Comscore Tracker

Jadwal TC di Spanyol Berantakan, Timnas U-19 Pulang Lebih Cepat

Timnas U-19 sulit menggelar uji coba selama TC di Spanyol

Jakarta, IDN Times - COVID-19 membuat Spanyol menerapkan protokol ketat sehingga segala aktivitas sangat dibatasi. Walhasil, program skuat Timnas U-19 yang direncanakan dalam pemusatan latihan di sana berjalan berantakan.

Atas dasar itu, skuat Garuda Muda akhirnya memilih kembali ke Indonesia pada Rabu, 13 Januari 2021.

Sejatinya TC bakal berakhir pada 31 Januari mendatang, namun PSSI memilih mengakhirnya lebih cepat dari rencana semula. Selama menjalani TC di Spanyol, Timnas U-19 sulit menggelar uji tanding, atau bahkan sekadar game internal.

1. Gagal lakukan beberapa kali uji coba

Jadwal TC di Spanyol Berantakan, Timnas U-19 Pulang Lebih CepatLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Penundaan laga uji coba Timnas U-19 ini tercatat sudah terjadi selama tiga kali. Pada Minggu, 3 Januari 2021, mereka gagal bentrok dengan Gimnastic Tarragona di Stadion Gimnastic Tarragona. Kemudian jadwal diundur menjadi 7 Januari 2021.

Dua hari berselang, tepatnya pada Selasa, 5 Januari 2021, Timnas U-19 juga urung beruji tanding melawan Lleida Esportiu U-19 di Stadium of CE Futbol Salou.

Laga melawan Gimnastic Tarragona yang sejatinya digelar pada 7 Januari pun kembali urung digelar. Protokol kesehatan yang ketat di Spanyol membuat laga itu batal digelar.

2. Sekjen PSSI sudah berkoordinasi dengan Shin Tae-yong

Jadwal TC di Spanyol Berantakan, Timnas U-19 Pulang Lebih CepatPlt Sekretaris Jendaral PSSI, Yunus Nusi. (pssi.org).

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi meastikan hal tersebut. Usai melihat perkembangan di Spanyol serta berkomunikasi dengan pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Keputusan itu pun diambil.

"Kami akhirnya memulangkan timnas U-19 lebih cepat. Hal ini karena timnas U-19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan. Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri," kata Yunus Nusi dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: 3 Kali Gagal Uji Coba, Timnas U-19 Pilih Gelar Game Internal

3. PSSI tetap berkomitmen kepada Timnas U-19

Jadwal TC di Spanyol Berantakan, Timnas U-19 Pulang Lebih CepatLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Yunus menyebut jika tujuan PSSI mengirim Timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental pemain. Hanya saja, kondisi di sana tak memungkinkan Bagas Kaffa dan kolega menggelar pertandingan uji coba.

Namun demikian, Yunus menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain bakal diproyeksikan untuk naik kelas, yakni menjadi anggota Timnas U-23 atau timnas senior nantinya.

"Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat. Spanyol pandemik COVID-19-nya masih tinggi. Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol," ujar Yunus.

4. Skuat Garuda kembali pada Rabu besok

Jadwal TC di Spanyol Berantakan, Timnas U-19 Pulang Lebih CepatPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Dia juga tak lupa memberikan semangat kepada para pemain yang sudah menjalani TC di Spanyol. Menurut dia, walau dalam waktu singkat, tentu pengalaman itu bisa meningkatkan skills, fisik, dan faktor penunjang lainnya untuk terus berkembang.

"Memasuki pekan ketiga TC Spanyol, saya mendapat update bahwa pemain terus berkembang, disiplin dan bekerja keras. Tentu ini hal yang sangat baik dan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi pemain profesional nantinya dan generasi penerus timnas U-23 atau timnas senior," kata Yunus.

PSSI mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia. Mereka sangat membantu dalam segala hal saat Timnas U-19 berangkat, menyiapkan, hingga menjalankan TC di Spanyol.

Timnas U-19 sendiri direncanakan akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada Kamis, 14 Januari 2021. Selama di Spanyol, timnas U-19 hanya melakukan latihan di lapangan, gym dan pertandingan internal game.

Baca Juga: Laga Uji Coba Timnas U-19 di Spanyol Belum Jelas, Pemain: Semangat!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya