Comscore Tracker

Ini Alasan Gol Kontroversial Smith Rowe ke Gawang MU Sah

MU mampu mengalahkan Arsenal dengan skor 3-2

Jakarta, IDN Times - Manchester United berhasil keluar sebagai pemenang dalam duel panas melawan Arsenal, pada pekan ke-14 Liga Inggris 2021/2022. Setan Merah mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 3-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (3/12/2021).

Menariknya, MU sempat tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Emile Smith Rowe menit 13. Gol itu dinilai cukup kontroversial, karena pemain muda asal Inggris itu menendang bola ke gawang MU saat David de Gea terkapar di bawah mistar gawang. Sehingga gol itu menimbulkan perdebatan.

1. Wasit sempat melihat VAR sebelum memutuskan gol Arsenal sah

Namun, Martin Atkinson, wasit yang memimpin jalannya pertandingan tak bergeming. Ia langsung mengesahkan gol Arsenal walau melihat De Gea tak tergeletak. Hal itu membuat para pemain MU melancarkan aksi protes di atas lapangan.

Jika menilik lagi kejadian tersebut, Smith Rowe sebetulnya tak melepaskan sepakan yang keras. Jika De Gea masih berdiri, bola yang mengarah ke gawang MU nampaknya akan sangat mudah diantisipasi oleh kiper asal Spanyol itu. Namun, kondisinya yang kesakitan membuat gol itu terjadi.

Saat gol itu masih diperdebatkan, laga sempat berhenti beberapa saat, karena Atkinson langsung memeriksanya melalui VAR. Usai menyaksikan itu, sang pengadil pun tetap teguh dengan pendiriannya dan memberikan gol untuk Arsenal, karena tak ada indikasi pelanggaran yang dilakukan kepada De Gea.

Baca Juga: 3 Nama Kunci di Balik Kemenangan MU Lawan Arsenal

2. Eks wasit Liga Inggris nilai gol Smith Rowe sah

Ini Alasan Gol Kontroversial Smith Rowe ke Gawang MU SahEmile Smith-Rowe (goal.com)

Cedera yang dirasakan De Gea memang bukan dilakukan para pemain Arsenal. Dalam tayangan ulang, saat terjadi sepak pojok di gawang MU, kaki De Gea tak sengaja terinjak oleh rekan satu timnya, yakni Fred. Hal itu membuat Atkinson tak punya alasan untuk membatalkan gol Smith Row.

“Atkinson sudah memberikan keputusan yang benar, karena seperti yang Anda lihat jika Fred tidak sengaja menginjak kaki De Gea. Itu bukan pelanggaran yang dilakukan pemain Arsenal. Maka Atkinson tak meniup peluit (pelanggaran),” kata eks wasit elite Premier League, Mark Clattenburg saat berbicara dengan Amazon Prime Video Sport dikutip Football London.

Ia menilai, Atkinson memang dalam posisi sulit saat seperti ini. Sebab, kejadian terkaparnya De Gea itu muncul sepersekian detik saja sebelum Smith Rowe melepaskan tendangan. Pemain muda Arsenal itu pun tak menyadari kejadian tersebut.

3. Manchester United bisa ke papan atas,tapi...

Ini Alasan Gol Kontroversial Smith Rowe ke Gawang MU SahRonaldo mencetak brace dalam debut keduanya di MU, tapi siapa sangka ia sempat gugup di awal pertandingan. (Twitter/@ManUtd).

Clattenburg juga menilai, jika Atkinson meniup peluit sesaat sebelum sepakan Smith Rowe, atau menganulir gol tersebut usai kejadian berlangsung, tentu hal kontroversial lebih besar akan muncul. Sebab, sang wasit dinilai tanpa alasan jelas menganulir gol yang dibuat Arsenal ke gawang MU.

Terlepas dari itu, MU tetap dinilai tampil baik dalam duel kali ini. Mereka terbukti bisa memenangkan pertandingan yang dihelat di Theater of Dream. Walhasil, ini jadi catatan kemenangan kedua mereka dalam tiga laga yang sudah dijalani di bergagai ajang, pascadipecatnya Ole Gunnar Solskjaer.

Kemenangan ini membuat MU berada di peringkat tujuh klasemen sementara Liga Inggris dengan 22 poin. Mereka masih bisa berpotensi naik ke empat besar, karena punya selisih poin tipis dengan West Ham (24), Arsenal (23), Tottenham (22). Dengan catatan, meraih kemenangan secara konsisten.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan MU atas Arsenal, Ronaldo Impresif

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya