Comscore Tracker

Italia Punya Celah Lolos Piala Dunia 2022, Kok Bisa?

Iran terancam sanksi berat FIFA akibat masalah diskriminasi

Jakarta, IDN Times - Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Hal itu terjadi lantaran kondisi Iran yang sudah meraih tiket ke ajang itu, punya kans mendapatkan sanksi berat dari FIFA.

Sebelumnya, Italia dipastikan gagal melangkah di dua edisi Piala Dunia secara beruntun. Mereka disingkirkan Makedonia Utara 1-2 dalam laga play-off di Stadio Renzo Barbera, Jumat dini hari WIB (25/3/2022). 

Hal itu jadi kenyataan pahit bagi skuad Gli Azzurri. Sebab, pemilik empat gelar Piala Dunia ini sukses jadi kampiun di Piala Eropa 2020 tahun lalu.

1. Iran melarang 2 ribu wanita menonton pertandingan

Italia Punya Celah Lolos Piala Dunia 2022, Kok Bisa?Ribuan penonton wanita tak bisa masuk stadion saat laga Iran melawan Lebanon dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. (theguardian.com)

Italia memiliki celah untuk tetap tampil di Piala Dunia usai Iran melakukan kebijakan yang dinilai diskriminasi kepada wanita. Mereka baru saja melarang 2 ribu wanita untuk menonton langsung duel Iran melawan Lebanon.

Dikutip Sport Mediaset, ribuan wanita itu sudah siap untuk masuk ke tribune menyaksikan duel babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Hanya saja, hal itu urung dilakukan. Walau sudah memiliki karcis, mereka tak boleh masuk ke stadion.

Baca Juga: Yordania Tuding Kiper Timnas Wanita Iran Sebagai Pria

2. Iran di bawah ancaman sanksi FIFA

Italia Punya Celah Lolos Piala Dunia 2022, Kok Bisa?en.radiofarda.com

Masalah ini menambah catatan panjang kasus diskriminasi terhadap wanita di Iran. Sebab, sebelumnya masalah serupa juga acap kali terjadi di negara tersebut. Hal ini membuat Iran mulai berada di bawah bayang-bayang sanksi FIFA dan AFC sebagai federasi yang menaunginya.

Anggota federasi sepak bola Iran pun menyebut jika kondisi ini tak menguntungkan bagi negaranya yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Sanksi berat dari FIFA konon bakal segera dikeluarkan.

3. Italia punya kans gantikan Iran di Piala Dunia 2022

Italia Punya Celah Lolos Piala Dunia 2022, Kok Bisa?Timnas Italia gagal melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar usai keok dari Makedonia Utara / Twitter @Azzurri_EN

Memang belum jelas sanksi berat apa yang bakal diberikan FIFA kepada Iran. Namun, rumor beredar jika Iran punya potensi diberi sanksi diskualifikasi di Piala Dunia 2022 nanti. Hal itu terang saja merugikan mereka.

Jika demikian, peluang Italia lolos ke Piala Dunia 2022 bakal terbuka lebar. Sebab, butuh satu tim lagi untuk mengisi slot tim yang bakal tampil di ajang tersebut.

Teorinya, Italia bisa lolos dengan cuma-cuma karena punya koefisien tertinggi dibadingkan negara lain yang sudah tak lolos ke Piala Dunia 2022. Namun, fakta sejarah menyebut jika FIFA belum pernah melakukan pergantian negara yang lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga: Kiprah Italia di 5 Edisi Piala Dunia Teranyar, Jeblok setelah Juara

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya