Comscore Tracker

Ikuti Pemberitaan Garuda Select di Media, Ini Pesan Bepe ke Pemain

Bepe juga memberikan saran kepada PSSI

Jakarta, IDN Times - Legenda Persija, Bambang Pamungkas mengapresiasi program Garuda Select hasil kerja sama jangka panjang antara PSSI dan Mola TV. Menurut dia, program-program semacam ini memberikan sumbangsih untuk menelurkan bakat-bakat muda terbaik Tanah Air.

"Program seperti ini bukan yang pertama, dulu kita pernah menjalankan program Primavera, Baretti, dan juga SAD. Program-program seperti ini tentu bagus-bagus saja, karena dapat memberikan pengalaman dan membuka wawasan para pemain muda kita tentang iklim kompetisi usia dini yang lebih sehat dan profesional," kata pria yang kerap disapa Bepe ini kepada Mola TV.

1. Bepe berharap program Garuda Select dibarengi kompetisi berjenjang yang dibuat PSSI

Ikuti Pemberitaan Garuda Select di Media, Ini Pesan Bepe ke PemainPemain Bola, Rafli ASrul, (Dok. Mola TV)

Namun, berkaca dari program-program sebelum ini yang hasilnya belum begitu maksimal, Bepe menyarankan, alangkah lebih baik jika program semacam ini dibarengi dengan pembinaan serta kompetisi usia dini di dalam negeri yang berjenjang dan juga berkualitas.

Sehingga, pemain-pemain muda lainnya juga ikut terpantau.

"Karena program seperti Primavera, Baretti, SAD, mau pun Garuda Select ini hanya mencakup sebagian kecil dari bibit-bibit muda kita. Rasanya PSSI juga memiliki tanggung jawab yang sama, kepada pesepak bola muda yang lain yang berkompetisi di dalam negeri," ujar jebolan Diklat Salatiga tersebut.

Baca Juga: Dennis Wise: Kapan Jenguk Garuda Select, Shin Tae-yong?

2. Bepe ingin pemain Garuda Select memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin

Ikuti Pemberitaan Garuda Select di Media, Ini Pesan Bepe ke PemainSkuat Garuda Select jalani latihan terakhir jelang laga lawan Preston North End (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Bepe sendiri mengaku terus mengikuti perkembangan Garuda Select yang sedang menimba ilmu di Eropa. Melalui pemberitaan media, memiliki perhatian khusus kepada Bagus Kahfi dan kolega yang menjalankan program demi program bersama tim pelatih yang dipimpin Dennis Wise dan Des Walker.

Pria yang kini didapuk sebagai manajer Persija untuk mengarungi Liga 1 2020 ini pun memberikan saran kepada pemain yang kali ini tengah berada di Birmingham, Inggris. Bepe ingin semua pemain bisa memanfaatkan program ini untuk bisa terus berkembang pesat.

"Mereka adalah pemain-pemain muda yang memiliki bakat yang sangat baik. Tak semua pesepak bola muda di Tanah Air yang mendapatkan kesempatan seperti mereka, jadi pergunakan kesempatan sebaik mungkin," bebernya.

3. Garuda Select menunjukkan performa yang baik dalam empat laga uji coba terkahirnya

Ikuti Pemberitaan Garuda Select di Media, Ini Pesan Bepe ke PemainPemain Garuda Select, Kakang Rudianto. (Dok. Mola TV)

Sejauh ini, Garuda Select sendiri sudah melakukan beberapa program uji coba termasuk melawan tim-tim kuat dari Italia seperti Juventus, Inter Milan, dan lain-lain. Teranyar, mereka melakukan empat kali try out saat kembali menjalani pemusatan latihan di Inggris.

Dalam empat pertandingan uji coba terakhirnya, Garuda Select terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. Walau dalam dua laga perdana ditaklukan Queen's Park Rangers (5-8) dan Sheffield United (2-3), para pemain memberikan penampilan yang sangat baik.

Setelah itu, pada dua duel berikutnya Garuda Select mengamuk dengan mempermalukan Huddersfield U-18 (3-0) serta Preston Nort End U-18 (3-1).

Baca Juga: Duet Bagus-Rafli di Garuda Select Mirip Tsubasa dan Misaki

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya