Imbas Virus Corona, Gaji Egy Maulana Vikri Dipotong 50 Persen

Lechia Gdanks dan klub Ekstraklasa lain harus potong gaji

Jakarta, IDN Times - Virus corona tak hanya menginfeksi ratusan ribu orang, tapi juga memukul perekonomian dunia, termasuk dunia olahraga. Sejumlah klub mengalami kesulitan finansial setelah kompetisi dihentikan sementara.

Tak hanya megabintang Cristiano Ronaldo saja yang harus dipotong gajinya oleh klub akibat virus corona, pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri yang tengah berkarier di Eropa tepatnya di kompetisi tertinggi Polandia, yakni Ekstraklasa, juga mengalami hal serupa. Bahkan, Egy harus rela dipotong gajinya 50 persen oleh klubnya Lechia Gdansk.

1. Lechia Gdanks sudah umumkan pemotongan gaji pemain 50 persen

Imbas Virus Corona, Gaji Egy Maulana Vikri Dipotong 50 Persenlechia.pl

Pihak Lechia Gdansk pun sudah mengumumkan secara resmi terkait pemotongan gaji pemain 50 persen sampai Juni 2020 nanti melalui rilis di laman resmi klub pada Senin (30/3). Hal itu dilakukan mereka demi keberlangsungan hidup klub yang tak memiliki pendapatan usai kompetisi ditangguhkan.

"Epidemi virus corona saat ini telah menyebabkan awan hitam menaungi banyak organisasi olahraga, tak ketinggalan sepak bola Ekstraklasa, yang menangguhkan yang harus menangguhkan kompetisi. Kurangnya pendapatan dari tiket, penjualan hak siar televisi, sampai permasalahan beberapa sponsor menyebabkan klub mulai mencaricara untuk menyeimbangkan neraca keuangannya," kata Presiden Lechia Gdansk, Adam Mandziara.

Gaji pemain yang dibayar setengahnya ini bisa jadi terus diperpanjang jika pandemik tersebut terus berlangsung dan liga belum berjalan.

Baca Juga: Lechia Gdansk Juara, Egy Maulana Masuk Radar Manchester United

2. Presiden Lechia Gdansk tak punya pilihan lain untuk selamatkan keuangan klub

Imbas Virus Corona, Gaji Egy Maulana Vikri Dipotong 50 PersenPresiden, Lechia Gdanks, Adam Mandziara. (echia.pl).

Adam mengungkapkan manajemen bertanggung jawab aras keberlangsungan klub dalam situasi yang baru terjadi ini, dan itu merupakan prioritasnya. Klub tak memiliki pilihan lain selain memangkas gaji Egy Maulana Vikri dan kolega lantaran tak ada pertandingan, walau pada akhirnya harus ada pengorbanan.

"Kita mulai dengan diri kita sendiri, meski pun kita bekerja lebih dari biasanya. Kami tidak dapat berpura-pura bahwa tak ada yang berubah, karena dari sudut pandang kami semuanya telah berubah dan situasi ini membutuhkan tindakan radikal," ujar Adam.

3. Dua klub Ekstraklasa lain tengah bernegosiasi untuk memotong gaji pemainnya 50 persen

Imbas Virus Corona, Gaji Egy Maulana Vikri Dipotong 50 PersenKlub Ekstraklasa, Slask Wroclaw. (wroclaw.pl)

Dalam beberapa hari ke depan, manajemen Lechia Gdanks pun bakal berbicara dengan para pemain dan karyawan untuk membicarakan pengurangan gaji selama tiga bulan ini, sesuai dengan resolusi Dewan Pengawas Ekstraklasa yang memungkinkan klub untuk mengurangi upah pemain hingga 50 persen, tapi tak lebih dari zł10 ribu atau setara dengan Rp39,8 juta.

Di Liga Polandia sendiri, ada tim yang melakukan inisiatif untuk menunda pembayaran gaji pemain, yakni Polonia Bytom , klub Divisi Tiga. Lalu ada juga klub Ekstraklasa lain seperti Slask Wroclaw dan Wisla Krakow yang tengah bernegosiasi untuk memotong gaji pemainnya 50 persen seperti yang dilakukan klub Egy, Lechia Gdanks.

Baca Juga: 5 Fakta Debut Starter Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya