Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Selama Oktober

Timnas U-19 bakal mencoba kekuatan Makedonia Utara

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 memperpanjang waktu pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Bedanya, mereka memindahkan lokasi latihan yang sebelumnya dilakukan di Kota Svati Martin na Muri pindah ke Kota Split. Enam laga uji coba pun sudah menunggu skuat Garuda Muda selama Oktober 2020 ini.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan mengungkapkan jika Timnas U-19 direncanakan sudah menyiapkan enam kali try out melawan klub lokal dan beberapa negara tetangga dari kroasia.

"Ada total enam uji coba yang akan dijalani Timnas U-19 pada Oktober 2020 ini. Kami akan melawan klub NK Dugopolje, dua kali melawan Makedonia Utara, lalu dua kali dengan Bosnia Herzegovina dan satu lawan lagi masih menunggu kepastian dari federasi sepak bola Kroasia," kata Iriawan dalam rilis resmi PSSI pada Rabu (7/10/2020).

1. Ketum PSSI ingin Timnas U-19 memanfaatkan laga uji coba internasional

Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Selama OktoberTimnas U-19 saaat melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Kota Split, Kroasia. (Dok. PSSI)

Seluruh pertandingan ini rencananya sudah bakal dimulai pada minggu kedua Oktober ini. Dan semua laga uji coba itu dipastikan bakal tetap digelar di Kota Split.

Pria yang kerap disapa Iwan Bule pun menginginkan tim besutan Shin Tae-yong ini bisa menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mendapatkan pengalaman bertanding. Maklum, laga uji coba internasional dalam kondisi pandemik sangat sulit digelar, sehingga mereka harus bisa memaksimalkannya.

"Enam laga uji coba ini harus dimanfaatkan dengan baik bagi Timnas U-19. Apalagi saat ini pemain terus berproses dan terus mengalami perkembangan yang positif. Pemain harus terus bekerja keras dan semangat untuk raihan prestasi Timnas U-19," tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

2. Timnas U-19 langsung melakkan latihan dengan intensitas tinggi

Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Selama OktoberTimnas U-19 saaat melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Kota Split, Kroasia. (Dok. PSSI)

Sejak datang ke Kota Split akhir pekan lalu, Timnas U-19 memang tak bisa berleha-leha. Sebab, Shin Tae-yong langsung menggelar latihan dengan intensitas cukup tinggi dalam menu latihan yang diberikan kepada Beckham Putra Nugraha dan kolega.

"Kami memberikan menu latihan dengan intensitas tinggi di pekan [pertama] ini baik di lapangan maupun gym. Hal ini kami lakukan sebelum kembali menjalani beberapa laga uji coba," ujar Shin Tae-yong.

"Di sini udara lebih hangat dan lapangan juga bagus. Tentu para pemain harus selalu bekerja keras, semangat dan fokus pada TC ini," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu saat membandingkan Kota Split dengan tempat TC sebelumnya di Svati Martin dan Muri, serta Zagreb.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

3. Skuat Garuda Muda sudah menjalani tujuh laga uji coba

Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Selama OktoberTimnas U-19 berhasil meraih kemenangan atas Dinao Zagreb pada Senin (28/9/2020). (Dok. PSSI)

Timnas U-19 sendiri sudah melakukan TC di Kroasia sejak 30 Agustus 2020 lalu. Mereka sudah menjalani tujuh laga uji coba, tiga laga awal di antaranya dilakukan dalam sebuah mini turnamen.

Adapun hasil yang diraih skuat Timnas U-19 adalah meraih tiga kekalahan, yakni oleh Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Bosnia Herzegovina (0-1), dua kali imbang kontra Arab Saudi (3-3), Qatar (1-1), serta dua kali meraih kemenangan melawan Qatar (2-1) dan Dinamo Zagreb (1-0).

TC di kampung halaman Luka Modric ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-19 di Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 Uzbekistan. Tak hanya itu, Garuda Muda juga terus ditempa agar bisa meraih hasil maksimal dalam ajang bergengsi, yakni Piala Dunia U-20 di negeri sendiri.

4. Inilah jadwal lengkap uji coba Timnas U-19 selama Oktober 2020

Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Selama OktoberTimnas U-19 saaat melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Kota Split, Kroasia. (Dok. PSSI)

Berikut jadwal lengkap uji coba Timnas U-19 selama Oktober

Kamis (8/10/2020)

Timnas U-19 vs NK Dugopolje

Minggu (11/10/2020)

Timnas U-19 vs Makedonia Utara

Rabu (11/10/2020)

Timnas U-19 vs Makedonia Utara

Selasa (20/10/2020)

Timnas U-19 vs Bosnia-Herzegovina

Jumat (23/10/2020)

Timnas U-19 vs Bosnia-Herzegovina

Senin (26/10/2020)

Timnas U-19 vs lawan masih belum ditentukan*

Baca Juga: Setelah Elkan dan Jack, Shin Tae-yong Kembali Bidik Pemain Keturunan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya