Indonesia U-18 vs Myanmar U-18: Laga Penentu Juara Grup A

Fakhri Husaini isyaratkan rotasi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-18 bakal menghadapi laga pamungkas di Piala AFF U-18 2019 Grup A. Walau sudah lolos ke babak gugur, skuat Garuda Nusantara akan menghadapi pertandingan menentukan juara grup A saat bentrok dengan Myanmar di Stadion Thong Nhat, Vietnam, pada Rabu (13/8).

Sejauh ini, kedua tim tampil sempurna. mereka mampu meraih empat kemenangan dari empat laga yang telah dijalani. Hanya saja, Timnas U-18 masih unggul produktivitas gol dengan merobek gawang lawan sebanyak 19 kali dan kemasukan tiga gol. Sebaliknya, Myanmar hanya mencetak 10 gol saja namun cuma kemasukan dua gol.

1. Fakhri inginkan anak asuhnya lebih berani

Indonesia U-18 vs Myanmar U-18: Laga Penentu Juara Grup AIDN Times/Ardiansyah Fajar

Jika melihat rekor kemasukannya, Myanmar tentu punya pemain belakang yang cukup bagus. Tak pelak, pelatih Timnas U-18, Fakhri Husaini, memperkirakan timnya bakal menghadapi laga yang jauh lebih sulit dibandingkan saat berhadapan dengan Laos.

"Melawan tim yang saya rasa memiliki karakter mirip seperti Laos, bermain menekan, keras kepala dan berani duel, saya berharap anak-anak bisa memetik pelajaran dari laga sebelumnya. Pemain harus bisa beradaptasi dan merespons dengan cepat karakteristik main lawan di atas lapangan,” kata Fakhri.

Baca Juga: Comeback Dramatis, Timnas U-18 Menang Tipis atas Laos

2. Akan ada pemain yang diistirahatkan saat berhadapan dengan Myanmar

Indonesia U-18 vs Myanmar U-18: Laga Penentu Juara Grup Apssi.org

Terkait persiapan tim seperti apa, pelatih asal Lhokseumawe itu mengatakan tak ada perbedaan dengan laga-laga lain yang telang dijalani oleh anak asuhnya. Hanya saja, ia mengisyaratkan pemain-pemain yang sering tampil penuh akan ada yang diistirahatkan untuk menjaga kondisi fisiknya.

"Kami akan coba membagi pemain-pemain yang perlu waktu istirahat lebih lama lagi, kami akan memberikan mereka pemulihan fisik yang cukup, sementara yang belum main, saya coba melihat kondisi fisiknya. Saya mungkin akan melakukan rotasi di pertandingan nanti,” ujar eks pelatih PKT Bontang tersebut.

3. Timnas U-18 waspadai ledakan Myanmar

Indonesia U-18 vs Myanmar U-18: Laga Penentu Juara Grup Athe-afc.com

Myanmar tentu bakal tampil tanpa beban dalam laga nanti. Maklum, Timnas U-18 yang begitu impresif secara kualitas masih berada di atas Myanmar. Tak pelak, mereka tak targetkan beban berat bagi anak asuhnya dalam laga nanti.

Namun demikian, ledakan dari Myanmar bukan mustahil terjadi. Apalagi, sejauh ini mereka terus menunjukkan perkembangan yang luar biasa dalam turnamen ini. Sedikit saja lengah, bukan tak mungkin Timnas U-18 bisa keok dalam laga terakhir besok.

Baca Juga: Bintang-Bintang Muda Timnas U-18 Siap Panen

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya