Comscore Tracker

Iran Jadi Negara ke-14 yang Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

Iran jadi wakli Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Sudah 14 negara memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Teranyar, Iran jadi wakil Asia pertama yang memastikan diri bakal mentas di pesta sepak bola terakbar dunia itu.

Iran yang mentas di babak kualifikasi, berhasil mengemas satu tiket ke Piala Dunia usai mengalahkan seterunya Irak 1-0 pada laga yang digelar di Stadion Azadi, Teheran, Kamis (27/1/2022). Mehdi Taremi jadi pahlawan kemenangan dengan mencetak gol semata wayang tuan rumah di menit 48.

1. Iran masih kokoh di puncak klasemen Grup A kualifikasi Piala Dunia zona Asia

Iran Jadi Negara ke-14 yang Lolos ke Piala Dunia 2022 QatarIran jadi negara pertama Asia dan kontestan ke-14 yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. (as.com)
  • Kemenangan ini mengantarkan Iran menjadi tim teratas di Grup A putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Mereka meraih 19 poin, unggul dua poin atas Korea Selatan yang menempel ketat di belakangnya.

Posisi Iran yang kini kokoh di peringkat pertama, sudah tak mungkin lagi bisa dikejar Uni Emirat Arab di peringkat ketiga dengan catatan sembilan poin. Walau masih menyisakan tiga pertandingan, UEA maksimal hanya bisa mengumpulkan 18 poin saja jika memenangkan seluruh pertandingan.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Brasil dan Argentina Masih Terlalu Kuat

2. Argentina dan Belanda kontestan ke-12 dan 13 yang lolos

Iran Jadi Negara ke-14 yang Lolos ke Piala Dunia 2022 QatarPesepakbola Argentina Joaquin Correa merayakan gol keduanya bersama Lionel Messi dan Lautaro Martinez pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Estadio Olimpico, Caracas, Venezuela, Jumat (3/9/2021). Argentina menundukkan Venezuela 3-1. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Yuri Cortez

Dengan dipastikannya Iran mentas di Piala Dunia 2022 Qatar, kini jumlah peserta Piala Dunia sudah mencapai 14 tim. Belanda dan Argentina jadi dua negara sebelum Iran yang memastikan melangkah ke ajang empat tahunan ini.

Belanda lolos dari lubang jarum usai menundukkan Norwegia di laga terakhir fase grup kualifikasi. Sedangkan, Argentina sukses menahan imbang Brasil untuk memastikan satu tempat di putaran final.

3. Masih ada 18 tiket Piala Dunia 2022 Qatar yang diperebutkan

Iran Jadi Negara ke-14 yang Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatarthe-afc.com

Selain Iran, Belanda, dan Argentina, tim-tim raksasa Eropa sudah lebih dulu memastikan satu tiket ke Piala Dunia. Mereka adalah Jerman, Prancis, Spanyol, Inggris, Belgia, Kroasia, Denmark, Serbia, dan Swiss.

Sementara, satu tim Amerika Latin sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 menemani Argentina. Mereka adalah Brasil. Negara yang punya sejarah panjang dan jadi yang terbanyak mengoleksi trofi di ajang ini. 

Dengan demikian, kini kuota negara yang lolos ke Piala Dunia tinggal menyisakan 18 tim lagi. Jika dibagi berdasarkan zona, Eropa tinggal menyisakan tiga tiket di babak playoff, dua tau tiga (yang terakhir diperebutkan lewat playoff antarkonfederasi), Asia sisa tiga atau empat tiket lagi, Afrika lima tiket, Amerika Tengah tiga atau empat tiket, Oceania nol atau satu tiket.

Baca Juga: Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya