Comscore Tracker

Hasil Sidang Komdis PSSI, Arema FC dan Persib Bayar Denda Mahal!

Liga libur, tapi klub-klub panen sanksi!

Jakarta, IDN Times - Komite Disiplin (Komdis) PSSI mengumumkan hasil sidang pada 13 Maret lalu. Banyak tim-tim besar yang harus terkena hukuman akibat pelanggaran disiplin yang dilakukan beberapa tim, seperti Persib, Arema FC dll. saat menjalani pekan pertama dan kedua kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Persib mendapatkan sanksi pertamanya musim ini. Panitia pelaksanaan (Panpel) pertandingan dianggap gagal menjalankan tugas dengan maksimal, sebab suporter Persib masih berbuat ulah masuk ke area lapangan saat menjamu Persela pada 1 Maret 2020 silam. Walhasil, mereka harus didenda Rp30 juta.

1. Arema FC mendapatkan empat sanksi dari PSSI

Hasil Sidang Komdis PSSI, Arema FC dan Persib Bayar Denda Mahal!Aremania dipastikan bakal memenuhi Stadion Kanjuruhan saat Arema FC berjumpa Persib Bandung. IDN Times/ Alfi Ramadana

Arema FC jadi tim yang paling banyak mendapatkan sanksi terbanyak. Sebanyak empat pelanggaran dilakukan Singo Edan dalam dua pekan perdana. Pelanggaran pertama yang dilakukan serupa dengan Persib, Panpel Arema FC gagal menjalankan tugas lantaran suporter melakukan pelemparan botol dan masuk ke lapangan pada pekan kedua saat menjamu Persib pada 8 Maret 2020. Walhasil, mereka didenda Rp50 juta.

Masih dalam laga yang sama, Arema FC juga harus didenda lantaran dinilai bermain "kotor" atau kurang fair play, karena lima kartu kuning harus keluar kala dikalahkan Maung Bandung dengan skor 1-2 itu. Sebanyak Rp50 juta harus dikeluarkan akibat itu.

Selain itu, dua official tim, yakni pelatih Mario Gomez dan asistennya, Charis Yulianto juga mendapatkan sanksi karena melakukan protes berlebihan kepada wasit cadangan saat bertandang ke markas TIRA-Persikabo pada 2 Maret 2020. Beruntung, hukuman keduanya hanya teguran keras saja.

Baca Juga: Penundaan Kompetisi, Ketua Panpel Arema FC Sebut Sebagai Langkah Bijak

2. Persipura didenda karena dua pemainnya melanggar disiplin

Hasil Sidang Komdis PSSI, Arema FC dan Persib Bayar Denda Mahal!Stoper Arema FC, Arthur Cunha mengakui jadwal padat berefek pada kelelahan bagi pemain. IDN Times/ Alfi Ramadana

Persipura juga mendapatkan denda Rp20 juta akibat dua hukuman yang diberikan karena pelanggaran yang dilakukan. Pemain Persipura, Israel Wamiau juga melakukan pelanggaran dalam pertandingan, karena menendang pemain PSIS pada laga yang dilangsungkan 1 Maret 2020. Sehingga Wamiau dihukum larangan bermain dua pertandingan dan denda Rp10 juta.

Pemain Persipura lainnya, Arthur Cunha da Rocha melakukan tindakan indisipliner seperti Wamiau. Ia dianggap melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar fair play. Walhasil, denda dengan jumlah yang sama dengan Wamiau dan larangan dua laga dihadiahi oleh Komdis.

3. Persela juga tak terhindar dari sanksi Komdis PSSI

Hasil Sidang Komdis PSSI, Arema FC dan Persib Bayar Denda Mahal!Pemain Persib, Wander Luiz sedang berduel dengan salah satu ek Persela. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj).

Persela juga tak terhindar dari sanksi Komdis PSSI. Gabriel do Carmo alias dianggap melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar fair play saat Laskar Joko Tingkir menjamu PSIS. Ia harus dihukum tak bisa bermain dalam dua laga dan didenda Rp20 juta.

Liga 1 2020 sendiri harus berhenti di tengah jalan usai menjalani pekan ketiga. Sebab, virus corona atau COVID-19 terus meluas di Tanah Air sehingga PSSI dan PT LIB selaku pemangku kebijakan harus menghentikan kompetisi lantaran situasi yang dianggap tak aman oleh pemerintah.

Baca Juga: Pemain Persib yang Positif Virus Corona adalah Wander Luiz

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya