Comscore Tracker

Imbas Virus Corona, Final Liga Champions & Liga Europa Batal Digelar 

UEFA bakal atur kembali waktu yang tepat untuk final ECL

Jakarta, IDN Times - Setelah menunda Euro 2020, federasi sepak bola Eropa UEFA kini menunda partai final dan semifinal Liga Champions dan Liga Europa. Keputusan ini diambil karena wabah virus corona yang terus meluas di Eropa.

Sejatinya, final Liga Europa dijadwalkan pada 27 Mei 2020 di Stadion Energa Gdansk, Polandia. Sedangkan, pertandingan final Liga Champions digelar pada 30 Mei 2020 di Stadion Ataturk Olympic di Istanbul, Turki.

1. Final ECL dan UEFA League untuk kategori putri juga ditunda

Imbas Virus Corona, Final Liga Champions & Liga Europa Batal Digelar Twitter/@europaleague

Tak hanya itu, UEFA juga memastikan batal menghelat partai puncak Liga Champions wanita tepat waktu. Sebelumnya, final Liga Champions Wanita dijadwalkan di Istanbul pada 24 Mei, dan tiga hari berselang menggelar final Liga Europa wanita di Gdansk.

"Belum ada keputusan yang dibuat mengenai tanggal baru pelaksanaan partai final. Kelompok kerja yang diketuai Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, tim baru yang didirikan hasil dari konferensi di antara para pemangku kepentingan sepak bola Eropa, akan menganalisis opsi yang tersedia. Pengumuman akan diberikan pada waktunya nanti," dalam pernyataan tertulis di laman resmi UEFA.

2. Sepekan sebelumnya UEFA batalkan Euro 2020

Imbas Virus Corona, Final Liga Champions & Liga Europa Batal Digelar Presiden FIFA, Aleksander Ceferin. (uefa.com).

Sepekan sebelumnya, Presiden UEFA Aleksander Ceferin menjelaskan alasan kenapa pesta sepak bola terakbar se-Eropa Euro 2020 resmi ditunda sampai satu tahun ke depan. Mundurnya ajang ini merupakan respons UEFA untuk menentukan kebijakan terbaik usai badan kesehatan dunia WHO menetapkan Eropa sebagai episentrum virus corona.

Melalui komite eksekutif-nya, UEFA menggelar rapat melalui video konferensi bersama presiden, sekretaris dari 55 asosiasi sepak bola Eropa, perwakilan dari Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa sampai FIFPro Eropa yang digelar Selasa (17/8). Sehingga, mereka akhirnya menemukan kata sepakan untuk menunda perhelatan akbar empat tahunan itu.

3. Banyak program UEFA yang batal akibat virus corona melanda Eropa

Imbas Virus Corona, Final Liga Champions & Liga Europa Batal Digelar twitter.com/search?q

Euro edisi ke-60 tersebut awalnya dilangsungkan pada 12 Juni-12 Juli 2020 nanti dan digelar di 12 kota. Namun hingga 12 bulan ke depan, atau sampai musim panas 2021 belum ada jadwal resmi Piala Eropa bakal dihelat. Yang pasti, turnamen antarnegara di Eropa itu tetap memakai format yang sama dan dihelat pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Selain itu, seluruh kompetisi dan laga UEFA, plus pertandingan persahabatan klub dan tim nasional pria sampai wanita ditunda menunggu situasi, karena prioritas saat ini adalah untuk fokus pada normalisasi situasi akibat virus corona atau COVID-19 ini.

Baca Juga: Kompetisi Euro 2020 Secara Resmi Ditunda dan Digelar Tahun Depan

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya