Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana U-16: Kans Besar untuk Pesta Gol!

Kepulauan Mariana sempat kalah 18-0 dari Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-16 berpotensi pesta gol saat berjumpa dengan Kepulauan Mariana Utara pada laga lanjutan Grup G babak kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9).

Jika mengacu permainan Timnas U-16 seperti laga sebelumnya saat mengalahkan Filipina empat gol tanpa balas, atau dalam kiprah mereka dalam beberapa turnamen terakhir, hal itu nampaknya tak mustahil. Dengan catatan, skuat Garuda Asia mau menunjukkan performa terbaiknya dan memanfaatkan setiap peluang menjadi gol.

1. Bima Sakti terus asah penyelesaian akhir agar pemainnya tampil maksimal

Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana U-16: Kans Besar untuk Pesta Gol!Dok. affsuzukicup2018

Oleh sebab itu, beragam persiapan pun dilakukan oleh Bima Sakti. Sehingga, timnya bisa meraih kemenangan dengan skor meyakinkan. Maklum, torehan gol begitu penting dalam babak kualifikasi ini, karena itu bisa berguna jika dalam perolehan poin mereka sama dengan pesaing terdekatnya di akhir babak nanti.

"Kami akan manfaatkan untuk melatih lagi mereka untuk penyelesaian akhir, finishing touch-nya karena ini sangat penting, apalagi kita lawan Mariana," kata Bima kepada awak media.

Baca Juga: Kesulitan Mengawali Laga Lawan Filipina, Timnas U-16 Sempat Tegang

2. Timnas U-16 pantang anggap remeh Kepulauan Mariana Utara

Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana U-16: Kans Besar untuk Pesta Gol!PSSI/Herka Yanis P

Namun demikian, pelatih asal Balikpapan tersebut menggarisbawahi agar anak asuhnya tak menganggap calon lawannya sebelah mata. Sebab, lanjut dia, Kepulauan Mariana bisa saja sekali-kali meledak dan membuat Timnas U-16 gigit jari, atau bahkan membuat mereka gagal ke fase selanjutnya.

"Saya sampaikan ke mereka gak boleh menganggap remeh, setiap tim yang ada di kualifikasi AFC di sini semua bagus. Oleh sebab itu saya sampaikan ke mereka jangan pernah jemawa, jangan lupa diri, harus tetap fokus dalam setiap pertandingan, dan bisa mencetak gol lebih banyak lagi," ujar pelatih berusia 43 tahun tersebut.

3. Kepulauan Mariana Utara punya rekor buruk saat bertemu Timnas U-16

Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana U-16: Kans Besar untuk Pesta Gol!Facebook/Northern Mariana Islands Football Association

Jika melihat tim tamu, bisa dikatakan mereka tak akan mampu berbuat banyak dalam laga nanti. Dari rekor pertemuan sebelumnya saja, tepatnya tahun lalu, Kepulauan Mariana harus menanggung malu lantaran dipermalukan Timnas U-16 angkatan Bagus Kaffi dan kolega pada babak kualifikasi Piala AFC.

Tampil di Stadion Rajamangala, Thailand, tim besutan Fakhri Husaini itu berhasil mencukur habis Kepulauan Mariana dengan skor telak 18-0. Tentu, rasa sakit itu masih dirasakan tim tamu dalam duel nanti.

Hal itu diperparah dengan kondisi fisik para penggawa Kepulauan Mariana. Pasalnya, dalam laga perdana, mereka harus bertekuk lutut di tangan Filipina 7-0, tim yang notabene dibantai Timnas U-16 dalam laga sebelumnya. Teranyar, mereka juga dipermalukan Brunei Darussalam 5-1 beberapa hari lalu.

4. Perkiraan susunan pemain Timnas U-16 melawan Kepulauan Mariana Utara

Indonesia U-16 vs Kepulauan Mariana U-16: Kans Besar untuk Pesta Gol!PSSI/Herka Yanis P

Perkiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): I Made Putra Kaicen; Alexandro Felix Kamuru, Marcell Januar Putra, Kadek Arel Priyatna, Alfin Farhan Lestaluhu; Resa Aditya Nugraha, Muhammad Valeron, Marselino Ferdinan; Raka Cahyana Rizky, Ahmad Athallah Araihan, Aditiya Daffa Al Haqi.

Kep. Mariana Utara (4-4-2): Merrick Vicente Attao Toves; Joe Emil Habos Antonio, Daniell Mar Jaylo Pablo, Jerick Ben Senobio Quimzon, Kohtaro Sangel Goto; Akira Kadokura, Brian Mallari Lubao, Oliver Aque Fajardo, Ariel Jacobus Navarez; Xin Wen Jin, Jim Kurt Sapio Maniago.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Selalu Andalkan Permainan dari Sisi Sayap

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya