Comscore Tracker

Indonesia Waspada, Vietnam Lebih All Out di Piala AFF

Park Hang Seo enggan rangkap jabatan di Timnas Vietnam

Jakarta, IDN Times - Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang Seo, memilih fokus untuk menangani Timnas Vietnam saja ke depan. Dia memutuskan mundur sebagai juru taktik Vietnam U-23 usai merangkap jabatan dalam beberapa waktu lalu.

Hal itu terjadi usai melakukan penandatanganan kontrak baru pada 10 November 2021. Dia memilih fokus ke skuad senior dan meraih berbagai prestasi lagi selama masa kerja barunya selama satu tahun ke depan.

Dengan begini, Indonesia patut waspada. Sebab, Park pastinya akan lebih fokus untuk menghadapi Piala AFF. Bukan tak mungkin, dengan keputusan ini, Indonesia akan kesulitan saat melawan Vietnam.

1. Dipercaya memilih pelatih baru Timnas U-23

Indonesia Waspada, Vietnam Lebih All Out di Piala AFFPelatih Vietnam, Park Hang Seo. the-afc.com

Dikutip laman resmi federasi sepak bola Vietnam (VFF), kini posisi Park Hang Seo di Timnas Vietnam U-23 masih kosong. Sejauh ini, federasi masih belum menentukan siapa penggantinya. 

Namun, mereka sudah meminta Park mencarikan koleganya yang tepat di Korsel untuk bisa menjadi suksesornya. Dia dipercaya VFF untuk menentukan dan menilai siapa saja calon pelatih yang layak memimpin Vietnam U-23. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Dilarang Mental Tempe di Piala AFF

2. Gagal membawa Vietnam ke Piala Dunia 2022

Indonesia Waspada, Vietnam Lebih All Out di Piala AFFPemain Vietnam Doao Van Hau mencetak gol ke gawang Indonesia pada final SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Park memang sudah dipercaya VFF untuk mengembangkan sepak bola Vietnam. Terlebih, dia sudah membuktikan diri bisa membawa Vietnam meraih prestasi cukup baik. Teranyar, dia membawa Timnas Vietnam melaju ke fase terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sayang, dia tak bisa membawa Vietnam melanjutkan kejutannya karena gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia tahun depan. Sebab, mereka masih terdampar di posisi juru kunci Grup B, dan belum bisa meraih satupun kemenangan pada fase ini.

3. Vietnam sempat tampil mengejutkan di Piala Asia U-23 dan Asian Games 2018

Indonesia Waspada, Vietnam Lebih All Out di Piala AFFTimnas Vietnam (affsuzukicup.com)

Park juga sebelumnya mampu membasuh dahaga gelar selama 60 tahun di SEA Games 2019. Dia mampu membawa anak asuhnya meraih medali emas dalam ajang dua tahunan itu saat mentas di Filipina. Itu jadi prestasi yang membuatnya terus dipercaya oleh VFF.

Sebelum itu, dia juga berhasil mengantarkan Timnas Vietnam U-23 melaju hingga final di Piala Asia U-23. Tak berselang lama, dia juga secara mengejutkan mengantarkan Vietnam ke peringkat empat di Asian Games 2018 Indonesia.

Baca Juga: Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya