Comscore Tracker

Bantai Arsenal, Chelsea Juarai Liga Europa dengan Gemilang!

Laga di babak pertama sempat imbang 0-0

Jakarta, IDN Times - Chelsea berhasil meraih gelar juara di kompetisi Liga Europa musim 2018/2019. Hal itu dipastikan usai mereka mengalahkan Arsenal di babak final dengan skor mencolok, 4-1, dalam laga yang digelar di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Kamis (30/5) dini hari.

Tampil di laga puncak, Maurizio Sarri menurunkan kekuatan utama dengan formasi 4-3-3. Pemain yang terus dikaitkan dengan Real Madrid, Eden Hazard, dan gelandang asal Prancis yang diragukan untuk tampil sebelumnya, N'Golo Kante, jadi kekuatan Chelsea sejak menit awal.

The Blues, julukan Chelsea, langsung bisa mendikte lawan sejak babak pertama baru dimulai. Namun, Pedro Rodriguez dan kolega justru dikagetkan dengan serangan yang dilakukan oleh Arsenal pada menit kesembilan. Beruntung, juru gedor Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang tak bisa memanfaatkannya menjadi gol.

Tim berjuluk Meriam London tersebut pun kembali mengancam gawang Chelsea saat laga sudah berjalan 26 menit. Kali ini lewat sepakan keras Granit Xhaka dari luar kotak penalti. Namun, masih meleset dari target karena melambung tipis di atas mistar gawang.

Bukan tanpa peluang, Chelsea pun sebetulnya hampir membuat keunggulan tujuh menit usai Arsenal mengancam gawang yang dikawal Kepa Arrizabalaga. Bek kiri asal Brasil, Emerson Palmieri, yang mampu lolos dari kawalan bisa melakukan tendangan, tapi masih bisa digagalkan oleh Petr Cech.

Setelah itu kedua tim terus melakukan jual beli serangan. Tetapi, hingga turun minum, kedua kesebelasan tak bisa membuat sebiji gol pun sehingga membuat skor imbang 0-0 bertahan.

Usai isi bensin di babak kedua, Chelsea tampil jauh lebih bersemangat. Alhasil, tim asal London ini mampu membuat keunggulan di menit ke-49. Emerson yang ikut membantu serangan dari sisi kiri mampu mengirimkan umpan matang yang berhasil diselesaikan dengan diving header Olivier Giroud. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Chelsea.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Petr Cech jusru harus kembali memungut bola dari gawangnya sendiri. Sebab, Pedro Rodriguez mampu mencetak gol memanfaatkan umpan manis dari Hazard. Hal itu memperlebar skor menjadi 2-0 untuk Chelsea.

Mimpi buruk bagi Arsenal kembali datang, sebab, mereka diberi hukuman penalti oleh wasit lantaran pemainnya, Ainsley Maitland-Niles, melakukan pelanggaran kepada Giroud. Hazard yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatannya mencetak gol dan membuat timnya memimpin 3-0.

Harapan sempat datang kala Alex Iwobi bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 pada menit ke 69. Tapi, lawan mampu membalasnya empat menit berselang, gol yang diciptakan itu kembali dimanfaatkan oleh kaki Hazard yang dua kali merobek gawang Cech. Skor pun berubah menjadi 4-1.

Usai unggul dengan skor besar, Chelsea tampil jauh lebih lepas. Sedangkan, Arsenal berusaha memperkecil keadaan di sisa laga. Namun, hasilnya nihil. Skor 4-1 pun tetap bertahan dan mengantarkan Chelsea menjadi kampiun Liga Europa musim ini.

Baca Juga: Chelsea vs Arsenal: Derby London yang Tersaji di Baku

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya