Comscore Tracker

Kayak Timnas Indonesia, Malaysia Resmi Pakai Pelatih Korsel

Kim Pan-Gon mantan Wakil Presiden KFA

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Malaysia (FAM) akhirnya secara resmi menunjuk pelatih baru untuk jadi suksesor Tan Cheng Hoe. Menengok kesuksesan Indonesia menggunakan pelatih asal Korea Selatan, mereka pun mengikuti jejak itu dengan merekrut Kim Pan Gon.

Penunjukkan Kim Pan Gon sebagai juru taktik skuad Harimau Malaya itu diumumkan Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin, melalui laman resmi FAM pada Jumat (21/2/2022).  

"Pemilihan Pan Gon ini dibuat selepas penilaian menyeluruh atas calon-calon dari pelbagai negara, termasuk Jepang, Eropa, Amerika Latin, serta lokal," tulis pernyataan FAM.

1. Pan Gon dinilai sudah tahu kekuatan sepak bola Asia

Kayak Timnas Indonesia, Malaysia Resmi Pakai Pelatih KorselFederasi sepak bola Malaysia (FAM), akhirnya secara resmi menunjuk pelatih baru dari Korea Selatan, Kim Pan-gon. (ejinsight.com).

Menilik pengalamannya, Pan Gon dinilai ideal oleh Datuk Hamidin sebagai pelatih Malaysia. Terlebih, dia sudah banyak menangani klub-klub Asia hingga menjadi juru latih Timnas Hong Kong, dan bagian penting di federasi sepak bola Korsel (KFA).

Dia dianggap lebih memahami soal sepak bola Malaysia, lisensi pro AFC, pengalaman menangani tim nasional, dan hubungan dengan banyak ahli secara internasional.

"Yang pertama, tentu dia sudah memahami sepak bola Malaysia. Selanjutnya, dia juga sudah mengenal siapa musuh Malaysia, maksudnya kekuatan masing-masing negara di Asia Tenggara dan Asia," ujar Datuk Hamidin.

Sebelumnya, dia merupakan Wakil Presiden KFA dalam beberapa tahun terakhir. Dengan menerima tawaran ini, dia resmi mengundurkan diri dari jabatan itu dan sepakat untuk menerima kontrak berdurasi dua tahun di Malaysia.

Baca Juga: Pelatih Ansan Greeners Titipkan Asnawi ke Shin Tae Yong 

2. Malang-melintang di sepak bola Hong Kong

Kayak Timnas Indonesia, Malaysia Resmi Pakai Pelatih KorselFederasi sepak bola Malaysia (FAM), akhirnya secara resmi menunjuk pelatih baru dari Korea Selatan, Kim Pan-gon. (scmp.com).

Selepas bermain dengan klub asal Korsel, Ulsan Hyundai dan Jeonbuk Hyundai Motors, pada era 1990-an, Pan Gon memilih hijrah ke Hong Kong pada awal milenium. Dia kemudian menjadi pelatih sekaligus pemain dari Rangers FC pada medio 2003-2004.

Selepas itu, Pan Gon pulang kampung untuk mendapatkan lisensi pelatih Pro AFC. Usai resmi punya lisensi tersebut, dia pun memulai karier kepelatihannya untuk menjadi menangani Busan IPark FC selam tiga tahun, tepatnya pada 2005-2008.

Kemudian, kariernya mulai melesat setelah didapuk sebagai pelatih South China FC (2008-2010), lalu melatih Timnas Hong Kong (2009-2010), sebelum akhirnya kembali ke Korsel untuk menolong Gyeongnam FC pada 2011.

Dia kemudian dipercaya kembali menjadi pelatih Timnas Hong Kong pada medio 2012-2017. Beragam prestasi pun mampu ditorehkan mulai dari emas yang diboyong di East Asian Games hingga East Asian Football Champions.

Baru setelah malang-melintang di Hong Kong, Pan Gon akhirnya pulang ke Korsel lagi dan dipercaya mengemban jabatan sebagai Wakil Presiden KFA.

3. Pelatih asal Korea Selatan ketiga di Asia Tenggara

Kayak Timnas Indonesia, Malaysia Resmi Pakai Pelatih KorselFederasi sepak bola Malaysia (FAM), akhirnya secara resmi menunjuk pelatih baru dari Korea Selatan, Kim Pan-gon. (thestatesman.com).

Dengan demikian, Malaysia menambah jumlah negara Asia Tenggara yang menggunakan pelatih asal Korsel. Sebelumnya ada Vietnam yang melakukan hal itu pada 2017 dengan mendatangkan Park Hang Seo.

Keputusan itu pun berjalan sukses, karena Park ternyata berhasil mengangkat prestasi Vietnam, dengan membawa negara itu melaju ke final Piala Asia U-23 (2018), juara Piala AFF (2018), dan medali emas SEA Games (2019).

Sementara, Shin Tae Yong yang dipercaya jadi juru taktik Timnas Indonesia, mampu membuat permainan skuad Garuda lebih baik. Walau belum memberikan gelar, dia berhasil mempromosikan sejumlah pemain muda yang tampil impresif di Piala AFF hingga melaju ke final. Malaysia bahkan merasakan bagaimana kekuatan baru Timnas Indonesia.

Lalu, apakah Pan Go bakal mengikuti kesuksesan Park Hang Seo atau Shin Tae Yong di Asia Tenggara? Performa Malaysia di ajang intenasional layak untuk dinantikan.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Mundur Usai Dibantai Timnas Indonesia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya