Comscore Tracker

Kantongi 22 Nama, Fakhri Husaini Umumkan Skuat Timnas U-19

Tiga nama dicoret Fakhri Husaini

Jakarta, IDN Times - Fakhri Husaini resmi umumkan anggota skuat Timnas Indonesia U-19 untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-29, yang akan berlangsung pada 6-10 November 2019 di Stadion Madya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Ia akan membawa 23 nama dari 26 pemain yang mengikuti Training Center (TC) dalam beberapa pekan terakhir. Tiga nama harus tersingkir dari skuat Garuda Muda. Mereka adalah Andre Oktaviansyah, Fadillah Nur Rahman, dan Saddam Emiruddin.

Pelatih kelahiran Lhokseumawe tersebut membeberkan alasan kenapa tak menyertakan pemain-pemain itu. Menurut dia, ketiganya belum bisa memenuhi aspek-aspek yang selalu ditanamkannya dalam melakukan pemusatan latihan, dan juga memutuskan pemain yang akan masuk dalam timnya itu.

"Mereka tidak ikut serta dalam babak kualifikasi Piala AFC U19 nanti, karena menurut saya belum bisa memenuhi empat aspek. Fisik, Taktik, Teknik, dan Mental. Ketiganya juga kalah bersaing dengan 23 pemain lain,” kata mantan pelatih PKT Bontang tersebut dalam rilis yang diterima IDN Times.

Walau tak masuk skuat kali ini, Fakhri berharap ketiga permain tersebut tak patah arang. Sebaliknya, ia meminta mereka untuk lebih bersemangat dan bekerja keras lagi untuk meningkatkan kemampuannya lagi. Sehingga, nantinya mereka bisa memaksimalkan kesempatan lagi.

"Masih ada waktu bagi mereka untuk terus berusaha meningkatkan kemampuannya. Saya ingin melihat progres mereka setelah ini, apa bisa terus berkembang atau malah berhenti di titik ini,” ujar pelatih berusia 54 tahun itu.

Pasca-menentukan 23 pemainnya, pelatih yang sempat membawa Timnas U-16 menjadi juara di Piala AFF U-16 2018 itu menyebut, bakal mulai menerapkan program yang intens untuk persiapan seminggu jelang turnamen dimulai.

“Kami akan memasuki program latihan yang lebih intens. Masih ada beberapa pekerjaan rumah bagi kami untuk diselesaikan dengan memanfaatkan waktu yang ada. Saya ingin 23 pemain ini memang benar-benar bisa diandalkan," bebernya.

"Karena para pemain sudah sepakat, ingin berbicara banyak di turnamen nanti. Sehingga mereka nantinya tidak hanya tampil ‘gratis’ di Piala Dunia U20, meski Indonesia menjadi tuan rumahnya,” lanjut Fakhri lagi.

Di kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Indonesia tergabung di grup K dan bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia akan menghadapi Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Tantangan perdana skuat Indonesia akan bersua Timor Leste (6/11), Hongkong (8/11), dan Korea Utara (10/11).

Berikut daftar 23 pemain Timnas U-19 yang tampil di babak kualifikasi Piala AFC U-19:

Kiper:
Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya), Risky Sudirman (Persija Jakarta), Muhammad Adisatryo (PPLP Jakarta).

Belakang:
Komang Teguh Trisnanda (Diklat Ragunan), Muhammad Salman Alfarid (Diklat Ragunan), Bayu Mohamad Fiqri (ASIFA), Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Barito Putera), Mochammad Yudha Febrian (Barito Putera), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya Surabaya), Muhammad Fadhil Adhitya Akshah (PPLP Jakarta), Alfeandra Dewangga (PPLP Jawa Tengah).

Tengah:
Brylian Negiehta Dwiki Aldama (Persebaya Surabaya), Theo Fillo Da Costa Numberi  (Persipura Jayapura), David Maulana (Barito Putera), Beckham Putra Nugraha (Persib Bandung), Rendy Juliansyah, Braif Fatari (Persija Jakarta).

Depan:
Khairul Imam Zakiri (Leganes Academy), Mochammad Supriadi (Persebaya Surabaya), Muhammad Fajar Fathur Rahman (ASAD 313), Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (Barito Putera), Sutan Diego Armandoondriano Zico (Persija Jakarta), Serdy Hepyfano (PPLP Maluku Utara)

Baca Juga: Tuan Rumah Pildun U-20, PSSI Jatim Upayakan Timnas Berlaga di GBT

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya