Comscore Tracker

Hati-hati Indonesia, Vietnam Asuhan Park Hang-seo Belum Pernah Kalah!

Park Hang-seo meraih 21 kemenangan dan lima kali imbang

Jakarta, IDN Times - Sinyal bahaya tengah dirasakan oleh Timnas U-22 saat harus bentrok dalam babak final SEA Games 2019 yang bakal digelar di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Selasa (10/12). Mereka dihadapkan rekor istimewa pelatih Vietnam, Park Hang-seo.

Pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut tak pernah terkalahkan sejak menangani Vietnam sejak 2017 lalu saat menukangi U-23 maupun senior. Sebanyak 26 laga dijalani tanpa pernah kalah dengan rincian 21 kali menang dan 5 kali bermain imbang. Tentu, itu bukan prestasi yang sembarangan.

1. Kamboja dikalahkan dengan skor 4-0 pada babak semifinal SEA Games

Hati-hati Indonesia, Vietnam Asuhan Park Hang-seo Belum Pernah Kalah!twitter.com/_lalinjr_

Teranyar, ia berhasil mengantarkan timnya masuk ke babak final usai mengalahkan Kamboja 4-0 dalam laga yang digelar dua hari lalu. Hal itu yang membuatnya kembali lagi harus berduel dengan Indra Sjafri dalam laga penentuan nanti.

Dari seluruh tim Asia Tenggara yang sudah dihadapi, Park hanya belum bisa mengalahkan Timor Leste saja. Bukan lantaran karena tak sanggup, melainkan pelatih berusia 60 tahun tersebut belum pernah tampil melawan Timor Leste.

Baca Juga: Apes, Deretan Kesialan Vietnam Saat Bertemu Timnas Indonesia

2. Sebelumnya, Indonesia keok atas Vietnam

Hati-hati Indonesia, Vietnam Asuhan Park Hang-seo Belum Pernah Kalah!Timnas U-22 kalah 1-2 dari Vietnam dalam laga penyisihan Grup B SEA Games , Sabtu (1/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Timnas U-22 sendiri merasakan kekalahan atas Vietnam yang ditukangi Park pada babak penyisihan Grup B, karena harus menyerah 2-1 setelah sebelumnya berhasil unggul satu gol di babak pertama lewat gol Sani Rizki.

Tentu itu bukan catatan yang baik bagi Indra Sajfri.

Melihat hal itu, Indra Sjafri tak ambil pusing. Ia menyebut catatan tersebut bukanlah faktor utama. Bahkan, pelatih asal Padang menyebut kekalahan yang diraih Timnas U-22 pada babak penyisihan merupakan kebetulan saja.

3. Park pernah bantu Guus Hiddink menangani Korsel di Piala Dunia 2002

Hati-hati Indonesia, Vietnam Asuhan Park Hang-seo Belum Pernah Kalah!fourfourtwo.com

Park sendiri memang bukan pelatih sembarangan. Ia memiliki latar belakang cukup mentereng. Sebelum menangani Vietnam, ia pernah menjadi pelatih Timnas Korsel U-23. Lalu, ia juga sempat menjadi asisten Guus Hiddink saat Korsel tampil di Piala Dunia 2002.

Hal itu berimbas pada sepak bola Vietnam yang terus berkembang. Park juga pernah membawa Timnas Vietnam U-23 mencapai partai final di Piala AFC U-23 2017.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: [FOTO] Ke Final SEA Games 2019, Momen Timnas U-22 Ini Layak Dikenang!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You