Comscore Tracker

Ini 5 Pemain Debutan yang Berpotensi Bersinar di Liga 1 2020

Castillion merupakan pemain Persib

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Shopee Liga 1 2020 segera bergulir. Duel antara Persebaya melawan tim promosi Persik akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (29/2). Derbi Jawa Timur ini akan menandai dimulainya Liga 1 2020.  

Layaknya musim lalu, kali ini banyak juga wajah baru yang memilih untuk mentas di Liga 1 2020. Total, dari 72 pemain asing yang terdaftar, hampir setengahnya, tepatnya 32 orang baru akan menjalani debut.

Hanya Bali United yang menggunakan jasa legiun asing yang sama dengan musim lalu. Sisanya, rata-rata klub hanya mempertahankan sebagian pemainnya saja, dan mencoba peruntungan untuk mencari pemain yang lebih segar musim ini.

Berkaca pada Liga 1 edisi sebelumnya, sulit rasanya jika semua pemain baru itu bisa langsung moncer bareng klubnya masing-masing. Bahkan, bisa jadi beberapa pemain asing tampil melempem memulai kiprahnya di Indonesia.

Lalu siapa saja yang bisa bersaing? Berikut adalah pemain asing debutan berpotensi bakal bersinar:

1. Geoffrey Castillion (Persib Bandung)

Ini 5 Pemain Debutan yang Berpotensi Bersinar di Liga 1 2020twitter.com/tamhaRHidayanto/

Jika menilik catatan gol sebelum tiga musim terakhir di kompetisi Islandia, Geoffrey Castillion bukan lah striker yang terlalu istimewa. Sebab, produktivitasnya juga tak begitu maksimal, karena tak bisa mencetak lebih dari 10 gol per musim.

Hanya saja, hal itu mulai berbalik 360 derajat usai sang pemain pindah ke Islandia. Ia tampil produktif dengan mencetak 28 gol selama tiga musim di sana, dengan rincian 10 gol Víkingur Reykjavík, tujuh gol (FH Hafnarfjörður dan Víkingur Reykjavík), dan 11 gol (Fylkir).

Performa pertamanya bersama Persib dalam laga uji coba pun cukup baik. Buktinya ia bisa beberapa kali mencetak gol pada masa persiapan ini, termasuk gol indahnya memulai debut kontra klub Malaysia, Melaka United. Jika saja proses adaptasinya lancar, bukan tak mungkin Castillion bisa menjadi suksesor Ezechile N'Douassel yang nanti.

2. Petteri Pennanen (TIRA-Persikabo)

Ini 5 Pemain Debutan yang Berpotensi Bersinar di Liga 1 2020Pemain TIRA-Persikabo, Petteri Pennanen. iltalehti.fi

Petteri Pennanen merupakan pemain yang lama malang melintang di kompetisi Eropa. Gelandang yang lebih banyak menghabiskan kariernya di Veikkausliiga, kompetisi kasta tertinggi Finlandia ini berpotensi bisa bersinar bersama TIRA-Persikabo musim ini.

Apa alasannya? Ia merupakan pemain yang tampil reguler di kompetisi kasta tertinggi Finlandia. Pemain berusia 29 tahun itu berhasil mencatatkan 2359 menit waktu bermain atau 27 laga musim lalu. Hal itu menunjukkan dirinya merupakan pemain andalan KuPS musim lalu.

Selain itu, pemain ini juga pernah hampir membawa klubnya ke kompetisi Piala UEFA, sayang mereka gagal pada babak kualifikasi.

Walau hanya mengecap tujuh laga saja bersama Timnas Finlandia U-21, hal itu tak menyurutkan potensinya untuk bersinar di Liga 1 2020 bersama klubnya TIRA-Persikabo.

3. Samir Ayass (Persiraja)

Ini 5 Pemain Debutan yang Berpotensi Bersinar di Liga 1 2020Pemain Persija, Samir Ayass. Instagram/@persiraja_official

Siapa sangka, Persiraja bakal mendatangkan pemain yang masih aktif membela Timnas Lebanon, Samir Ayass. Terakhir ia membela Dunav Ruse, tim dari First League Bulegaria dan mencatatkan 15 kali penampilan bersama klub yang pernah dibawanya jadi runner-up di kompetisi edisi 2014/2015 itu.

Pada kompetisi 2017-2019, pemain berusia 29 tahun itu sempat memperkuat Al Ahed di kompetisi kasta tertinggi Lebanon. Tak tanggung-tanggung, dirinya mampu mempersembahkan tirple winner bagi klubnya itu, yakni gelar bergengsi sebagai juara Lebanes Premier, Lebanes FA Cup, dan Lebanese Super Cup dua kali beruntun sampai musim 2018/2019, sebelum akhirnya kembali ke Dunav.

Bersama Timnas Lebanon, ia pun masih tampil dalam ajang babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan mencatatkan 90 menit waktu bermain.

Tak ayal, dengan segudang pengalamannya itu, bukan tak mungkin Samir Ayas bisa jadi pemain paling menggebrak di Liga 1 musim ini.

4. Mahmoud Eid (Persebaya)

Ini 5 Pemain Debutan yang Berpotensi Bersinar di Liga 1 2020Mahmoud Eid (kanan) berusaha melewati hadangan pemain Sabah FA pada International Friendly Match di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam (8/2). Instagram.com/officialpersebaya

Pemain berdarah Swedia itu kini digadang-gadang bisa jadi Zlatan Ibrahimovic-nya Liga 1. Bersama Persebaya, ia mulai menunjukkan kemampuannya, termasuk mempersembahkan sebiji gol untuk membawa Bajul Ijo jadi kampiun turnamen pramusim bertajuk Piala Gubernur Jatim 2020.

Walau tak memiliki produktivitas mentereng, Mahmoud Eid ini tetap berpeluang bisa bersinar. Duetnya bersama David da Silva menunjukkan ancaman keduanya bakal berlaku pada Liga 1 2020 nanti.

Jika, performanya bisa terus meningkat seiring berjalannya waktu, bukan tak mungkin pemain yang sudah 17 kali membela Timnas Palestina tersebut bisa jadi Ibra Kadabra Tanah Air musim ini.

5. Lutfulla Turayev (Madura United)

Ini 5 Pemain Debutan yang Berpotensi Bersinar di Liga 1 2020Pemain Madura United, Lutfulla Turayev. interfutbol. uz

Pemain asal Asia yang masih aktif membela negaranya memang sedang jadi daya tarik tersendiri bagi kontestan Liga 1 2020. Hal itu berlaku bagi Madura United yang baru saja mendaratkan Lutfulla Turayev, gelandang berpaspor Uzbekistan berusia 31 tahun.

Di kompetisi domestik, Turayev langganan membawa timnya menjadi kampiun entah di Liga Uzbekistan sampai Super Cup pada medio 2010-2018. Tak ayal, ia juga punya modal untuk jadi pemain yang bisa bersinar di Liga 1 2020.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Inggris, Serie A, dan La liga Hari Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya