Comscore Tracker

Ide Gila Italia dan Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Mulai Piala Dunia 2016 jumlah peserta bertambah jadi 48 tim

Jakarta, IDN Times - Ide gila muncul dalam perhelatan Piala Dunia 2030. Italia dan Arab Saudi membuat kejutan karena ingin menjadi tuan rumah bersama hajatan sepak bola terakbar dunia itu.

Sejauh ini federasi sepak bola dunia (FIFA) memang baru menentukan siapa saja tuan rumah Piala Dunia hingga 2026. Tahun depan, ajang tersebut akan digelar di Qatar. Lalu, empat tahun berselang, giliran Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, akan menjadi host secara bersamaan.

Dilansir The Athletic, Italia bahkan tengah melakukan diskusi serius terkat pencalonan diri sebagai tuan rumah bersama. Ide yang sangat mencengangkan, mengingat kedua negara terpisah jarak yang sangat jauh dan berada di dua benua berbeda.

1. Arab Saudi bisa membantu memperbaiki stadion-stadion di Italia

Ide Gila Italia dan Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030twitter.com/sportli26181512

Italia dan Arab Saudi punya berbagai alasan untuk bisa bekerja sama menggelar Piala Dunia 2030. Selain hubungan diplomatik, kedua negara juga sudah sering menjalin kerja sama dalam urusan sepak bola, salah satunya seperti Piala Super Italia yang selalu digelar di Arab Saudi dalam beberapa edisi terakhir.

Arab Saudi juga bisa membantu Italia melakukan perbaikan beberapa stadion bersejarah yang bakal digunakan untuk menggelar pertandingan. Maklum, Arab punya banyak uang untuk itu.

Baca Juga: Solidaritas Bintang Dunia Protes Piala Dunia 2022 Qatar

2. Sempat gandeng Afrika Selatan

Ide Gila Italia dan Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030egyptianstreets.com

Arab Saudi pun tak keberatan untuk bisa memperbaiki stadion yang dimiliki Italia, seperti Olimpico, Roma hingga San Siro, Milan agar bisa menggelar Piala Dunia 2030. Mereka serius menggandeng Italia untuk mengangkat pamor sepak bola di Arab Saudi.

Sebelumnya, negara-negara di Afrika sempat dibidik Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah bersama. Mereka adalah Mesir, Maroko, hingga beberapa negara lain di wilayah Utara. Namun, biaya pembangunan yang jauh lebih tinggi membuat Arab Saudi urung mengajak mereka.

Sementara, jika bekerja sama dengan Italia, Arab Saudi tak akan mengeluarkan duit yang terlalu besar. Mengingat Italia punya stadion dan fasilitas mumpuni yang tinggal direvitalisasi.

3. Banyak pesaing yang juga berminta jadi tuan rumah Piala Dunia 2030

Ide Gila Italia dan Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030instagram.com/_campnou

Modal duit tak terhingga Arab Saudi dan fasilitas sepak bola yang cukup memadai di Italia, belum bisa menjamin mereka bisa menggelar Piala Dunia 2030. Sebab, beberapa negara juga sudah menunjukkan minatnya menjadi tuan rumah pada ajang tersebut. 

Tak sedikit pula negara-negara yang melakukan rencana menjadi tuan rumah bersama untuk ajang empat tahunan ini. Hal itu dilakukan karena mulai 2026 Piala Dunia melakukan beberapa perubahan, salah satunya menambah jumlah kontestan menjadi 48 negara. Tentu butuh banyak stadion untuk menggelarnya.

Beberapa negara yang bakal bersaing dengan Italia-Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 adalah Spanyol-Portugal, Republik Irlandia-Inggris, hingga negara asal Amerika Latin, yakni Uruguay-Paraguay-Argentina.

Baca Juga: Adu Gengsi Brasil dan Argentina di Kualifikasi Piala Dunia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya