Jerman Kalah Telak, Toni Kroos: Spanyol Ajari Kami Bermain Bola

Jerman dicukur Spanyol 6-0

Jakarta, IDN Times - Secara mengejutkan Spanyol mencukur Jerman 6-0 dalam pertandingan UEFA Nations League 2020/2021 di Estadio Olímpico de Sevilla, Rabu (18/11/2020) dini hari WIB. Gelandang Der Panzer, Toni Kroos pun kecewa, karena timnya merasa diajari cara bermain sepak bola oleh lawannya.

Dalam laga tersebut, tim besutan Luis Enrique sudah menggila dengan unggul tiga gol di babak pertama yang dihasilkan Alvaro Morata, Ferran Torres, serta Rodri. Kemudian usai turun minum mereka kembali dihukum lewat dua gol Torres dan Mikel Oyarzabal.

"Kekalahan telak ini begitu menyakitkan. Kami tat bisa bermain baik saat bertahan. Mereka (Spanyol) memberikan pelajaran kepada kami bagaimana cara bertahan. Spanyol menunjukkan cara bermain bola" kata Kroos kepada ARD dikutip Goal International.

1. Gnarby sebut Spanyol layak menang

Jerman Kalah Telak, Toni Kroos: Spanyol Ajari Kami Bermain Bolawww.sportsnet.ca

Jerman tak bisa berbuat banyak sepanjang pertandingan. Tim yang dinakhodai Joachim Low itu tak bisa mengembangkan permainan. Lini belakang pun tampil sangat keropos, sehingga gawang Jerman berhasil dibobol setengah lusin oleh La Furia Roja.

Penampilan buruk tersebut diakui juga oleh, Serge Gnarby. Dia menilai jika Spanyol pantas mendapatkan hasil maksimal, karena sudah menunjukkan bagaimana tim bisa bermain dengan solid di lapangan.

"Tim benar-benar tak berhasil melakukan apapun, sehingga tak ada akses untuk kami. Spanyol layak berada di level tersebut. Walau kami saling menekan. Bedanya mereka melakukan dengan baik, sebaliknya kami tidak," ujar Gnarby.

Baca Juga: UEFA National League: Tim-tim Kuda Hitam Bikin Kejutan!  

2. Spanyol lolos ke semifinal

Jerman Kalah Telak, Toni Kroos: Spanyol Ajari Kami Bermain BolaJerman vs Spanyol. (socialnews.xyz)

Gnarby pun mengambil hikmah dari kekalahan tersebut. Hasil buruk ini jadi pelajaran untuk Jerman terus membenahi permainan untuk bisa tampil oke di Piala Eropa.

Hasil ini membuat Spanyol keluar sebagai juara League A Grup 4 UEFA Nations League 2020-2021 dengan koleksi 11 poin, hasil dari tiga kali menang, dua imbang, dan satu kali menderita kekalahan. La Furia Roja melenggang ke babak semifinal walau masih menyisakan dua laga lagi.

3. Jerman pecahkan rekor kekalahan telak

Jerman Kalah Telak, Toni Kroos: Spanyol Ajari Kami Bermain BolaJerman vs Spanyol. (insidesport.co).

Sejatinya, Jerman jarang menderita kekalahan dengan selisih lebih dari lima gol. Terakhir, mereka mengalami itu pada Piala Dunia 1954. Kala itu, mereka ditaklukkan Hungaria di babak grup dengan skor 3-8.

Namun, pada akhirnya, Jerman (kala itu masih bernama Jerman Barat) mampu melaju hingga ke final. Jerman berhasil melakukan revans terhadap Hungaria di laga itu. Mereka mengalahkan Hungaria dengan skor 3-2.

Dengan kekalahan 0-6 atas Spanyol ini, Jerman mengulang catatan buruk yang pernah terjadi pada 1954 silam. Mereka juga memutus catatan positif mereka dalam laga internasional sepanjang 2020. Sebelumnya, mereka belum pernah menderita satu kekalahan pun.

Baca Juga: Jika Gagal ke UEFA Champions League, Tottenham Akan Incar 4 Pemain

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya