Comscore Tracker

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Nasib Liga Inggris?

Kasus COVID-19 di Premier League naik 16 orang pekan ini

Jakarta, IDN Times - Premier League kembali menghadapi krisis akibat pandemik COVID-19. Kasus positif yang terjadi sampai saat ini terus meningkat dan mengancam pergelaran Liga Inggris 2020/2021.

Grafik itu berpotensi bakal semakin meningkat, karena jumlah yang tercatat sampai saat ini mayoritas pemain atau staf klub yang masih menjalani isolasi mandiri. Jumlah tersebut tak termasuk dengan beberapa pemain yang kedapatan positif COVID-19 saat jeda internasional.

Bintang Liverpool, Mohamed Salah, gelandang Arsenal, Mohamed Elneny dan pemain Tottenham, Matt Doherty hanyalah tiga dari pemain dinyatakan positif terkena virus saat pergi.

1. Pemain yang dipanggil timnas belum termasuk dalam hitungan

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Nasib Liga Inggris?Twitter.com/SkySportsStatto

Luka Milivojevic, Andriy Yarmolenko dan Branislav Ivanovic semuanya sudah dipastikan diisolasi. Ketiganya kemungkinan akan absen dalam lanjutan Liga Inggris akhir pekan ini.

Sederet nama yang sudah disebutkan itu tidak termasuk dalam daftar baru orang terjangkit virus corona di Liga Inggris. Jumlah tersebut masih berpotensi bertambah lantaran 400 orang tengah tampil di jeda internasional

2. Jumlah sample di Liga Inggris menurun

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Nasib Liga Inggris?premierleague.com

Dilansir Daily Star, pada 9-15 November 2020, Liga Premier memastikan sudah melakukan pengujian kepada 1.207 pemain dan staf. Sekitar 400 orang harus absen lantaran menjalani tugas membela timnas negaranya masing-masing.

Terjadi penurunan sampel dalam pengujian tes COVID-19 pekan ini, karena sebanyak 1.646 sampel berhasil dikumpulkan pekan sebelumnya.

"Tidak ada rincian spesifik mengenai klub atau individu yang akan diberikan oleh Liga dan hasilnya akan dipublikasikan setelah setiap putaran pengujian," tulis pernyataan resmi operator kompetisi, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Gaji Tertinggi di Musim Ini, Siapa Saja?

3. Terjadi peningkatan kasus positif COVID-19

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Nasib Liga Inggris?www.mirror.co.uk

Jumlah tes memang menurun, tapi peningkatan justru terjadi dalam kasus COVID-19 ini. Total, ada 16 kasus anyar yang terjadi di Liga Inggris. Bertambah enam orang, setelah sebelumnya hanya 10 orang saja yang dipastikan positif COVID-19 usai jalani tes.

"Pemain atau staf klub yang dites positif akan melakukan isolasi diri selama 10 hari," ujar bunyi pernyataan itu.

Kondisi tersebut jadi alarm bahaya bagi operator kompetisi Liga Inggris musim ini. Kenaikan pandemik COVID-19 sudah mencapai 400 persen sejak sepekan terakhir.

4. Kompetisi Liga Inggris menjadi sorotan di tengah COVID-19

Kasus COVID-19 Terus Meningkat, Bagaimana Nasib Liga Inggris?Bleacherreport.com

Total jumlah orang yang positif terjangkit COVID-19 ini merupakan catatan yang jauh lebih besar daripada saat Project Restart di akhir musim lalu. Hal itu semakin membuat Liga Inggris semakin tersudut di tengah badai pandemik ini.

Jika jumlahnya terus meningkat, akan selalu ada pertanyaan moral dari publik, Mengapa olahraga terus berlanjut, sementara negara berada di bawah prosedur lockdown.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pernah Jadi Top Skor Liga Inggris

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya