Comscore Tracker

Iwan Bule Singgung 2 Nama Pelatih Asing, Simon McMenemy akan Lengser?

Performa melatih Simon dalam sorotan karena dianggap jeblok

Jakarta, IDN Times - Ketua PSSI anyar, Komjen Pol Mochamad Iriawan, singgung dua nama dan kriteria pelatih yang kemungkinan bakal menangani Timnas Indonesia ke depan dalam sela-sela Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu (2/11).

"Publik ada yang menyampaikan Luis Milla, kita akan dalami. Lalu ada pelatih lain yang juga bagus, yaitu mantan pelatih Korea Selatan. Itu semua akan kami dalami, jadi saya belum bisa bicara sekarang," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule.

"Tunggu sebentar, satu sampai dua hari akan dianalisis dulu untuk lihat pelatih yang kira-kira paling pas untuk Timnas Indonesia," lanjutnya.

1. Simon dianggap tak mampu angkat performa Timnas Indonesia

Iwan Bule Singgung 2 Nama Pelatih Asing, Simon McMenemy akan Lengser?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Isu mengenai penggantian Simon McMenemy, sebagai pelatih Timnas Indonesia saat ini, memang santer terdengar menyusul hasil jeblok yang diraih di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda asuhan Simon masih nirpoin karena selalu kalah dalam empat laga beruntun.

Timnas Indonesia takluk 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand, 0-5 dari Uni Emirat Arab, dan teranyar mereka dipermalukan 1-3 dari Vietnam saat tampil beberapa waktu lalu di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Timnas Indonesia pun saat ini berada di posisi buncit Grup G.

Baca Juga: Exco PSSI: Sulit Pecat Simon McMenemy karena Kami Nanti yang Rugi

2. Mantan pelatih Timnas Korsel Shin Tae-yong, akan latih skuat Garuda?

Iwan Bule Singgung 2 Nama Pelatih Asing, Simon McMenemy akan Lengser?www.sport.de

Milla memang banyak dibicarakan untuk kembali ke Indonesia. Apalagi ia sudah kadung dicintai publik sepakbola Tanah Air karena mampu meningkatkan permainan Timnas di Asian Games 2018 lalu.

Namun, di luar namanya nama pelatih asal Korsel pun masuk bursa.

Jika mengacu pada satu nama pelatih berkebangsaan Korsel yang kemungkinan bisa di boyong ke Tanah Air, kans terbesar jatuh ke nama eks pelatih pasukan Negeri Ginseng di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong.

Maklum, pria berusia 50 tahun itu sejauh ini masih belum melatih klub atau negara mana pun alias menganggur.

3. Shin sempat bawa Korsel kalahkan Jerman di PD 2018

Iwan Bule Singgung 2 Nama Pelatih Asing, Simon McMenemy akan Lengser?bbc.co.uk

Prestasinya pun cukup mengilap saat meracik Son Heung-min dan kolega di Rusia. Walau langkahnya terhenti di fase gugur, ia mampu membawa Korsel tampil menawan, salah satunya adalah melumat Jerman 2-0.

Jelas itu bukan prestasi yang sembarangan.

4. Pelatih lokal berpeluang juga latih Timnas Indonesia

Iwan Bule Singgung 2 Nama Pelatih Asing, Simon McMenemy akan Lengser?IDN Times/Ardiansyah Fajar

Namun demikian, Iwan Bule belum memastikan untuk mengganti pelatih Timnas dengan sosok asing lagi. Iwan menyatakan, pihaknya tak menutup kemungkinan untuk menyiapkan nama pelatih lokal jika sesuai dengan kemampuannya.

"Sementara kita belum sampai ke sana, yang jelas kalau ada kita temukan, ada hal yang menguntungkan atau merugikan klub lain, ya kita akan evaluasi," tukas dia.

Baca Juga: Agenda Pertama Iwan Bule Usai Jadi Ketua PSSI: SEA Games 2019

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya