Imbas PPKM Darurat, TC Timnas U-23 di Samarinda dan Kaltim 

Shin Tae Yong masih berada di Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan persiapan Timnas Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 pada 1 Agustus 2021. 

Hal itu diungkapkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, usai menggelar rapat koordinasi secara virtual dengan pelatih Shin Tae-yong terkait persiapan menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia, Kamis (15/7).

"Kami membahas berbagai hal terkait Timnas Indonesia. Seperti evaluasi hasil di kualifikasi Piala Dunia 2022 di UEA lalu. Selain itu kami berencana menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia pada 1 Agustus mendatang," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

1. TC digelar di Kaltim dan Kalsel

Imbas PPKM Darurat, TC Timnas U-23 di Samarinda dan Kaltim Latihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

PSSI memutuskan TC Timnas U-23 tak akan berlangsung di Pulau Jawa. Mereka sudah menentukan tempat menempa skuat Garuda di Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan. Hal itu untuk mempermudah aktivitas mereka, karena Pulau Jawa sedang menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

"TC pada 1 Agustus mendatang kami rencanakan karena kompetisi Liga 1 belum berjalan. PSSI memilih lokasi TC di Samarinda atau Palembang. Di sana masih zona hijau untuk pandemi Covid-19 dan fasilitas lapangan memadai,” ujar Yunus.

Baca Juga: Bukan Motor MotoGP, Ini Deretan Motor Tercepat di Dunia! 

2. Shin Tae Yong masih berada di Korea Selatan

Imbas PPKM Darurat, TC Timnas U-23 di Samarinda dan Kaltim Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Sejauh ini, Shin masih berada di kampung halamannya, Korea Selatan untuk melakukan pengobatan.

"PSSI awalnya berharap Shin Tae Yong kembali ke Indonesia pada 23 Juli sesuai izin yang diberikan kepadanya selama 28 hari yang dibagi yakni 14 hari karantina dan 14 hari check up di Korea Selatan,” ujar Yunus.

Karena butuh waktu lebih lama, PSSI memaklumi keterlambatan Shin. Ia baru bisa mendarat di Indonesia pada 6 Agustus 2021. Ia akan memimpin TC virtual terlebih dahulu sebelum bergabung dengan tim.

3. PSSI targetkan kemenangan di play-off kualifikasi Piala Asia U-23

Imbas PPKM Darurat, TC Timnas U-23 di Samarinda dan Kaltim kantor PSSI . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain memimpin pemusatan latihan dalam rangka menyiapkan tim menuju kualifikasi Piala Asia U-23, Shin juga harus segera membentuk tim untuk menjalani play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka bakal bentrok dengan Taiwan dalam laga tersebut.

Pertandingan akan berlangsung dua leg, di mana leg kedua dijadwalkan pada 12 Oktober 2021.

"Pertandingan melawan Taiwan kami akan mempersiapkan Timnas Indonesia secara maksimal karena PSSI ingin meraih kemenangan dan tentunya dapat lolos ke Piala Asia 2023 mendatang," bebernya.

Baca Juga: Naturalisasi 3 Atlet untuk Timnas Basket Dapat Lampu Hijau

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya