Comscore Tracker

Kalah di Laga Terakhir, Manchester City Belum Tentu Gagal Juara?

Seru juga yah perburuan gelar juara Premier League musim ini

Jakarta, IDN Times - Manchester City menuju laga pamungkas di Premier League 2018/2019 dengan melawat ke kandang Brighton & Hove Albion di Amex Stadium pada Minggu (12/5).

Jika ingin memastikan gelar juara tetap tak berpaling, Manchester City harus meraih tiga pin di laga kontra Brighton karena poin yang dimiliki sudah mungkin tak terkejar pesaing terdekatnya Liverpool. Namun, jika tidak pun, minimal mereka bisa mencocokkan hasil akhir dengan apa yang didapat Liverpool di laga lain.

1. Masih ada kans Manchester City kalah oleh Brighton

Kalah di Laga Terakhir, Manchester City Belum Tentu Gagal Juara?Twitter/@SquawkaNews

Tapi, bukan tak mungkin The Citizens --julukan Manchester City-- harus terpeleset di laga terakhir ini dan mengakhiri laga dengan kekalahan. Hal itu tentu sedikit banyak bisa mengubah hasil akhir Premier League musim ini.

Hanya saja, kekalahan di Minggu nanti belum tentu mengakhiri harapan City menjuarai Premier League musim ini, jika di waktu yang sama Liverpool hanya meraih hasil imbang – dengan catatan beberapa hasil tak biasa, maka gelar itu masih bisa diamankan tim yang dinakhodai Pep Guardiola ini.

Baca Juga: Brighton vs Manchester City City: Satu Laga Lagi Menuju Gelar!

2. Banyak skenario yang buat Manchester City tetap aman pertahankan gelar

Kalah di Laga Terakhir, Manchester City Belum Tentu Gagal Juara?independent.co.uk

Untuk menghindari disalip Liverpool di detik terakhir, Sergio Aguero dan kolega harus menghindari kekalahan lebih dari lima gol. Sebab, Manchester City masih memiliki keunggulan dalam hal produktivitas gol +4 atas rival terdekatnya, Liverpool.

Jika pun secara tak terduga nanti Manchester City menderita kekalahan telak 4-0 atas Brighton hal itu belum tentu membuat mereka gagal. Asalkan, kekalahan itu dibarengi hasil imbang yang diraih Liverpool, sehingga Manchester City masih ditasbiskan sebagai kampiun karena aturan produktivitas gol.

Kecuali, jika The Reds --julukan Liverpool-- meraih hasil imbang 5-5 kontra Wolverhampton. Hal itu akan membuat kondisi yang berbeda karena gelar juara musim ini akan diberikan kepada tim asal Merseyside tersebut.

3. Penentuan gelar juara Premier League musim ini bisa melalui babak play off, tapi ...

Kalah di Laga Terakhir, Manchester City Belum Tentu Gagal Juara?UEFA.com

Namun, ada skenario lain yang lebih seru untuk menentukan siapa pemenang antara Manchester City dan Liverpool dalam perburuan gelar Premier League kali ini, yakni terciptanya babak play off yang mengharuskan keduanya bertemu lagi dalam sebuah laga.

Agar skenario ini terjadi, Manchester City harus kalah 4-0 dari Brighton. Sedangkan, di Anfield, Liverpool cuma bisa meraih satu poin karena bermain imbang 4-4 melawan Wolves. Sayang, tampaknya skenario tersebut sangat kecil peluangnya untuk terealisasi.

Begitu rumit dan banyak kondisi memungkinkan dalam perebutan gelar juara bukan. Tentu hal ini menarik untuk diketahui!

Baca Juga: Liverpool vs Wolves: Berharap Magis Kedua dari Anfield

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You