IFAB Pastikan Piala Dunia U-20 2023 Pakai VAR Baru

IFAB ingin bantu penyelenggara yang minim sumber daya

Jakarta, IDN Times - International Football Association Board (IFAB) mengumumkan bakal menerapkan Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Namun, kali ini teknologi tersebut bakal menggunakan regulasi baru yang lebih mudah dipahami penonton di stadion dan layar kaca.

Keputusan tersebut lahir dalam Rapat Tahunan IFAB yang berlangsung di London, Inggris pada Sabtu (4/3/2023). Itu merupakan program pertama uji coba VAR dengan regulasi baru dalam turnamen FIFA di kelompok umur. 

1. Uji Coba VAR baru dilakukan selama 12 bulan

IFAB Pastikan Piala Dunia U-20 2023 Pakai VAR BaruIFAB

IFAB menyebut, keputusan tersebut dilakukan untuk meningkatkan komunikasi kepada penggemar di stadion. Uji coba tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan di Piala Dunia Antarklub FIFA 2022 Maroko. Kemudian, penerapannya akan berlangsung dalam 12 bulan, termasuk dilakukan di Piala Dunia U-20 yang dihelat Mei hingga Juni 2023.

"Uji coba 12 bulan secara eksklusif terkait keputusan VAR di turnamen FIFA dimulai di FIFA Club World Cup 2022 di Maroko, dan juga diterapkan di FIFA U-20 World Cup di Indonesia pada Mei hingga Juni 2023. Keputusan kemudian akan dibuat apakah uji coba akan dilanjutkan di turnamen FIFA lainnya akhir tahun ini," tulis IFAB.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan VAR Belum Bisa Diterapkan di Indonesia

2. IFAB ingin bantu penyelenggara Piala Dunia U-20

IFAB Pastikan Piala Dunia U-20 2023 Pakai VAR BaruPiala Dunia U-20. (sportingnews.com)

IFAB menyebut, uji coba ini merupakan bagian untuk membantu penyelenggara yang tak memiliki sumber daya atau alat untuk menggunakan VAR saat menggelar ajang FIFA. Sehingga, mereka bisa terbantu oleh VAR baru yang lebih hemat.

Menurut mereka, bahasa menjadi masalah dalam sepak bola, terutama bagi sang pengadil yang memimpin pertandingan. Dengan VAR baru ini, mereka yakin hal ini bisa membantu wasit dan bisa memimpin jalannya laga lebih maksimal.

3. Collina ungkap VAR baru bantu wasit

IFAB Pastikan Piala Dunia U-20 2023 Pakai VAR Baruyou-are-the-ref.com

Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menilai jika VAR terbaru ini dijamin lebih dipahami para penonton. Sebab, nantinya VAR ini bisa dilihat langsung melalui tayangan TV. 

Jika berhasil diterapkan di Piala Dunia Antarklub 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, kebijakan VAR ini juga akan diterapkan di Piala Dunia Wanita 2023 yang akan berlangsung di Australia dan Selandia Baru. 

Baca Juga: Erick Thohir Langsung Pimpin LOC Piala Dunia U-20 2023 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya