Jebolan Garuda Select Tuai Pujian Usai Jadi Pahlawan Persib

Kakang mencetak gol perdana dalam debutnya di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung akhirnya mampu meraih kemenangan dalam duel pekan ke-21 Liga 1 2021/22 di tengah badai COVID-19 yang melanda skuad. Mengandalkan mayoritas pemain cadangan dan anak muda, Maung Bandung justru mampu mempecundangi TIRA-Persikabo dengan skor tipis 1-0.

Satu gol kemenangan Persib dicetak oleh bek muda yang menjalani debut di Liga 1, yakni Kakang Rudianto. Pemain jebolan Garuda Select ini mampu mencetak gol perdananya di kompetisi kasta tertinggi Indonesia pada menit 22 dalam duel yang digelar di Stadion Ngurah Rai, Bali, Sabtu (29/1/2022).

Beberapa jam jelang laga, Persib mengumumkan jika sembilan pemainnya positif terjangkit COVID-19. Mereka memang tak mengumumkan siapa saja nama pemain-pemain tersebut. Namun, sembilan pemain ini tak masuk DPS, yakni Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Supardi Nasir, Marc Klok, Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Bruno Cantanhede, David da Silva, dan Ezra Walian.

1. Robert Alberts beri apresiasi untuk Kakang

Jebolan Garuda Select Tuai Pujian Usai Jadi Pahlawan PersibKakang Rudianto menjalani debut manis bersama Persib usai mencetak gol sekaligus mengantarkan kemenangan untuk timnya atas Persikabo di Liga 1 2021/22. (persib.co.id)

Terlepas dari krisis yang dialami anak asuhnya, Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, bersyukur anak asuhnya bisa meraih kemenangan dalam laga itu. Dia pun memberikan apresiasi kepada para pemain yang tampil pada laga kali ini, termasuk sang pencetak gol, Kakang Rudianto.

"Kami pantas memenangkan pertandingan ini karena bisa memanfaatkan peluang untuk menjadi gol. Selamat buat Kakang dan pemain lainnya," kata Robert dalam sesi konferensi pers usai laga. 

Selain bisa menjadi pahlawan kemenangan tim, Kakang juga mampu menunjukkan potensinya sebagai palang pintu masa depan tim. Dia bisa bermain dengan tenang menghadapi gempuran para penyerang lawan dan bisa menggantikan peran Nick Kuipers dengan baik.

Baca Juga: [BREAKING] Persib Vs Persikabo: Maung Bandung Amankan Kemenangan 1-0

2. Teja Paku Alam jadi tembok kokoh Persib

Jebolan Garuda Select Tuai Pujian Usai Jadi Pahlawan PersibKiper Persib, Teja Paku Alam (kanan) dan Pelatih kiper Persib,  Luizinho Passos (kiri) saat melakukan pemanasan jelang laga. (persib.co.id).

Tak hanya Kakang, Robert juga menyoroti penampilan Teja Paku Alam yang tampil tangguh di bawah mistar gawang Persib. Eks pemain Sriwijaya FC itu beberapa kali berhasil mematahkan peluang emas yang diciptakan pemain-pemain TIRA-Persikabo.

"Pada babak kedua, Persikabo berusaha untuk bangkit dan membuat beberapa peluang. Saya ucapkan selamat juga kepada Teja karena berhasil menjaga gawang agar tidak kebobolan," ujar pelatih berusia 67 tahun tersebut.

Teja memang menjelma jadi penjaga gawang yang sulit digantikan di bawah mistar gawang Persib musim ini. Walau beberapa kali sempat menepi dan diganti Muhammad Natshir dan I Made Wirawan, dia tetap bisa kembali merebut posisi kiper utama, karena penampilannya yang menonjol di bawah mistar gawang.

3. Persib masih di peringkat dua Liga 1 2021/22

Jebolan Garuda Select Tuai Pujian Usai Jadi Pahlawan PersibMarc Klok dan Mohammed Rashid bermain bagus saat Persib mengalahkan Barito Putera. (persib.co.id).

Hasil ini membuat Persib berada di posisi kedua klasemen Liga 1 2021/22 dengan raihan 43 poin. Mereka menempel ketat Arema FC di posisi puncak yang unggul satu poin saja atas Persib dan Bhayangkara FC raihan poin serupa.

Selanjutnya, Persib akan menghadapi laga berat melawan PSM Makassar dalam pertandingan yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada 2 Februari 2022. Mereka dituntut untuk menang untuk bisa mempertahankan, atau bahkan menggeser posisi Arema di peringkat satu.

Hanya saja hal itu sulit dilakukan, karena Persib masih mengalami krisis pemain akibat COVID-19. Terlebih, beberapa di antaranya seperti Beckham Putra, Abdul Aziz, dan beberapa pemain lainnya, sempat mengalami cedera saat berjuang membawa tim menang atas TIRA-Persikabo.

Baca Juga: Jelang Laga Kontra Persikabo, 9 Pemain Persib Positif COVID-19

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya