Comscore Tracker

[BREAKING] Josep Bartomeu Mundur dari Kursi Presiden Barcelona

Bartomeu sempat berseteru dengan Lionel Messi

Jakarta, IDN Times - Josep Maria Bartomeu mundur dari kursi Presiden Barcelona pada Rabu (28/10/2020) dini hari WIB. Tak hanya Bartomeu,  jajaran dewan direksi pun memilih menanggalkan jabatannya di tengah isu munculnya mosi tidak percaya kepada pengurus klub asal Catalan tersebut.

Dikutip dari laporan media Spanyol Diario Sport, seluruh jajaran direksi sudah mengajukan surat pengunduran diri secara resmi, sehingga, dalam waktu dekat mereka bakal diumumkan mundur dari Barcelona.

Posisi Bartomeu sebetulnya sudah mulai goyah saat kedapatan bersitegang dengan Lionel Messi. Masalah tersebut bermula, karena pemain asal Argentina itu menginginkan hengkang dari Camp Nou pada bursa transfer musim panas lalu.

La Pulga terlihat kurang senang, lantaran merasa dihalang-halangi pindah ke klub lain. Barcelona pun memagarinya dengan berbagai cara, termasuk mengancam bakal membawa kasusnya ke ranah hukum jika nekat pindah.

Hal itu membuat rasa kesal Lionel Messi terhadap Bartomeu semakin memuncak. Dia merasa Presiden Barcelona itu sudah berbohong terkait klausul kontraknya.

Krisis kepercayaan dari para penggawa Barcelona terhadap Bartomeu mencuat pascakasus tersebut. walau berhasil mempertahankan Messi, para pemain Barcelona kesal dengan perlakukan manajemen kepada pemain yang sudah memberikan segalanya selama mengabdi untuk Barcelona.

Kekalahan telak Barcelona dari Bayern Munich 8-2 pada Liga Champions dan gagalnya meraih satu pun gelar selama musim 2019/2020 semakin membuat Josep Bartomeu semakin sulit.

Pemain senior Barcelona, Gerard Pique bahkan sempat membuka borok Bartomeu. Dia menuding presiden klub itu terlibat dalam skandal Barcagate, yakni kasus di mana manajemen klub menyewa agensi I3 Ventures untuk menghujani kritik kepada penggawa Blaugrana melalui media sosial.

Walau membantahnya, Bartomeu tetap dipercaya jadi aktor utama di balik skandal besar yang sempat menghebohkan publik.

Hal itu membuat publik semakin yakin jika kondisi internal Barcelona sedang tidak sehat. Hasilnya fans berusaha mengumpulkan 20.687 suara untuk membuat mosi tidak percaya.

Namun, di tengah prosesnya, Bartomeu akhirnya menyerah. Dia memilih untuk menanggalkan jabatannya sebagai Presiden Barcelona.

 Josep Maria Bartomeu sendiri mulai menjadi presiden klub pada Januari 2014 menggantikan Sandro Rosell. Selama masa kepemimpinannya, Barcelona berhasil memenangkan empat gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions 2014/2015.

Baca Juga: Presiden Barcelona Ungkap Kegagalan Lionel Messi Pergi dari Camp Nou

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya