Comscore Tracker

Hasil Piala Dunia Antarklub: Melaju ke Final, Al-Hilal Cetak Sejarah

Al-Hilal cetak sejarah lolos pertama kali ke final

Jakarta, IDN Times - Wakil Arab Saudi Al-Hilal berhasil melaju ke final Piala Dunia Antarklub 2023. Bersua klub Brasil Flamengo dalam duel babak semifinal di Grand Stade de Tanger, Maroko, Rabu (8/2/2023), mereka mampu menang tipis 3-2.

Al-Hilal sudah unggul cepat saat laga baru berjalan empat menit. Salem Al Dawsari, mampu mencatatkan namanya di papan skor. Namun, Flamengo ternyata bisa menyamakan kedudukan menit 21 melalui kaki Pedro.

1. Al-Hilal bisa cetak dua gol penalti di babak pertama

Jelang babak pertama usai, Flamengo kembali diberi hukuman penalti. Gerson yang melakukan pelanggaran, akhirnya harus diusir ke luar lapangan lantaran menerima kartu kuning keduanya dalam duel ini. Al Dawsari yang kembali jadi algojo, sukses mencetak gol keduanya dalam laga ini.

Sampai turun minum, skor tak berubah. Al-Hilal menutup babak pertama laga semifinal ini dengan keunggulan 2-1 atas Flamengo.

Memasuki babak kedua, Flamengo sempat memberikan perlawanan sengit kepada Al-Hilal. Beberapa kali aksi individu para pemainnya bisa merepotkan lawan dan menciptakan ancaman. Namun, mereka gagal mengkonversi peluang-peluang yang lahir untuk jadi gol.

Baca Juga: 7 Pemain yang Menjuarai Piala Dunia Antarklub di Dua Klub Berbeda

2. Al-Hilal bisa tambah keunggulan di babak kedua

Sebaliknya, Al-Hilal yang tampil lebih efektif, mampu memperlebar keunggulan menjadi 3-1 pada menit 70. Al Dawsari yang tampil ciamik dalam laga ini, mampu melepaskan assist kepada rekannya Luciano Vietto. Pemain asal Argentina itu pun tak menyia-nyiakannya untuk jadi gol.

Flamengo hanya bisa menciptakan gol hiburan sebelum laga berakhir. Melalu brace Pedro, mereka sempat membuka asa untuk melanjutkan laga ke babak tambahan waktu. Namun, hal itu urung terjadi dan Al-Hilal melaju ke semifinal.

3. Revans sukses dan sejarah Al-Hilal di Piala Dunia Antarklub

Ini jadi revans sukses Al-Hilal atas Flamengo. Maklum, mereka sebelumnya sempat kalah dari wakil Brasil itu saat bermain di semifinal Piala Dunia Antarklub 2019. Kala itu, mereka harus mengakui keunggulan lawannya 3-1.

Catatan ini membuat Al-Hilal mampu mencatatkan sejarah anyar sebagai klub Arab Saudi pertama yang bisa melaju hingga ke final dalam ajang ini. Sebelumnya, tak ada satupun klub dari negara tersebut yang bisa selangkah lebih dekat dengan gelar juara ajang bergengsi tersebut.

Kini, Al-Hilal tinggal menunggu lawan di laga puncak Piala Dunia Antarklub 2023. Mereka menanti pemenangan antara klub Mesir Al-Ahly dan juara Liga Champions musim lalu, Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Catatan Gol Terbanyak di Ajang Piala Dunia Antarklub

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya