Comscore Tracker

Jelang Derbi Kalimantan, Kalteng Putra Terus Berbenah

Gomes nilai kebugaran pemainnya menurun usai libur lebaran

Jakarta, IDN Times - Klub asal Kalimantan Tengah, Kalteng Putra, terus berbenah jelang kembali dimulainya kompetisi Liga 1 2019 usai libur lebaran. Mereka terus menempa diri agar tampil lebih konsisten lagi untuk bisa tetap di jalurnya, terlebih mereka akan menjalani laga berat saat bertandang ke markas Barito Putera, Sabtu (22/6).

Klub berjuluk Laskar Iseng Mulang ini memang masih belum menunjukkan konsistensinya dalam tiga laga perdana kompetisi kasta tertinggi tanah air ini. Setelah menggebrak di laga perdana dengan mengalahkan tuan rumah PSIS, Kalteng Putra bisa menahan imbang Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo.

Hanya saja, saat memulai debut di kandang, Kalteng Putra malah kalah oleh Perseru Badak Lampung dengan skor tipis 1-0 sebelum libur lebaran. Jelas itu jadi catatan minor yang mencoreng klub yang digadang-gadang jadi kuda hitam di kompetisi musim ini.

1. Gomes terus bekerja keras memperbaiki performa tim

Jelang Derbi Kalimantan, Kalteng Putra Terus BerbenahIDN Times/Daruwaskita

Untuk memperbaiki performa timnya, Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Olivera pun terus bekerja keras hingga beberapa hari ke depan jelang derbi Kalimantan. Ia ingin terus memperbaiki kekurangan dalam timnya agar mampu meraup hasil lebih baik dalam setiap laga yang dijalani.

"Kami terus melakukan perbaikan, evaluasi dari tiga pertandingan pertama pun sudah kami jalankan. Kini pemain sedang dalam suasana lebih positif, mereka menunjukkan semangat untuk memperbaiki diri. Saya jadi lebih optimistis," kata Gomes kepada IDN Times melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Kalteng Putra vs Badak Lampung: Tim Promosi Sedang On Fire!

2. Penyelesaian akhir Kalteng Putra masih jadi masalah

Jelang Derbi Kalimantan, Kalteng Putra Terus BerbenahIDN Times/Daruwaskita

Gomes selama ini memang sedikit menyoroti penyelesaian akhir timnya yang kurang maksimal. Hal itu bisa dilihat saat kalteng Putra kalah oleh Badak Lampung beberapa waktu lalu, menurut Gomes, para pemainnya masih kurang optimal dalam mengkonversi peluang menjadi gol sehingga banyak kesempatan terbuang percuma.

Padahal, sepanjang laga, I Gede Sukadana dan kolega bisa mendominasi jalannya pertandingan kala itu. Sayangnya, mereka harus kehilangan poin saat menjalani pertandingan di depan pendukungnya sendiri.

3. Kondisi fisik pemain menurun usai libur lebaran

Jelang Derbi Kalimantan, Kalteng Putra Terus BerbenahIDN Times/Daruwaskita

Di samping itu, Gomes juga dihadapkan masalah lain. Ia tak memungkiri jeda kompetisi sedikit membuat momentum timnya terganggu. Sebab, saat menjalani lebaran, pemain juga diliburkan, Hal itu juga berdampak langsung pada kondisi fisik setiap pemain karena mereka tak menjalani latihan seperti biasanya. Sehingga Gomes harus cepat-cepat mengembalikan kebugaran pemain seperti semula.

Saat memulai latihan perdana beberapa waktu lalu, Gomes menilai kondisi fisik pemain kalteng Putra memang cukup kentara perbedaannya dengan kondisi sebelumnya, saat menjalani pertandingan di Liga 1. " Itu terasa berbeda karena pemain libur 10 hari dan tak diawasi," bebernya.

4. Gomes senang pemain kalteng punya inisiatif sendiri menambah latihan

Jelang Derbi Kalimantan, Kalteng Putra Terus Berbenahpialapresiden.id

Beruntung, Gomes terbantu dengan inisiatif pemain mau menambah porsi latihan sendiri setelah menjalani latihan dengan tim. Mereka terlihat memiliki keinginan kuat untuk mengembalikan kebugaran dan menutup kekurangan agar setiap pertandingan performanya bisa maksimal.

Jika kondisi tim ini tetap bisa dipertahankan, Gomes yakin Kalteng Putra akan bertransformasi jadi lebih baik saat kembali menjalani kompetisi lanjutan. Termasuk saat menjalani derbi melawan Barito Putera akhir pekan ini di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

5. Persaingan Liga 1 2019 lebih ketat

Jelang Derbi Kalimantan, Kalteng Putra Terus BerbenahIDN Times/Daruwaskita

Disinggung mengenai optimismenya menjalani sisa laga di putaran pertama, pelatih asal Brasil itu enggan berandai-andai bakal finish di posisi berapa. Ia hanya berharap pemainnya bisa menyelesaikan laga per laga dengan hasil maksimal sehingga menjaga posisi timnya untuk bisa bersaing dan mendapat peluang bagus di akhir kompetisi.

Gomes sadar persaingan di Liga 1 2019 ini cukup berat. Apalagi, semua kontestan di Liga 1 memiliki kekuatan berimbang. Jadi, menurutnya, hanya konsitensi lah yang bisa membuat klub berpeluang menjadi juara di kompetisi musim ini.

Baca Juga: Dibantai Persib di Bandung, Persipura Puji Kualitas Wasit

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You