Kamboja Mau Rusak Misi Timnas Indonesia di Piala AFF

Kamboja tak pernah menang dalam 16 laga melawan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kamboja berambisi memecahkan rekor jebloknya kala jumpa Timnas Indonesia di laga pertama Piala AFF 2020. Mereka hendak mengalahkan Indonesia dalam ajang dua tahunan ini yang digelar Kamis (9/12/2021).

Keduanya akan bentrok dalam babak penyisihan Grup B yang digelar di Bishan Stadium, Singapura. Kamboja tentu menargetkan kemenangan pada pertandingan ini, karena butuh poin untuk menjaga asa lolos ke babak gugur. Maklum, saat bersua Malaysia di laga pertama, mereka harus menelan kekalahan 1-3.

"Kami tentu akan melakukan yang terbaik untuk Kamboja, dan sudah tahu rekor kami buruk lawan Indonesia. Jadi, kami harus melakukan perubahan di turnamen ini. Namun, itu juga berlaku ketika kami menghadapi tim-tim lain," kata pelatih Kamboja, Ryu Hirose dalam sesi konferensi pers sebelum laga, Rabu (8/12/2021).

1. Enggan minder

Kamboja Mau Rusak Misi Timnas Indonesia di Piala AFFTimnas Malaysia raih kemenangan perdana di Grup B Piala AFF usai mengandaskan Kamboja 3-1 pada Senin (6/12/2021). (affsuzukicup.com).

Hirose memastikan, jika Kamboja tak memandang lawan yang akan dihadapi dalam Piala AFF edisi kali ini. Dia menegaskan siapapun tim yang bakal ditemui di lapangan, fokusnya hanya permainan tim. 

Pelatih asal Jepang itu mengaku, Kamboja tak takut berhadapan dengan siapapun, termasuk Indonesia. Baginya, yang terpenting adalah Kamboja tampil habis-habisan untuk meraih hasil terbaik.

"Tak penting siapapun yang kami hadapi di turnamen ini. Kami akan coba memberikan yang terbaik. Paling penting, tim selalu menerapkan taktik dan skema yang sudah kami siapkan. Sebab, itu yang jadi acuan kami dalam menjalankan setiap pertandingan," ujar pelatih berusia 65 tahun tersebut. 

Baca Juga: Piala AFF: Thailand Tersukses, Indonesia Belum Pernah Juara

2. Tak hiraukan Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott

Kamboja Mau Rusak Misi Timnas Indonesia di Piala AFFElkan Baggott. (Timnas U-19).

Melawan Indonesia, Hirose ingin Kamboja bisa mendominasi jalannya laga. Dia tak peduli sekuat apapun Indonesia. Bahkan jika diibaratkan, melawan Brasil, yang notabene jadi barometer sepak bola dunia, Kamboja akan berusaha tampil dengan menguasai dan merebut bola dalam garis pertahanan tinggi. 

Hirose tahu jika Pasukan Garuda dihuni pemain-pemain dengan kemampuan individu yang bagus. Namun, dia memastikan Kamboja tak akan melakukan penjagaan khusus kepada salah satunya saja. Mereka akan tampil dengan zona marking saja. 

"Jadi, soal berbahaya, semua pemain Indonesia demikian. Soal Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott, saya tidak tahu efek yang bisa hadir tanpa mereka. Satu hal yang jelas, Indonesia memang punya kualitas individu bagus. Tapi, kami akan fokus dan mempersiapkan diri sebaik mungkin," ujar Hirose.

3. Kamboja belum pernah menang

Kamboja Mau Rusak Misi Timnas Indonesia di Piala AFFTimnas Kamboja yang dipaltih Keisuke Honda, berpotensi menyulitkan Timnas Indonesia saat keduanya bertemu di Grup B Piala AFF 2020. (khmertimeskh.com).

Jika menilik hasil pertemuan kedua tim, Indonesia punya rekor hampir sempurna saat berhadapan dengan Kamboja dalam 16 duel terakhirnya. Total, mereka mampu meraih 15 kemenangan dan hanya sekali bermain imbang melawan skuad berjuluk Kouprey Kampuchea.

Hasil imbang satu-satunya yang diraih Kamboja saat bersua Indonesia terjadi pada 24 tahun silam. Kala itu, secara mengejutkan Kamboja berhasil menahan imbang Indonesia dengan skor 1-1 pada 1997 silam dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 1998.

Setelahnya, Indonesia tampil begitu digdaya. Mereka tak bisa dikalahkan oleh Kamboja sampai sekarang. 

Baca Juga: Indonesia Vs Kamboja: Shin Tae Yong Pede Banget Menang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya