Comscore Tracker

Hikmah Wabah COVID-19, Otavio Dutra Bisa Berkumpul Bareng Keluarga

Persija belum akan agendakan latihan dalam waktu dekat

Jakarta, IDN Times - Pemain Persija, Otavio Dutra, banyak mengambil pelajaran dari merebaknya virus corona di Indonesia. Dirinya kini bersyukur sebab punya lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di saat waktu senggang di luar latihan mandiri yang dilakukan.

"Saya manfaatkan waktu bersama keluarga. Saya juga kasih latihan sama mereka (orangtua, istri, dan anak) untuk bisa menjaga kondisi. Selain itu waktu mengobrol dan menonton tv juga kami habiskan bersama," kata pemain Timnas Indonesia tersebut kepada IDN Times.

1. Dutra tetap rutin jalankan program latihan

Hikmah Wabah COVID-19, Otavio Dutra Bisa Berkumpul Bareng KeluargaInstagram.com/otaviodutra5_indonesia

Namun demikian, dirinya tak lupa menunaikan kewajiban sebagai pemain profesional. Dutra tetap melakukan latihan rutin dan menjalankan program yang diberikan Sergio Farias. Hal itu dilakukan guna menjaga kondisi fisiknya.

"Saya latihan satu kali sehari, tapi kadang dua kali, kecuali hari Minggu saya libur dulu. Variasi latihan pun banyak saya kembangkan, hal itu untuk menghindari kejenuhan karena sulit berlatih bersama tim," ujar pemain naturalisasi kelahiran Brasil tersebut.

Dutra juga mengakui jika secara rutin dirinya melaporkan perkembangan fisiknya kepada tim pelatih Persija. Sehingga, walau tak latihan bersama tim, pelatih bisa tahu kondisi fisik masing-masing pemain yang melakukan latihan mandiri.

Baca Juga: Persija Bertabur Bintang, Otavio Dutra: Kalau Tidak Kompak Percuma 

2. Dutra optimistis kondisi fisik bakal kembali siap dalam dua minggu

Hikmah Wabah COVID-19, Otavio Dutra Bisa Berkumpul Bareng KeluargaIDN Times/Dok. Kemenkumham Kanwil Jatim

Terkait penurunan performa pemain, Dutra tak mengelaknya. Mau bagaimana pun, ketika kompetisi harus jeda, fisik pemain pasti bakal ikut menurun jika tak dibarengi latihan seperti biasa dan waktu bermain di kompetisi. Namun, lanjut dia, hal itu pasti bisa diatasi oleh tim pelatih, terlebih, tak hanya Persija saja yang mengalami hal tersebut.

Dirinya secara pribadi yakin, cuma butuh dua pekan saja untuk mengembalikan kondisi seperti semula dan siap kembali tampil di Liga 1 2020. Sebab, selama di rumah tak hanya latihan saja yang dilakukan, Dutra menambahkannya dengan makanan bergizi sehingga kondisinya tetap prima.

3. Dutra tak sabar kembali merumput bersama Persija

Hikmah Wabah COVID-19, Otavio Dutra Bisa Berkumpul Bareng KeluargaInstagram/persijajkt

Pemain berusia 36 tahun itu sendiri baru memainkan satu laga saja selama berseragam Persija musim ini. Usai mengalami cedera pada laga pembuka kompetisi Liga 1, dirinya langsung tampil pada saat memasuki pekan ketiga berhadapan dengan Bhayangkara FC.

Pada laga tersebut Dutra berhasil mencetak sebiji gol untuk membawa Persija menahan imbang tuan rumah di Stadion PTIK, awal Maret 2020 silam. Kini, dirinya sudah tak sabar kembali merumput bersama Persija. Otavio Dutra berharap bisa kembali ke kondisi normal dan membawa Persija tampil baik musim ini dan jadi juara di Liga 1 2020.

Baca Juga: Kebobolan 2 Gol, Pelatih Persija Puji Otavio Dutra

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya