Comscore Tracker

Indonesia U-16 vs Filipina U-16: Tuan Rumah Masih di Atas Angin

Timnas U-16 sempat kalahkan Filipina 4-0 di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-16 bakal memulai kiprahnya di babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Skuat Garuda Muda ini bakal menghadapi seterunya dari Asia Tenggara, yakni Filipina dalam pertandingan yang bakal digelar di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9).

Tuan rumah memang di atas angin. Sebab, dalam pertemuan terakhirnya, Mikael Alfredo Tata dan kolega berhasil melumat Filipina dengan skor telak 4-0 dalam turnamen Piala AFF U-15 2019 yang digelar di Chonburi, Thailand, pada Agustus lalu.

Tak pelak, mereka pun diprediksi bisa meraih kemenangan dalam duel nanti.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku siap menghadapi duel nanti. Menurut dia, segala persiapan sudah dilakukan dengan baik, termasuk evaluasi yang dilakukan timnya setelah mengikuti dua turnamen yang telah dijalani sebelumnya.

1. Bima ingin Garuda Muda jadi yang terbaik saat tampil sebagai tuan rumah

Indonesia U-16 vs Filipina U-16: Tuan Rumah Masih di Atas AnginDok. affsuzukicup2018

Timnas Indonesia memang tampil cukup baik di dua turnamen sebelumnya. Pada Piala AFF U-15, mereka berhasil menduduki posisi ketiga. Kemudian, mereka meraih peringkat kedua pada ajang Boys Elite Football Tournament 2019 di Myanmar.

Pelatih berusia 43 tahun itu pun mengaku terus meningkatkan berbagai kekurangan yang masih terlihat, seperti transisi menyerang ke bertahan yang masih kurang serta penyelesaian akhir yang belum maksimal.

"Yang pasti, kami sebagai tuan rumah ingin selalu memenangkan pertandingan, karena saya yakin dengan kemampuan pemain dan kami juga sengaja memilih pemain-pemain yang multifungsi," kata Bima Sakti dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Mereka yang Dikontrak Klub Liga 1 Usai Moncer Bersama Timnas U-16

2. Timnas U-16 dihuni pemain multifungsi

Indonesia U-16 vs Filipina U-16: Tuan Rumah Masih di Atas Anginpssi.org

Bima memang sengaja memanggil pemain-pemain yang mayoritas tampil di dua turnamen sebelumnya. Maklum, ia membutuhkan pemain yang sudah siap dan punya kerja sama tim yang bagus.

Plus, ia juga butuh pemain yang memiliki kemampuan tampil di pelbagai posisi agar bisa tampil di mana saja.

"Kami tekankan kepada mereka harus bisa memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki. Mereka memiliki kecepatan dan harus aktif begitu habis menyerang, mereka harus cepat dalam melakukan pertahanan, itu akan jadi kunci dari permainan kami,” ujar pelatih kelahiran Balikpapan tersebut.

3. Pelatih Filipina akui sulit kalahkan Timnas U-16

Indonesia U-16 vs Filipina U-16: Tuan Rumah Masih di Atas AnginANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sementara, sang tamu datang dengan kepercayaan diri tinggi dalam menatap duel kali ini. Maklum, pada laga perdana Grup G mereka berhasil meraih kemenangan telak 7-0 atas Kepulauan Mariana Utara.

Hal itu memberikan sinyal bahwa Filipina saat ini adalah ancaman nyata bagi Timnas U-16.

Namun demikian, pelatih Filipina, Bongbong Roxy Dorlas, mengakui laga melawan Garuda Muda tak akan mudah. Ia menyebut bahwa Timnas U-16 terlalu kuat untuk bisa dikalahkan di dalam turnamen ini. Jadi, ia memilih realistis dalam menghadapi duel kali ini.

4. Pelatih Filipina nantikan atmosfr penonton

Indonesia U-16 vs Filipina U-16: Tuan Rumah Masih di Atas AnginIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun demikian, ia tak sabar menantikan duel keduanya melawan Timnas U-16. Sebab, ia tak sabar untuk bisa merasakan atmosfer pertandingan di Stadion Madya yang bakal dipenuhi suporter Timnas U-16.

"Kami menantikan duel ini. Kami sangat bersemangat menyambut pertandingan melawan Indonesia. Atmosfer di sini luar biasa, stadion dan rumputnya bagus, dengan penonton yang banyak," tukas dia.

Baca Juga: 18 Pemain Timnas U-16 Dicoret, Tristan Alif Salah Satunya

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You