Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022

Timnas Italia harus tampil di play-off

Jakarta, IDN Times - Italia terancam tak lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka gagal melaju langsung ke putaran final usai duduk di peringkat dua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Italia hanya bisa menempati posisi runner up Grup C dengan catatan 16 poin. Hal itu tak lepas dari hasil imbang tanpa gol yang mereka raih saat bentrok dengan Irlandia Utara di Windsor Park, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB.

Tentu itu jadi kerugian bagi Gli Azzurri. Sebab, mereka berpotensi bakal bentrok dengan Swedia di playoff. Kebetulan, Swedia pernah bikin Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

1. Mancini fokus buat fase playoff

Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022skysports.com

Pelatih Italia, Roberto Mancini, menyesali kegagalan tim asuhannya lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Namun, dia tak mau berlarut-larut dalam kekecewaan. Terpenting, dia saat ini fokus menyiapkan tim untuk tampil dalam laga playoff pada Maret 2022 mendatang.

"Hasil ini cukup disayangkan, terlebih kami sudah seharusnya mengunci posisi juara grup jauh-jauh hari sebelum kondisi kritis menimpa seperti sekarang. Kini, kami harus bisa menumbuhkan lagi karakter tim," kata eks manajer Manchester City tersebut dikutip RAI Sport

Dia mengaku, tak bisa apa-apa usai anak asuhnya gagal meraih kemenangan dalam dua duel terakhir pada babak kualifikasi Grup C. Dia hanya menjamin, bakal melakukan perbaikan kepada Jorginho dan kolega agar bisa memanfaatkan peluang terakhir melaju ke Piala Dunia.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia: Italia Terancam Terdepak, Inggris Melaju

2. Timnas Italia melewati jadwal padat

Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022Timnas Italia terancam gagal lolos lagi ke putaran final Piala Dunia 2022. (football-italia.net).

Tak bermaksud mengambing hitamkan jadwal yang padat, Mancini merasa timnya sedikit kelelahan menjalani beberapa pertandingan. Sebab, beberapa jadwal begitu mepet dengan pertandingan di Serie A. Hal itu dinilai jadi salah satu faktor anak asuhnya tak tampil maksimal.

"Saat berhadapan dengan Bulgaria pada September 2021 lalu, tim bermain hanya selang dua hari dari pertandingan di kompetisi. Jadi, kami merasa kelelahan saat bertanding. Padahal, kami masih memiliki kans juga usai itu bisa menang atas Swiss dalam dua laga sisa," ujar Mancini.

Namun, sekarang itu semua sudah berlalu. Dia ingin anak asuhnya bisa mengeluarkan kemampuan terbaik untuk menjaga kehormatan sang juara Eropa lolos ke putaran final ajang empat tahunan itu.

3. Harus usir kutukan Swedia

Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia 2022Pesepak bola Italia Lorenzo Insigne (kanan) melakukan celebras denna rekannya Jorginho setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Posisi ini memang menyulitkan Italia. Maklum, mereka berpeluang kembali harus menjalani laga hidup mati melawan Swedia. Sebab, Italia hampir dipastikan masuk pot satu dalam fase tersebut karena berstatus sebagai unggulan.

Sementara, Swedia, yang juga harus puas berada di posisi runner up Grup B, punya kans besar berada di pot dua dalam undian playoff nanti. Mereka tinggal menunggu hasil keseluruhan kualifikasi lebih dulu untuk tahu statusnya pada fase penentuan nanti.

Tentu saja, memori kegagalan empat tahun silam bisa jadi batu sandungan jika Italia benar-benar kembali bentrok dengan Swedia. Namun, itu masih sekadar prediksi. Siapapun lawannya, Italia dipastikan bakal tampil habis-habisan untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Syarat Italia Lolos ke Piala Dunia 2022 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya