Imbas Virus Corona, PSSI Minta PT LIB Susun Jadwal Baru Liga 1 2020

Liga 2 juga harus mengalami penundaan akibat wabah corona

Jakarta, IDN Times - Setelah menunda Liga 1 dan Liga 2 2020 karena wabah virus corona di Indonesia, PSSI bersama PT Liga Indonesia baru selaku operator liga dan klub-klub peserta melakukan persiapan sebelum kembali melanjutkan kompetisi, termasuk menyiapkan jadwal baru.

"Kami membuat assesment risiko dan rencana mitigasi atas jalannya liga setelah dua pekan ke depan. PSSI akan memberikan asistensi teknis kepada PT LIB untuk melakukan kajian bersama dengan liga-liga internasional lainnya, khususnya Asia Tenggara terhadap kebijakan yang akan diambil secara global,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam Extraordinary Meeting di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (16/3).

Mochamad Iriawan meminta PT LIB menyusun kembali jadwal pertandingan dan hal yang bersifat teknis serta admintratif agar dikordinasikan dengan manajer Liga 1 dan Liga 2. Plus, membuat rencana  mitigasi di tengah kondisi tidak menentu akibat pandemik.

1. PSSI bakal membantu PT LIB melakukan kajian pembiayaan tim, jika risiko terburuk kompetisi tertunda

Imbas Virus Corona, PSSI Minta PT LIB Susun Jadwal Baru Liga 1 2020PSSI, PT LIB dan klub dari LIga 1 dan Liga 2 dalam rapat di Hotel Fairmont, Senin (16/3). (Dok. PSSI)

Selain itu, pria yang kerap disapa Iwan Bule itu mengatakan jika PSSI juga akan membantu PT LIB untuk melakukan kajian cost, manajemen risiko di masing-masing klub dalam kondisi terburuk usai dua pekan penghentian sementara kompetisi.

Sehingga, jika situasi kritis ini harus menunda kompetisi lebih lama, klub sudah siap. Terutama dalam urusan pengeluaran internal, seperti kewajiban kepada pemain, pengeluaran latihan dsb.

2. Masih terjadi kerusuhan di pertandingan Liga 1 2020

Imbas Virus Corona, PSSI Minta PT LIB Susun Jadwal Baru Liga 1 2020Foto hanya ilustrasi (ANTARA/Prasetia Fauzani/wsj)

Iwan Bule juga mengingatkan kepada klub untuk membantu mengendalikan suporter mereka. Hal ini menyikapi kejadian insiden suporter PSIS Semarang melawan Arema FC pada Sabtu (14/3) lalu di Stadion Moch Subroto, Magelang.

“Kami ingin kejadian tersebut tidak terulang kembali di pertandingan-pertandingan berikutnya. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Tentunya kompetisi kita harus bisa berjalan baik, sportif dan menjadi tontonan menarik,” ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini dengan tegas.

3. Liga 1 dan Liga 2 2020 rehat selama dua pekan

Imbas Virus Corona, PSSI Minta PT LIB Susun Jadwal Baru Liga 1 2020Bhayangkara FC vs Persija berakhir imbang 2-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2020 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Sebelumnya, PSSI, PT LIB sampai Kemenpora akhirnya mempertimbangkan untuk menunda kompetisi di Indonesia selama dua pekan. Hal itu sebagai langkah antisipasi untuk menghindari risiko penularan, lantaran animo masyarakat dalam menonton sepak bola cukup besar.

“Bagaimana pun, aspek kesehatan harus diposisikan di atas segalanya. Keselamatan dan kesehatan penonton, perangkat pertandingan, dan pemain, harus dijadikan prioritas melebihi apa pun,” kata Direktur PT LIB Cucu Somantri.

Baca Juga: [BREAKING] Resmi! PSSI Hentikan Sementara Liga 1 dan Liga 2

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya