Comscore Tracker

Berjaya di Kalimantan, Persebaya Akhirnya Pecah Telur!

Dzhalilov mampu jadi pembeda dengan mencetak dua asis

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya akhirnya bisa meraih kemenangan perdana di kompetisi Liga 1 2019. Yang lebih spesial, mereka berhasil mendapatkan tripoin pertamanya kala bertamu ke kandang Borneo FC di Stadin Segiri, Samarinda, Minggu (23/6) dan menuntaskan kemenangan dengan skor 2-1.

Gaya main terbuka yang dijanjikan Djadjang Nurdjaman ternyata menjadi kenyataan. Walau berstatus sebagai tamu, Persebaya tampil menyerang sejak babak pertama baru dimulai. Bahkan, mereka beberapa kali berhasil menciptakan peluang emas, salah satunya lewat Manuchekhr Dzhalilov yang dijatuhkan di dalam kotak penalti.

hanya saja, hal itu tak digubris oleh wasit yang memimpin jalannya laga, Oki Dwi Putra. Mungkin, ia menilai tak ada unsur pelanggaran dalam insiden yang jatuhnya pemain asal Tajikistan tersebut. Sehingga, Persebaya tak diberi hadiah penalti.

Saat babak pertama berjalan 34 menit, Persebaya hampir tertinggal oleh skuat Pesut Etam. Beruntung tendangan keras Renan da Silva diselamatkan mistar gawang sehingga jala Persebaya masih belum bisa tergetar.

Sang tamu yang dalam tiga laga ini dikenal sulit mencetak gol justru bisa unggul lebih dulu tiga menit sebelum babak pertama berakhir. Kapten tim, Ruben Sanadi mampu menorehkan namanya di papan skor sekaligus membawa Persebaya unggul 0-1 atas tuan rumah di babak pertama.

Usai turun minum, tuan rumah mencoba mengejar ketertinggalan. Mereka terus memberi ancaman kepada pemain belakang Persebaya. Hanya saja, dewi fortuna masih belum berpihak kepada Borneo FC karena masih kesulitan untuk bisa mencetak gol.

Persebaya justru tak diduga mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-70. Oktafianus Fernando berhasil menceploskan bola ke gawang Borneo FC usai menerima umpan cut back dari Dzhalilov yang di gol sebelumnya juga berhasil memberikan assist.

Tertinggal dua gol membuat tim besutan Mario Gomez gusar. Tak jarang, peluang yang sudah ada di depan mata harus terbuang percuma lantaran para pemain sedikit terburu-buru demi mengejar ketertinggalan.

Mereka baru bisa mencetak gol di pengujung laga, atau tepatnya pada menit ke-90 lewat sontekan Terens Puhiri. Ia berhasil menyambut umpan lambung dari Asri Akbar yang menusuk jantung pertahanan Persebaya. Namun demikian, gol tersebut tak mampu menyelamatkan Borneo FC yang takluk 1-2 di kandangnya.

 

Susunan pemain

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Winata; Diego Michiels, Abdul Rahman, Javlon Gusaynov, Wildansyah; Renand da Silva, Asri Akbar, Abrizal Umanailo; Wahyudi Hamisi, Matias Conti, Terens Puhiri.

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya Sasongko, M Syaifudin, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; M Hidayat, Misbakhus Solikin, Damian Lizio; Oscval Haay, Manuchehr Dzhalilov, Oktafianus Fernando.

Baca Juga: Borneo FC Vs Persebaya: Djanur dalam Tekanan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You