Kalah oleh Jerman, Ronald Koeman: Belanda Layak Dapat Poin

Belanda sempat menyamakan kedudukan 2-2

Jakarta, IDN Times - Belanda akhirnya harus menerima pembalasan yang cukup menyakitkan dari Jerman di partai babak kualifikasi Piala Eropa 2020 yang dihelat di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Senini (25/3 dini hari WIB. Skuat De Oranje yang sempat menahan imbang 2-2 hingga akhirnya kemasukan satu gol di pengujung laga.

Hasil ini membuat performa Virgil van Dijk dan kolega seakan antiklimaks. Sebab, di dua pertemuan sebelumnya Belanda mampu menang 3-0 dan imbang 2-2 di kompetisi UEFA Nations League. Sayang, hal itu gagal dipertahankan ketika keduanya berduel di kualifikasi Piala Eropa.

1. Koeman mengaku Belanda memulai laga kurang baik

Kalah oleh Jerman, Ronald Koeman: Belanda Layak Dapat Poinwww.pinterest.ch

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, mengatakan para penggawa Belanda memang gagal mengambil poin dari Jerman, tetapi timnya layak mendapat satu poin dari Kualifikasi Eropa ini. Sebab, kata dia, Belanda mampu bangkit usai tertinggal 2-0. Hanya, gol pada menit-menit terakhir dari Nico Schulz memastikan kemenangan bagi Jerman di Amsterdam.

"Tim ini berjuang melawan permainan Jerman yang tidak lazim. Saya pikir kami tak memulai dengan baik, tidak tahu persis bagaimana Jerman akan bermain. Dan, mereka sangat baik dengan tiga pemain dan banyak gerakan di depan," kata Koeman dilansir Telegraaf.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Eropa 2020: Adu Generasi Baru Belanda dan Jerman

2. Koeman menyebut Belanda di babak kedua brilian

Kalah oleh Jerman, Ronald Koeman: Belanda Layak Dapat PoinThe Independent/Getty Images

"Kami kurang bagus dan tidak menjaga bola di babak pertama. Tetapi di babak kedua, saya bangga dengan fakta bahwa kami tidak membiarkan kepala tertunduk, kami tertinggal 2-0 dan kami tampil brilian," ujar eks pelatih Everton tersebut ketika disinggung mengenai performa timnya dalam laga itu.

Jerman memang hampir kembali gagal menang dalam lima pertandingan internasional Joachim Loew sebelumnya, tetapi gol dari Leroy Sane, Serge Gnabry, dan Nico Schulz memastikan mereka membuat awal yang sempurna untuk kampanye kualifikasi Piala Eropa 2020 mereka.

3. Jerman masih butuh waktu untuk konsisten

Kalah oleh Jerman, Ronald Koeman: Belanda Layak Dapat Poindfb.de

Sementara, terlepas dari kemenangan Jerman, pelatihnya, Joachim Loew mengungkapkan bahwa timnya masih punya jalan panjang untuk bisa tampil konsisten. Hal itu terlihat dari cara bermain Jerman dalam duel melawan Belanda.

"Babak pertama hebat, kami memiliki permainan di bawah kendali penuh," Loew mengatakan kepada RTL. "Gol pada babak kedua datang pada waktu yang sangat buruk. Hari ini kami memiliki keberuntungan dari pertandingan yang kami lewatkan sebelumnya", ujarnya lagi.

4. Kemenangan atas Belanda memberikan dampak yang baik bagi skuat Jerman

Kalah oleh Jerman, Ronald Koeman: Belanda Layak Dapat PoinTwitter/@SquawkaNews

Namun, walau bagaimana pun kemenangan atas Belanda, kata Loew harus tetap diapresiasi. "Kemenangan di Belanda sangat bagus, itu akan membantu kami dalam proses selanjutnya. Tetapi kami masih memiliki banyak pekerjaan di depan kami," tukas pelatih berusia 59 tahun itu.

Baca Juga: Revolusi Jerman, Joachim Loew Pensiunkan Tiga Pemain Bayern Munich

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya