Comscore Tracker

N'Golo Kante Jadi Pemain dengan Peran Terbesar di Chelsea Musim Ini

N'Golo Kante masih lebih baik dari Hakim Ziyech

Jakarta, IDN Times - Gelandang N'Golo Kante kembali menunjukkan konsistensinya saat Chelsea meraih kemenangan atas Sheffield 4-1 dalam lanjutan Liga Inggris 2020/2021, Sabtu (8/11/2020). Tak sekadar mempersembahkan tripoin di Stamford Bridge, pemain asal Prancis itu berhasil membuktikan perannya cukup vital musim ini.

Hakim Ziyech memang punya kontribusi besar dalam lima gol paling anyar Chelsea, tapi itu baru diciptakan dalam empat laga terakhir. Kante masih paling konsisten musim ini. Dia menjadi penyeimbang ruang mesin The Blues selama  delapan laganya di Liga Inggris.

Kante jadi gelandang utama dalam mayoritas laga Chelsea tahun ini, setelah musim sebelumnya banyak berkutat dengan cedera. Walau tampil dalam 22 laga Liga Inggris musim lalu, rentetan cedera, mulai dari engkel, hamstring hingga otot membuatnya tak bisa menunjukkan magis di lapangan.

1. Jadi gelandang dengan peran vital di lini tengah The Blues

N'Golo Kante Jadi Pemain dengan Peran Terbesar di Chelsea Musim IniN'Golo Kante. (football.london)

Beroperasi sebagai jangkar, maupun gelandang box to box dalam satu pertandingan, N'Golo Kante kembali menunjukkan kualitasnya. Dia tampil mengisi ruang kosong yang ditinggalkan gelandang Chelsea lainnya saat melakukan serangan dan bertahan.

Dinukil laporan WhoScored, Kanter berhasil menjelajahi berbagai sisi lapangan. Selain membuat seluruh jengkal lapangan panas oleh telapak sepatunya dengan daya jelajah yang tinggi, dia jadi pemain dengan pemulihan penguasaan atau ball recovery terbaik dalam laga tersebut dengan total 11 kali.

Eks pemain Leicester City ini juga sukses melepas 77 umpan akurat plus satu umpan kunci (assist), dari 85 kali percobaan dengan persentase 91 persen. Statistik menterengnya dibarengi dengan catatan dua kali menang duel dan melakukan lima kali tekel sukses yang membuat para pemain Sheffield gigit jari selama laga berlangsung.

Baca Juga: Secara Dramatis, Chelsea Akhirnya Tumbangkan Sheffield Utd 4-1

2. N'Golo Kante konsisten dalam delapan laga Chelsea di Liga Inggris

N'Golo Kante Jadi Pemain dengan Peran Terbesar di Chelsea Musim IniTwitter @nglkante

Satu laga terakhir tidaklah cukup untuk mengatakan N'Golo Kante jadi pemain kunci Chelsea musim ini. Dia selalu menunjukkan stamina dan determinasi luar biasa di lapangan. Terbukti dari catatan rata-rata berhasil sekali memotong umpan per laga.

Kante seakan ingin menebus kesalahannya musim lalu, hingga tampil apik dan hampir tak tergantikan oleh Frank Lampard.

Lampard mengungkapkan, penampilan menawan dari Kante tak lepas dari kebijakan menerapkan gaya permainan baru untuk Chelsea. Dia pun semringah melihat performa sang pemain perlahan naik kembali, terlebih perannya di lini tengah cukup vital dalam taktik yang diusung.

3. Lampard sebut penampilan moncer Kante karena perannya

N'Golo Kante Jadi Pemain dengan Peran Terbesar di Chelsea Musim Inistandard.co.uk

Tak hanya itu, Lampard mengklaim jika kondisi ideal Kante musim ini tak lepas dari kebijakannya mengatur pola latihan pemain. Setiap hari dia melakukan pengawasan agar pemainnya tetap fit untuk menghadapi satu pertandingan ke pertandingan lainnya, sehingga kontribusinya bisa dimaksimalkan oleh tim.

"Dia memberikan bukti dalam laga Chelsea, bahwa N'Golo Kante masih ada. Atributnya untuk tim begitu istimewa. Selain bisa memainkan banyak peran di lini tengah, stamina dibarengi kehebatannya dalam duel membuat permainan Chelsea semakin kebat," kata Lampard dikutip laman resmi klub.

"Kante terkadang di pandang sebelah mata, karena dianggap gelandang yang tak punya kemampuan menguasai bola. Sebaliknya, dia punya penguasaan bola yang baik," lanjut dia.

Baca Juga: Diminati Real Madrid dan Barcelona, Kante Pilih Bertahan di Chelsea

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya