Iqbal Bawa Pengalaman dari Liga Korsel untuk Berprestasi di Persita

Iqbal pernah bermain dengan Cheongju FC

Jakarta, IDN Times - Pemain yang sempat mentas di Liga Korea Selatan bersama Cheongju FC, Muhammad Iqbal, mengungkapkan alasannya mau bergabung dengan Persita saat jeda putaran pertama Liga 1 2021/22 usai.

Ia mengaku, sebetulnya ada beberapa klub yang berminat menggunakan jasanya. Hanya saja, ia memilih bergabung dengan Persita lantaran melihat keseriusan klub asal Tangerang ini.

“Tadinya setelah saya balik dari Korea memang ada beberapa tim yang menawarkan, tapi untuk saat ini saya memilih Persita. Karena saya melihat Persita tim yang paling serius meminta saya untuk bergabung. Dan kebetulan lagi, posisi saya juga lagi diperlukan,” kata Iqbal dalam rilis yang diterima IDN Times, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Widodo C Putro Sebut Kartu Merah Bikin Persita Kalah Lawan Persik 

1. Adaptasi tak akan berjalan sulit

Iqbal Bawa Pengalaman dari Liga Korsel untuk Berprestasi di PersitaPemain baru Persita, Muhammad Iqbal. (Dok. Persita).

Iqbal merasa, adaptasinya bersama Persita tak akan berjalan sulit. Sebab, ia sudah mengenal beberapa pemain yang kini memperkuat tim berjuluk Pendekar Cisadane, termasuk Dallen Doke yang juga pernah berlatih bersama di Negeri Ginseng. 

Ia pun mengaku, pengalamannya di Korea akan jadi bekal yang bagus bersama Persita untuk mengarungi Liga 1 putaran kedua. Apalagi, ini merupakan pengalaman pertamanya tampil di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air.

“Mungkin nanti di Persita saya akan menerapkan pengalaman yang saya dapat di Korea. Seperti menerapkan pressure dan intensitas yang sama seperti di Korea. Selebihnya saya akan menyesuaikan saja. Syukurnya sudah banyak teman di sini. Saya juga sebelumnya masih terus berkabar dengan Dallen,” ujar pemain yang baru diperkenalkan Persita pada 14 Desember 2021.

2. Target Iqbal adalah bermain sebaik mungkin untuk Persita

Iqbal Bawa Pengalaman dari Liga Korsel untuk Berprestasi di PersitaPemain baru Persita, Muhammad Iqbal. (Dok. Persita).

Iqbal tak secara spesifik menyebut target pribadinya bersama Persita. Ia hanya menjanjikan bakal membuktikan diri layak menjadi andalan di lapangan dan bisa mengangkat prestasi tim lebih baik lagi pada musim ini.

“Insyaallah target pribadi saya memberikan permainan yang terbaik dan membantu Persita mencapai posisi yang terbaik di liga ini. Yang jelas, saya mohon dukungan dan support dari Persita Fans juga supaya saya bisa memberikan yang terbaik. Bismillah,” kata dia.

Baca Juga: Persita Kalah dari PSIS, Widodo Salahkan Wasit

3. Bermain untuk Timnas Indonesia U-19 dan berkarier di Korea Selatan

Iqbal sebelumnya bermain untuk Persika dan PSMS di Liga 2. Bakatnya pun akhirnya diendus FC Cheongju FC, hingga akhirnya ia direkrut klub kasta ketiga Korea Selatan pada 3 Juni 2021, usai menjalani trial beberapa waktu.

Pemain berdarah Minang ini sebelumnya acap kali jadi andalan Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Ia tercatat sebagai bagian dari skuad Timnas U-19 di Piala AFF 2017 Myanmar, bersama Witan Sulaiman dan Egy Maulana Vikri. 

Setahun berselang, Iqbal sebetulnya kembali dipercaya jadi bagian dari skuad Garuda Muda menghadapi Piala AFF U-19 2018. Sayang, hal itu urung terjadi lantaran ia harus menepi akibat cedera.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya