Comscore Tracker

Ini Skenario Supaya Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala AFC 2020

Timnas Indonesia U-16 harus menang lawan Tiongkok?

Jakarta, IDN Times - Tampil sempurna dengan meraih tiga kemenangan telak dalam tiga laga awal Grup G babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 tak membuat Timnas Indonesia U-16 dengan mulus memastikan satu tiket ke babak utama tahun depan.

Sebab, skuat Garuda Asia sejauh ini masih berada di posisi kedua dengan raihan poin sembilan. Mereka masih kalah selisih gol ari pesaing terdekatnya Tiongkok U-16 yang unggul produktivitas gol, yakni +28.

Sedangkan, tim besutan Bima Sakti ini tertinggal dua gol saja dari sang pemuncak klasemen Grup G yaitu +26 hasil dari kemenangan atas Filipina (4-0), Kepulauan Mariana Utara (15-1), dan Brunei Darussalam (8-0).

1. Posisi Timnas U-16 belum aman

Ini Skenario Supaya Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala AFC 2020PSSI/Herka Yanis P

Posisi tersebut terang saja membuat Timnas U-16 belum aman. Maklum, regulasi pada babak kualifikasi ini menyebut bahwa hanya juara di masing-masing grup saja yang dipastikan lolos ke putaran final Piala AFC tahun depan.

Hal itu membuat Marselino Ferdinan dan kolega tak memiliki pilihan lain. Mau tak mau mereka harus meraih poin penuh kala bentrok dengan Tiongkok U-16 dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (22/9).

Baca Juga: Ini Alasan Timnas Tak Banyak Selebrasi Saat Cetak Banyak Gol

2. Jika kalah dari Tiongkok, Timnas U-16 masih punya peluang lolos

Ini Skenario Supaya Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala AFC 2020PSSI/Herka Yanis P

Walau pada laga nanti Timnas U-16 gagal mengamankan posisi sebagai juara grup, peluang mereka untuk lolos ke babak utama Piala AFC U-16 sebetulnya masih terbuka. Bahkan, jika kalah pun kans untuk lolos tetap bisa terjaga.

Dengan catatan, skuat Garuda Asia tak kalah dengan skor sangat mencolok. Dan, mereka mampu masuk dalam empat tim dengan status sebagai runner up terbaik dari sebelas grup yang dipertandingkan.

3. Timnas U-16 statusnya masih jadi runner up terbaik

Ini Skenario Supaya Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala AFC 2020Dok. IDN Times/Istimewa

Sejauh ini, Timnas U-16 sendiri masih berada di trek yang benar dalam perebutan empat tim runner up terbaik. Jika dihitung, mereka masih menduduki peringkat pertama runner up terbaik dengan torehan enam poin dengan total memasukkan 12 gol dan kemasukan nol.

Satu laga lain, yakni melawan Kepulauan Mariana Utara tak dihitung lantaran jumlah tim yang ada di Grup G lebih banyak dari grup lainnya.

Thailand masih membuntuti Timnas U-16 dengan torehan poin yang sama yakni enam poin. Hanya saja, mereka masih kalah produktivitas gol karena baru mencetak 10 gol saja. Sedangkan, dua posisi di bawahnya masih bersaing sangat ketat, yakni Uzbekistan (+3), Oman (+3), dan Australia (+2) dengan raihan poin enam.

4. Timnas U-16 punya kans lolos tinggi

Ini Skenario Supaya Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala AFC 2020Dok. IDN Times/Istimewa

Wajar jika optimisme membumbung tinggi jika membandingkan peluang dengan tim lain. Keuntungan berpihak pada Timnas U-16, sebab jika melihat peta kekuatan lawan, Timnas U-16 bisa dibilang memiliki kekuatan yang tak beda jauh dengan Tiongkok U-16.

Selain itu, para pesaing lainnya yang juga diprediksi bakal mengejar posisi sebagi runner up terbaik bakal menghadapi lawan yang tak kalah berat dari Timnas U-16. Sebut saja, Australia yang berhadapan dengan Vietnam, Hong Kong melawan Korea Utara, Thailand lawan Korea Selatan, Oman menghadapi Arab Saudi, dan Uzbekistan yang bakal menjajal India.

Baca Juga: Bintang Timnas U-16 Pimpin Daftar Top Skor Kualifikasi Piala AFC U-16

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You