Hajar TIRA, Shin Tae-yong Sebut Timnas U-22 Banyak Kekurangan

Mental dan fisik skuat Garuda dinilai masih lemah

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 berhasil mengandaskan TIRA Persikabo 2-0 dalam laga uji coba di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Jumat (5/3/2021) malam. Namun, pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong belum puas, karena anak asuhnya masih banyak kekurangan.

“Selama satu tahun pemain tak pernah bertanding, baru kali ini ada laga resmi. Kami kelelahan, lawan sama juga pasti capek. Namun, kami pasti akan membaik lagi. Kita bersyukur menang, tapi banyak sekali kekurangan ini kita harus diperbaiki semuanya,” kata Shin dalam konferensi pers usai laga, Kamis (5/3/2021).

Menurut dia, kekurangan pemain terlihat di mental dan fisiknya yang masih terlihat dalam laga ini.

Baca Juga: Pemain Timnas U-22 Dilarang Selebrasi saat Duel Lawan TIRA Persikabo

1. Mental dan fisik pemain jadi kendala

Hajar TIRA, Shin Tae-yong Sebut Timnas U-22 Banyak KekuranganManajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut, jika fisik yang menurun ini tak lepas dari jarangnya pemain tampil dalam satu pertandingan. Menurut dia, satu tahun tanpa laga membuat para pemain Timnas U-22 kesulitan. Walau begitu, ia tak memungkiri ada hal positif yang diraih.

“Untuk kekurangnya memang mental dan fisik sangat kurang, tapi kemauan pemain semakin baik. Masalah fisik kita tak bisa langsung baik dalam sehari dua hari, setalah kembali ke tim pemain harus jaga fisik,” ujar Shin. 

Sejauh ini, Shin menilai pemain Indonesia sebetulnya memiliki kemampuan yang baik, tapi fisiknya lemah sehingga memengaruhi mental bertanding. Jika itu bisa diubah, Shin yakin para pemainnya bisa menunjukkan permainan terbaik.

Baca Juga: Timnas U-22 Tekuk TIRA Persikabo 2-0, Kadek dan M Rafli Cetak Gol

2. Shin Tae-yong sebut pemainnya grogi saat memulai laga

Hajar TIRA, Shin Tae-yong Sebut Timnas U-22 Banyak KekuranganShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Kemenangan memang bisa diraih Kadek Agung dan kolega, tapi Shin merasa anak asuhnya masih tampil di bawah ekspektasi. Terlebih, saat laga dimulai para pemain kebingungan karena ditekan para pemain TIRA Persikabo.

“Pemain bisa grogi karena laga pertama, jadi saya mau tempo lebih naik, tapi karena grogi mereka tak bisa menunjukkan performa bagus,” kata dia.

Namun setelah ini, Shin menjanjikan bakal memperbaiki semuanya. 

Baca Juga: Lawan TIRA Persikabo, Shin Tae-yong Ingin Timnas U-22 Terbiasa Menang

3. Timnas U-22 selanjutnya bakal bersua Bali United

Hajar TIRA, Shin Tae-yong Sebut Timnas U-22 Banyak KekuranganKushedya Yudo, penggawa Timnas U-23. (Website/pssi.org)

Dua gol skuat Garuda dipersembahkan oKadek Agung pada menit ke-45, sesaat sebelum turun minum. Sementara, M Rafli mengunci kemenangan Timnas U-22 dalam duel kali ini melalui sundulannya. 

Shin Tae-yong juga memainkan banyak pemainnya dalam duel kali ini. Rizki Pellu, Braif Fatari, Yacob Sayuri, hingga Andy Setyo merasakan menit bermain di babak kedua. Selanjutnya Timnas U-22 bakal menjalani laga kedua melawan Bali United pada Minggu, 7 Maret 2021. Laga tersebut bakal kembali digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Ketum PSSI: Shin Tae-yong Kesal Uji Coba Timnas U-22 Sempat Ditunda

Topik:

  • Anata Siregar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya