Ini Harapan Anies Baswedan saat Rayakan HUT ke-93 Persija

Persija dinilai sebagai jati diri masyarakat Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, punya harapan besar bagi Persija yang kini menginjak usia 93 tahun. Pria asal Yogyakarta itu ingin, Macan Kemayoran bisa mempersembahkan banyak prestasi, terutama untuk masyarakat Jakarta dan jadi representasi klub sepak bola di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Anies saat hadir dalam Perayaan HUT ke-93 Persija yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Minggu (28/11/2021). 

“Selama 93 tahun perjalanan ini penuh dengan sejarah, penuh dengan peristiwa yang membuat Persija memiliki kenangan yang indah di mata masyarakat Jakarta. Harapannya, dengan usia yang hampir 100 tahun ini Persija terus berbenah, terus belajar, terus berinovasi, terus bisa melakukan terobosan yang harapannya bisa membuat hasil yang maksimal di setiap kompetisi,” kata Anies.

Baca Juga: Bali United Jadi Ujian Berat Buat Persija

1. Persija dinilai sebagai identitas, karakter, dan jati diri masyarakat Jakarta

Ini Harapan Anies Baswedan saat Rayakan HUT ke-93 PersijaIlustrasi suporter Persija (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Selain Anies, beberapa orang juga hadir dalam perayaan HUT Persija tersebut. Mereka adalah jajaran direksi dan manajemen Persija, perwakilan klub internal, tokoh-tokoh sepak bola Jakarta, the Jakmania, hingga sponsor yang menopang Persija dalam kompetisi musim ini. 

Presiden Persija, Mohamad Prapanca, menyebut klub dalam perjalanan sejarahnya mampu menyatukan semua. Menurut dia, Persija lahir sebagai simbol solidaritas dan perlawanan terhadap diskriminasi penjajah. 

“Dalam perjalanannya, Persija adalah gairah yang membaluri setiap tarikan napas masyarakat Jakarta, dalam memperjuangkan hidup dan mimpi-mimpinya. Hari ini Persija bukan hanya sebuah klub sepakbola. Persija adalah identitas, karakter, dan jati diri masyarakat ibu kota. Representasi dari mereka yang tidak pernah mengenal kata menyerah,” ujar Prapanca.

“Sebelas gelar telah kami raih bersama-sama, namun Persija tidak akan berhenti sampai di sini. Perjalanan kami masih panjang, gairah kami masih membara, dan mimpi kami masih sangat tinggi,” lanjut dia.

2. Ketum PSSI beri selamat kepada Persija

Ini Harapan Anies Baswedan saat Rayakan HUT ke-93 PersijaKetua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan (pssi.org)

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, pun tak lupa mengucapkan ulang tahun kepada Persija. Ia menilai, klub tersebut sudah memberikan banyak sumbangsih dalam perkembangan sepak bola di Tanah Air. 

“Selamat ulang tahun untuk Persija ke-93. Luar biasa sudah cukup tua umur Persija. Semoga di usia 93 Persija semakin matang dan berprestasi maksimal dalam mengarungi BRI Liga 1 2021/22. Sekali lagi, dirgahayu Persija yang ke-93,” ucap dia.

Hal yang diungkapkan pria yang kerap disapa Iriawan itu memang benar. Sejak pertama kali berdiri pada 28 November 1928 dengan nama Voetballbond Indonesia Jacatra (VIJ), Persija banyak melahirkan prestasi dan mengorbitkan pemain berkualitas. 

Baca Juga: Pemain Persija Dapat Hairdryer Treatment Ala Ferguson dari Alessio

3. Macan Kemayoran punya prestasi mentereng di kancah sepak bola nasional

Ini Harapan Anies Baswedan saat Rayakan HUT ke-93 PersijaPara pemain dan pelatih merayakan HUT Persija ke-93 di sela-sela kesibukan mereka tampil di Liga 1. (Dok. Persija).

Persija bukan hanya sekadar salah satu klub tua di sepak bola nasional. Persija memiliki rekam jejak gemilang. Total sembilan gelar kompetisi Perserikatan (1931, 1933, 1934, 1938, 1953-1954, 1964, 1971-1973, 1973-1975, 1978-1979), plus dua juara Liga Indonesia (2001, 2018) mampu diraih.

Biasanya, setiap kali Persija merayakan ulang tahun, ajang Trofeo Persija biasanya menjadi puncak perayaan ulang tahun Macan Kemayoran pada medio 2011-2016.

Namun, sudah lima tahun terakhir turnamen itu tak digelar. Biasanya ajang tersebut cukup menyedot perhatian publik, karena selalu mengundang klub-klub besar. Walhasil, suporter Persija, yakni The Jakmania biasanya begitu menantikan Trofeo Persija.

Persija sendiri acap kali tampil baik walau turnamen bersifat hiburan. Total 10 gol sudah dicetak Persija sepanjang turnamen itu.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya