Hadapi Thailand di GBK, Ini Pesan Simon McMenemy Kepada Pemain Timnas

"Saya ingin mereka berlari hingga tak sangup lagi berlari."

Jakarta, IDN Times - Duel sengit antara Timnas Indonesia kontra Thailand bakal tersaji dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9).

Sangat penting bagi timnas untuk bisa meraih tiga poin dari laga ini setelah pada laga sebelumnya ditekuk Malaysia dengan skor 2-3. Namun bukan soal mudah mengalahkan Thailand. Sebab Thailand adalah satu satu tim terkuat di Asia Tenggara.

Segala persiapan pun dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy untuk menghadapi laga ini.

1. Simon ingin pemainnya seperti petarung

Hadapi Thailand di GBK, Ini Pesan Simon McMenemy Kepada Pemain TimnasIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kondisi fisik skuat Garuda memang menjadi sorotan dalam laga perdana kemarin. Setelah tampil baik di babak pertama, para penggawa Timnas Indonesia seperti kehilangan darah usai turun minum. Tak pelak, hal itu dimanfaatkan oleh Malaysia untuk mencetak dua gol dan membuat tuan rumah keok.

Hal tersebut yang saat ini jadi fokus utama Simon untuk memperbaiki timnya. Sebab, lanjut dia, kondisi pemain tak ada masalah dan sangat siap secara mental walau dihujani kritik yang dinilai tak adil dari publik.

"Semua pemain saya adalah seorang petarung dan besok sangat siap. Besok tantangannya adalah bagaimana tim tampil baik di babak kedua, pemain tak harus menggunakan stamina dengan boros karena lawan kami juga kuat. Mereka harus bekerja keras dan bertarung, saya ingin mereka berlari hingga tak sangup berlari lagi," kata Simon dalam sesi konferensi pers di SUGBK, Senin (9/9).

Baca Juga: Jelang Lawan Thailand, Timnas Indonesia Belum Move On dari Malaysia

2. Thailand tak bisa diremehkan walau tak diperkuat dua pemain andalannya

Hadapi Thailand di GBK, Ini Pesan Simon McMenemy Kepada Pemain Timnasthe-afc.com

Pelatih berpaspor Skotlandia tersebut juga mengingatkan kepada anak asuhnya untuk waspada terhadap para pemain Thailand dalam duel nanti. Walau tak diperkuat dua pemain andalannya yang cedera, yakni Thitiphan Puangjan dan Peeradon Chamratsamee. Apalagi, mereka dinakhodai oleh pelatih yang cukup bagus karena sempat membawa Jepang tampil di Piala Dunia 2018 Rusia.

"Saya pikir Thailand, selama mereka bisa main dengan 11 pemain tetap berbahaya. Apalagi, banyak pemain pintar, lalu pergi keluar negeri cari pengalaman untuk menambah value-nya. Kami harus berjuang lebih kuat," beber eks pelatih Bahayangkara FC tersebut.

3. Pelatih Thailand tak masalah kehilangan pemain andalannya

Hadapi Thailand di GBK, Ini Pesan Simon McMenemy Kepada Pemain TimnasIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sementara, pelatih Thailand, Akira Nishino menyatakan sudah siap untuk menghadapi Timnas Indonesia. Walau dua pemainnya dipastikan absen, hal itu tak akan mempengaruhi kekuatan Thailand dalam duel nanti, sebab beberapa pemain yang kualitasnya setara dipastikan masuk dan siap untuk laga besok.

Namun, jangan lupa, Thailand juga tampil kurang maksimal dalam mengawali kiprahnya di laga perdana babak kualifikasi Piala Dunia kali ini. Mereka cuma bermain imbang 0-0 atas tamunya Vietnam, tak pelak hal itu jadi pekerjaan rumah bagi Akira agar timnya bisa tampil lebih maksimal.

"Tentu saja kami perlu menang dan mencetak gol, itulah yang kurang dari pertandingan kemarin. Kami kekurangan striker jadi saya memerlukan semua pemain untuk saling membantu dan menciptakan peluang. Masalah yang kami punya di gim terakhir, yakni banyak membuang kesempatan di area penalti dan kami tak bisa mencetak gol. itu hal penting untuk ditingkatkan," kata eks pelatih Timnas Jepang tersebut.

4. Akira harus diwaspadai Simon karena punya kualitas bagus

Hadapi Thailand di GBK, Ini Pesan Simon McMenemy Kepada Pemain Timnasthe-afc.com

Walau belum terbukti mampu mengubah Thailand tampil lebih baik. Akira tentu wajib diwaspadai oleh Simon dalam laga nanti. Sebab, kualitasnya sudah sekelas pelatih dunia yang mampu membawa negaranya maju di Piala Dunia. Hal itu jelas membuktikan kualitas Akira tak bisa dianggap enteng.

Jika Akira bisa menganalisa permainan Timnas Indonesia dan membuat antistrategi dari Simon, bukan tak mungkin hasil negatif bakal kembali diraih oleh skuat Garuda dalam duel nanti.

5. Perkiraan susunan pemain Timnas Indonesia vs Thailand

Hadapi Thailand di GBK, Ini Pesan Simon McMenemy Kepada Pemain Timnasthe-afc.com

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Andhika Wijaya, Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Evan Dimas; Febri haryadi, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly; Alberto 'Beto' Goncalves.

Thailand (4-3-3): Kawin Thamsatchanan; Theerathon Boonmatan, Tristo Do, Adisorn Promrak, Chinnaphat Leah; Sarat Yuyen, Thitiphan Phuangchan, Pithiwat Sukchitamkul; Chanathip Songkrasin, Peeradon Suamsarami, Supachai Chaideet.

Baca Juga: Lawan Thailand, Kapten Timnas Indonesia: Kami Siap Tampil Maksimal

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya