Comscore Tracker

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Bersua Australia

Australia dihuni calon peraih Ballon d'Or 2021

Jakarta, IDN Times - Drawing Piala Asia Wanita 2022 rampung digelar oleh konfederasi sepak bola Asia (AFC) pada Kamis (28/10/2021). Timnas Indonesia Wanita pun dipastikan berada di Grup B, bersaing dengan Australia, Thailand, dan Filipina.

Ini tentu jadi tantangan berat bagi Timnas Wanita, karena mereka bakal bentrok dengan salah satu tim yang diperkuat salah satu pemain terbaik dunia yang masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or, yakni Samantha Kerr (Australia). Selain itu, Thailand dan Filipina juga punya kekuatan yang tak kalah baiknya.

“Sesuai ekspektasi sebelumnya, kami akan berada dalam grup yang dihuni oleh tim-tim besar yang memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi Di fase grup, kami akan menghadapi Filipina, Thailand dan salah satu tim terbaik di turnamen ini,” kata pelatih Timnas Wanita, Rudy Eka Priyambada.

Baca Juga: Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

1. Rudy minta Timnas Wanita fokus dan bekerja keras

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Bersua AustraliaTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Walau harus berhadapan dengan tim yang jadi semifinalis di Olimpiade 2020 Tokyo, Rudy tetap berusaha akan memberikan yang terbaik. Oleh sebab itu, ia meminta anak asuhnya untuk bisa fokus dan bekerja keras selama tampil di fase grup nanti. 

“Hanya dua tim setiap grup dan dua peringkat tiga terbaik dari semua grup yang akan lolos ke babak selanjutnya. Berada di grup B ini artinya kami harus bekerja lebih keras lagi sebagai satu tim untuk menampilkan yang terbaik di final Piala Asia nanti,” ujar eks pelatih TIRA-Persikabo ini.

2. Indonesia optimistis mampu bersaing

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Bersua AustraliaSejumlah pesepak bola timnas putri Indonesia mengikuti pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara, Kapten Timnas Wanita, Ade Mustikiana Oktafiani, menyebut dirinya cukup kaget dengan hasil undian ini. Terlebih, dirinya bakal berhadapan dengan tim-tim bagus. Hal itu jadi pengalaman baginya untuk bisa menunjukkan kemampuan di atas lapangan. 

“Belum pernah bertemu dengan tim sekelas Australia, baru pernah berhadapan dengan tim Thailand dan Filipina dalam beberapa gelaran turnamen. Dengan hasil drawing ini, saya harap saya bersama teman-teman bisa tampil lebih solid dan tetap menjaga optimisme,” ujar perempuan berusia 22 tahun tersebut.

Pemain yang punya peran sebagai bek ini memastikan, apapun hasil yang diraih, tim harus berjuang keras dan punya sikap pantang menyerah di lapangan. Lebih dari itu, skuad Garuda Pertiwi harus bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam putaran final nanti.

3. Satu-satunya non unggulan yang lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Bersua AustraliaTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Timnas Wanita sendiri merupakan satu-satunya negara non unggulan yang berhasil melaju ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 yang bakal digelar di India. Maklum, mereka sebelumnya diprediksi bakal gugur di babak kualifikasi saat bentrok dengan Singapura beberapa waktu lalu.

Total, ada 12 negara yang dipastikan berpartisipasi dalam ajang tersebut. Selain tuan rumah India, beberapa negara seperti Korea Selatan, Vietnam, Iran, Jepang, juga bakal ambil bagian meramaikan kompetisi sepak bola terelit dalam kategori wanita di Asia ini.

Untuk mengetahui di mana saja tim-tim unggulang itu bakal bersaing, berikut adalah hasil drawing Piala Asia Wanita 2022 India.

4. Hasil drawing Piala Asia Wanita 2022

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Bersua AustraliaInstagram/samanthakerr20

Grup A
India
China PR
Taiwan
Iran

Grup B
Australia
Thailand
Filipina
Indonesia

Grup C
Jepang
Korea Selatan
Vietnam
Myanmar

Baca Juga: Menakar Perjalanan Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya