Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kancah Asia pada Sisa Tahun 2020

Timnas senior harus selesaikan fase Kualifikasi PD 2022

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang meluas di dunia, sudah membuat beberapa agenda besar olahraga di seluruh dunia terhenti, mulai dari Olimpiade Tokyo dan Piala Eropa yang sejatinya dihelat pertengahan 2020, harus digelar tahun depan.

Kini, grafik wabah berbahaya tersebut mulai mulai turun di beberapa negara, sehingga ada agenda olahraga yang mulai kembali dimulai, termasuk sepak bola. Dengan catatan, semua dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat pada era new normal ini.

Beberapa ajang berskala internasional di Asia pun sudah dijadwalkan akan kembali bergulir. Hal itu membuat Timnas Indonesia dari level senior sampai beberapa kelompok umur dipastikan bakal berpartisipasi. Tentu butuh banyak persiapan khusus yang dilangsungkan sebelum turnamen di mulai.

Berikut jadwal turnamen yang bakal diikuti Timnas Indonesia baik dari senior sampai kelompok umur di tahun 2020.

1. Timnas U-19 main di Piala Asia U-19 Uzbekistan

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kancah Asia pada Sisa Tahun 2020IDN Times/Herka Yanis P

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, terus menyiapkan Timnas U-19 untuk tampil maksimal di Piala Asia U-19 yang digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Walau terhambat pandemik, dirinya dan PSSI tak kehilangan akal untuk menggelar pemusatan latihan secara virtual dalam beberapa bulan terakhir.

Sebanyak 44 nama pun masuk dalam TC virtual kali ini, sebut saja Beckham Putra Nugraha, Bagas Kaffa, dan beberapa pemain yang sempat memperkuat Garuda Select.

Pada ajang ini, skuat Garuda Muda berada di pot kedua, bersama klub kuat Asia macam, Australia, Jepang, hingga Tajikistan. Sementara pot di atasnya ditempati Qatar, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Sedangkan di pot ketiga, beberapa negara Asia Tenggara seperti, Vietnam, Malaysia, Kamboja, hingga perwakilan Asia Timur, Irak. Plus, Bahrain, Iran, Yaman, sampai dengan Laos menunggu lawan di pot empat.

Melihat draf tersebut, Timnas U-19 kemungkinan bakal satu grup dengan beberapa lawan berat. Namun, hal itu belum bisa dipastikan sampai AFC menggelar undian di markasnya, Malaysia, pada 18 Juni 2020.

Baca Juga: AFC Sudah Siapkan Jadwal, Timnas Indonesia Segera Dikumpulkan

2. Timnas senior harus selesaikan tiga laga sisa di babak Kualifikasi Piala Dunia 2020

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kancah Asia pada Sisa Tahun 2020Timnas Indonesia saat melakukan uji coba dengan Persita pada Jumat (21/2). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Timnas senior dikabarkan bakal segera dikumpulkan untuk menjalani TC. Hal itu merupakan respons dari PSSI terhadap AFC yang sudah memberikan opsi jadwal baru lanjutan pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang gagal digelar Maret-Juni 2020 lantaran pandemik COVID-19.

Mereka menawarkan laga selanjutnya dimulai pada Oktober 2020. Jadwal baru matchday ke-7 dan ke-8 akan berlangsung pada 8 dan 13 Oktober 2020. Sementara, matchday 9 dan 10 dijadwalkan akan dimulai pada 12-17 November 2020.

Jika menilik jadwal tersebut, Timnas Indonesia akan kembali memulai kampanye di babak Kualifikasi Piala Dunia 2020, sesuai jadwal Oktober mendatang. Pada 8 Oktober akan bertamu di markas Thailand, 13 Oktober kembali ke Indonesia untuk menjamu Uni Emirat Arab, dan 12 November melawan Vietnam.

Kans Timnas Indonesia lolos ke babak berikutnya memang sudah tertutup. Maklum, sejauh ini skuat Garuda belum pernah sekali pun meraih kemenangan dalam lima laga yang sudah dijalani. Hal itu membuat mereka harus terdampar di posisi juru kunci Grup G, lantaran masih nirpoin.

3. Timnas senior juga mengikuti Piala AFF yang digelar akhir tahun 2020

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kancah Asia pada Sisa Tahun 2020IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Selain menyelesaikan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia dijadwalkan harus mengikuti Piala AFF 2020. Dikutip dari Bangkok Post, turnamen yang digelar dua tahun sekali ini dipastikan bisa digelar pada 23-31 November.

Namun demikian, Timnas Indonesia belum tahu akan tampil melawan siapa. Sebab, undian grup Piala AFF 2020 baru bakal dihelat pada Agustus mendatang di Vietnam.

Timas Indonesia memang ditargetkan untuk meraih hasil terbaik. Apalagi, sejak bergulirnya kompetisi tersebut Indonesia tak sekali pun mengecap gelar juara pesta sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

4. Timnas U-16 tampil di Piala Asia U-16 Bahrain

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kancah Asia pada Sisa Tahun 2020PSSI/Herka Yanis P

Indonesia dipastikan tampil  pada Piala Asia U-16 2020 yang bakal digelar di Bahrain. Namun demikian, ajang paling bergengsi di kelompok usia se-Asia itu tak akan digelar sesuai jadwal. Akibat pandemik COVID-19 yang meluas di Asia, sepak mula turnamen tersebut baru bakal  25 November-12 Desember 2020.

Undian grup pun rencananya bakal dilakukan pada 18 Juni 2020 di Malaysia. Walhasil, sejauh ini belum ada kepastian skuat Garuda harus tampil di grup mana dan melawan siapa.

Rasa optimistis diapungkan oleh pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Menurut dia, dengan mundurnya kick-off ajang tersebut,  dirinya bisa mempersiapkan tim lebih lama. Dia bisa melakukan pemusatan latihan lebih lama dan melakukan beberapa uji coba internasional sebelum mentas di Piala Asia U-16.

Baca Juga: Wawancara Eksklusif: Mimpi Dayen Gantenaar Jadi Kiper Timnas Indonesia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya