Comscore Tracker

Iwan Bule akan Bawa Sepakbola Indonesia Berbicara di Dunia

Iwan Bule sesumbar membawa timnas ke Piala Dunia 2026

Jakarta, IDN Times - Komjen Pol. Mochamad Irianto atau biasa disapa Iwan Bule, sesumbar bakal membawa sepakbola Indonesia ke kancah dunia. Hal iu ia sampaikan saat melakukan deklarasi untuk menjadi Ketua Umum PSSI di Papa Ron's Cafe, Jakarta pada Rabu (21/8).

"Secara bertahap. Jadi kami berharap dalam satu-dua tahun jadi juara ASEAN. Syukur-syukur bisa lebih cepat, itu bakal lebih baik," ujar eks Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat tersebut kepada awak media.

"Tahun berikutnya kami coba berkiprah di Asia. Sekarang kita ada di ranking 75 Asia, dan FIFA ada di peringkat 164. Di ASEAN kita posisi empat, ini kita sayangkan, kami siap berbicara di ASEAN ya nanti," lanjut dia.

1. Indonesia ditargetkan masuk Piala Dunia 2026

Iwan Bule akan Bawa Sepakbola Indonesia Berbicara di DuniaIndonesia_Vs_Vanuatu_01.JPG

Pria kelahiran Jakarta itu pun memperinci target sepakbola Indonesia saat PSSI nanti di bawah kendalinya. Ia ingin secara perlahan bal-balan Tanah Air terus menunjukkan tajinya hingga diperhitungkan di tingkat Asia, bahkan dunia.

"Kami ingin masuk Piala Dunia 2026, lalu 2032 masuk Olimpiade. Orang boleh bilang itu mimpi, kami rasa kami harus punya perencanaan dan mimpi sehingga apa yang kita inginkan bisa terwujud dengan pola yang sudah saya sampaikan," bebernya.

Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Iwan Bule, Calon Ketua Umum PSSI

2. Beberapa Ketum sebelumnya sempat berjanji bawa sepakbola Indonesia lebih baik

Iwan Bule akan Bawa Sepakbola Indonesia Berbicara di DuniaIDN Times/Dok Humas Pemprov Sumut

Akan tetapi, kalimat-kalimat tersebut sebetulnya sudah sering didengungkan oleh Ketum-ketum PSSI terpilih di periode sebelumnya, sebut saja Edy Rahmayadi yang menargetkan lolos ke Piala Dunia 2034. Sayang, dirinya mesti angkat kaki dari PSSI sebelum mimpinya diwujudkan.

Sebelumnya juga sama, Nurdin Halid yang sempat menjadi Ketum PSSI sempat mengumbar janji bakal membawa Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2046. Hal itu juga menguap seiring pergantian tapuk kepemimpinan di organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia ini.

3. Iwan janjikan modernisasi tata kelola sepakbola yang baik

Iwan Bule akan Bawa Sepakbola Indonesia Berbicara di DuniaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dengan demikian, agar janji-janjinya bisa direalisasikan, Iwan menyebut harus ada modernisasi tata kelola sepakbola, mulai dari fasilitas, sport science, hingga lini bisnis. Hal itu bisa menunjang banyak perkembangan sepakbola Tanah Air.

4. Iwan puji Jokowi atas atensi yang besar terhadap sepakbola

Iwan Bule akan Bawa Sepakbola Indonesia Berbicara di DuniaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ia pun cukup senang dengan apa yang sudah dilakukan pemerintah saat ini. Sebab, lanjut dia, Presiden saat ini, Joko 'Jokowi' Widodo punya atensi yang baik untuk mendukung perkembangan sepakbola Indonesia.

Oleh karena itu, dukungan pemerintah tersebut pun bakal dimaksimalkan olehnya saat memimpin PSSI nanti. Sehingga, federasi dan pemerintah bisa bersinergi untuk memajukan sepakbola Tanah Air bersama-sama.

Baca Juga: Siap Komitmen untuk PSSI, Iwan Bule: Saya Wakafkan Nyawa untuk PSSI!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You