengah Chelsea kian 'mewah'. Mereka sebelumnya sudah memiliki banyak pemain berkualitas di lini tengah, sebut saja Mateo Kovacic, Jorginho, N’Golo Kante, sebagai penyeimbang. Selain itu, ada juga Mason Mount, Kai Havertz, hingga Christian Pulisic yang punya naluri menyerang.

Hal ini tentu bakal membuat Manajer Chelsea, Thomas Tuchel, punya banyak pilihan untuk menentukan skuad terbaiknya. Itu juga bisa jadi senjata yang sangat ditakuti lawan-lawannya di Premier League musim ini.

2. Luuk de Jong

Griezmann CLBK ke Atletico Jelang Deadline Day Bursa Transfernos.nl

Barcelona rasa 'Belanda', itu yang dirasakan pencinta sepak bola seluruh dunia saat ini. Sejak dibesut Ronald Koeman, perlahan Blaugrana mulai bertransformasi dan mengandalkan pemain-pemain asal Negeri Kincir. Paling anyar, Luuk de Jong berhasil mereka datangkan ke Camp Nou saat deadline day.

Sama halnya dengan Saul, Barcelona mendatangkan De Jong dengan status pinjaman, plus opsi pembelian saat berakhirnya masa peminjaman. Namun, tak dijelaskan berapa nilai peminjaman pemain berusia 31 tahun ini. Yang pasti dia datang untuk diproyeksikan jadi penyerang.

Kedatangan De Jong tentu begitu mengejutkan publik. Sebab, sang pemain tak punya performa mentereng selama membela Sevilla Total, ia hanya bisa membubuhkan namanya di papan skor sebanyak 10 kali dalam 69 penampilannya sejak tiba 2019 silam.

Walau diragukan, koneksinya dengan Koeman bisa menjadi senjata utama De Jong untuk membuktikan diri. Terlebih, ia bakal ditopang duo bintang Belanda lainnya yang sudah datang lebih dulu ke Camp Nou, yakni Frank de Jong dan Memphis Depay. Hal itu bisa membuatnya beradaptasi dengan baik di sana.

3. Antoine Griezman

Yang paling mengejutkan pada deadline day jendela transfer musim panas kali ini adalah kembalinya Antoine Griezmann ke Atletico Madrid. Momen ini terjadi di detik-detik akhir. Padahal, sebelumnya pelatih Barcelona, Koeman, memproyeksikan namanya untuk bertahan musim ini.

Namun, hal itu berubah dalam waktu singkat. Barcelona dan Atletico tiba-tiba melakukan pembicaraan serius untuk menyelesaikan transfer Griezmann. Ia juga didatangkan dengan opsi pinjaman. Atletico bisa menebusnya dengan harga 40 juta euro atau Rp763 miliar di akhir masa pinjaman.

Ini seakan jadi keuntungan sendiri bagi Atletico. Sebab, mereka seolah hanya menyekolahkan Griezmann ke Barca selama dua musim dan mendapatkan keuntungan 120 juta euro. Jika dikalkulasi, Atletico mendapat keuntungan 80 juta euro dari seorang Griezmann saat nanti kembali dibeli.

Namun, kualitas pemain asal Prancis ini mulai diragukan. Bermain dua musim di Camp Nou, penampilannya di bawah ekspektasi. Ia bahkan mendapat cibiran, karena gajinya yang tinggi, membuat Barcelona harus merelakan Lionel Messi pergi.

Kedatangannya ke Atletico juga sedikit membuat lini depan mereka menumpuk banyak pemain. Sebab, sejauh ini mereka sudah memiliki Joao Felix, Luis Suarez, dan Angel Corea, yang terbukti bisa menghadirkan gelar LaLiga pada musim 2020/2021.

Baca Juga: 10 Transfer Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2020/2021

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya