Comscore Tracker

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Siapa yang Bakal Tampil?

Bagas dan Bagus diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah ajang pesta sepakbola terbesar di dunia untuk kelompok umur, yakni Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Tak pelak, Timnas Garuda berhak mendapatkan satu tiket otomatis pada putaran final nanti. Lalu, Timnas Indonesia pada level mana yang saat ini berpotensi tampil di ajang tersebut? 

Kans besar untuk tampil pada ajang tersebut tentu berada di tangan Beckham Putra Nugraha dan kolega. Terlebih, usia rata-rata mereka saat ini masih di bawah 19 tahun.

1. Angkatan Bagas dan Bagus Kahfi dipastikan untuk bersiap hadapi Piala Dunia

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Siapa yang Bakal Tampil?PSSI/Herka Yanis P

Salah satu anggota Exco PSSI, Refrizal, mengungkapkan angkatan Bagas Kahfa dkk. mayoritas usianya baru menginjak 18 tahun.

Menurutnya, saat digelarnya Piala Dunia U-20 nanti, usia para pemain masih belum melewati batas.

"Sekarang ini yang kami persiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 adalah generasi Bagas Kahfa dan Bagus Kahfi, dua pemain Timnas Indonesia U-19 saat ini," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut kepada awak media di Wisma Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI: Terima Kasih Jokowi

2. Timnas U-19 juga disipakan untuk lolos ke Olimpiade 2024

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Siapa yang Bakal Tampil?Dok. PSSI/Herka Yanis P

Selain itu, Refrizal juga mengakui bahwa anak asuh Fakhri ini bakal diberi proyeksi jangka panjang. Tujuannya adalah tampil di Olimpiade 2024 yang digelar di Paris, Prancis. Atau tepatnya, saat usia pemain rata-rata menginjak 22 tahun.

"Olimpiade 2024 kan batas usianya 23 tahun. Tambah lima tahun dari sekarang jadi saya rasa usia mereka pas. Kenapa generasi Bagas dan Bagus? Karena program kami memang menyiapkan yang terdekat untuk Indonesia lolos Olimpiade 2024. Anak-anak ini yang kami siapkan," ujar Refrizal.

3. PSSI masih pantau Fakhri

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Siapa yang Bakal Tampil?Dok. PSSI/Herka Yanis P

Namun demikian, Refrizal belum bisa menggaransi nantinya Timnas U-19 yang saat ini dipersiapkan bakal terus dilatih oleh Fakhri Husaini.

Ia masih harus melihat performa skuat Garuda Muda dalam beberapa turnamen ke depan termasuk Piala AFC U-19. Karena, kata Refrizal, penilaian terhadap pelatih bakal teris berjalan seiring performa tim.

Namun, sebelum itu, Timnas U-19 harus terlebih dahulu tampil di babak kualifikasi Piala AFC U-19 2020 yang digelar pada awal November mendatang. Indonesia sendiri tergabung di Grup K bersama dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Menpora: Tunggu Arahan Presiden

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya