Indonesia Dibantai Thailand, Indra Sjafri: Pemain Tampil Buruk

Pelatih Thailand U-23 tak terkejut dengan kemenangan timnya

Jakarta, IDN Times - Tim nasional Indonesia U-23 mengawali perjalanan di babak kualifikasi Piala Asia U-23 kurang meyakinkan. Bagaimana tidak, skuat Garuda Muda harus menelan pil pahit lantaran dicukur 0-4 oleh Thailand U-23 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3).

Empat gol Thailand ke gawang Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Shinnaphat Leeaoh (21'), Supachai Jaided (penalti 50' dan 71'), dan Suapachok Sarachat (74'). Sedangkan, Gian Zola dan kolega tak mampu memcetak sebiji gol pun di laga ini.

1. Timnas U-23 tak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya

Indonesia Dibantai Thailand, Indra Sjafri: Pemain Tampil BurukDok. PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, mengungkapkan bahwa timnya tampil tak seperti biasanya. Pelatih asal Padang ini menilai para penggawa yang tampil di lapangan tak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga timnya tak bisa berkembang dalam duel tersebut.

"Kami akui di laga ini pemain tampil under perform. Thailand mampu memanfaatkan situasi bola mati. Soal susunan pemain, kami rasa tadi susunan terbaik setelah terakhir kami uji coba melawan Bali United," kata Indra Sjafri dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Laga Awal Kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia Dibantai Thailand

2. Asnawi sebut Timnas U-23 kurang siap di awal laga

Indonesia Dibantai Thailand, Indra Sjafri: Pemain Tampil Burukinstagram.com/asnawi.bhr

Hal serupa juga diungkapkan oleh bek kanan tim Merah-Putih, Asnawi Mangkualam Bahar. Menurut dia, apa yang ditunjukkan dirinya bersama semua rekan-rekannya di lapangan tak seperti yang biasa ditunjukkan.

"Kami bermain tak seperti biasanya. Pada awal laga kami kurang siap, lawan bermain lebih baik," ujar dia. Ia pun berjanji akan segera bangkit agar bisa meraih kemenangan saat berhadapan dengan tuan rumah Vietnam.

3. Alexandre Gama tak terkejut dengan kemenangan timnya

Indonesia Dibantai Thailand, Indra Sjafri: Pemain Tampil BurukDok. PSSI

Di kubu lawan, pelatih Thailand U-23, Alexandre Gama, tak terkejut dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Sebab, kata dia, para penggawa Thailand U-23 mampu tampil bagus dan bisa mengontrol jalannya pertandingan. "Kemenangan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pemain," beber pelatih berpaspor Brasil tersebut. "Kemenangan 4-0 memudahkan pertandingan berikutnya".

4. Peluang Timnas U-23 meraih satu tiket ke babak utama Piala Asia cukup berat

Indonesia Dibantai Thailand, Indra Sjafri: Pemain Tampil BurukDok. PSSI

Hasil ini membuat Thailand berada di posisi kedua klasemen sementara Grup K dengan perolehan poin tiga, sama dengan Vietnam yang ada di puncak. Hanya, mereka kalah selisih gol karena Vietnam U-23 mampu menang dengan margin yang lebih besar atas Brunei Darusalam dengan skor 6-0.

Sedangkan bagi Indonesia, kekalahan ini membuat timnas Indonesia U-23 harus terdampar di dasar klasemen sementara Grup K. Hal itu membuat Indra harus berpikir keras lantaran peluang mereka untuk bisa lolos ke babak utama Piala Asia U-23 tahun depan sangat berat.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand U-23, Lupakan Kemenangan Sebelumnya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya