Comscore Tracker

Kejar Mimpi di Inggris Bareng Garuda Select Selama Pandemik COVID-19

Noval ungkap perbedaan latihan di Inggris dan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pemain Garuda Select jilid 3, Noval Junior Iskandar, sudah menjalani latihan beberapa bulan di Inggris. Dia pun membeberkan beberapa perbedaan yang dirasakan selama menjalani latihan bersama tim besutan Denise Wise itu.

Noval merasa program latihan yang digelar di Inggris bersama Garuda Select lebih variatif. Sebelumnya, dia merupakan anggota Sekolah Sepak Bola (SSB) FASS Junior Bekasi.

"Perbedaannya cukup signifikan. Dibandingkan pola latihan di SSB, lebih banyak di Inggris. Pola latihannya juga meningkat. Selain itu bedanya, fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan di Indonesia. Di sini, pelatih lebih memperhatikan pemain," kata Noval.

1. Rutinitas latihan di Inggris selama pandemik COVID-19

Kejar Mimpi di Inggris Bareng Garuda Select Selama Pandemik COVID-19Para pemain tim Garuda Select III saat sedang jalani program latihan rutin. (Dok. Garuda Select)

Dia juga mengungkapkan rutinitasnya selama berlatih di Inggris bersama Garuda Select. Selama masa pandemik COVID-19, pola latihan masih sama saja. Dijelaskannya, semua pemain sudah mulai melakukan aktivitas sejak pagi hingga menjelang sore.

"Bangun jam 06.00 waktu setempat, kami sudah beraktivitas untuk makan. Lalu pukul 08.30 hingga 12.00 latihan. Setelah latihan siang juga melakukan gym. Selanjutnya kami istirahat," ujar pemain berusia 16 tahun tersebut.

Baca Juga: Rafli Asrul Matangkan Diri Bersama Garuda Select III

2. Small side game jadi menu latihan kesukaan

Kejar Mimpi di Inggris Bareng Garuda Select Selama Pandemik COVID-19Pemain Garuda select Jilid Ketiga Noval Junior Iskandar. (Dok. MolaTV).

Noval pun mengungkapkan menu latihan yang cukup berat selama menjalani latihan di sana. Latihan fisik yang mengharuskannya lari dengan jarak tempuh lima kilometer dengan durasi 20 menit membuatnya begitu lelah. Namun, dia tak merasa keberatan karena hal itu banyak membuatnya berkembang.

Selain fisik, dia juga mendapatkan menu latihan taktik hingga teknik dasar dalam sepak bola. Dia menyebut beberapa latihan yang jadi kesukaannya selama berada di Inggris.

"Sebetulnya banyak latihan yang saya suka seperti small side game, ball possesion, lari-lari. Tapi, yang bikin saya senang adalah small side game karena bisa menikmati kekompakkan dalam tim dan membuat main lebih ceria," ujar dia.

3. Apa itu Garuda Select?

Kejar Mimpi di Inggris Bareng Garuda Select Selama Pandemik COVID-19Para pemain Garuda Select II saat mengikuti program pelatihan di Italia pada Januari 2020. (Dok. PSSI)

Hidup jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat bagi Noval memang tak mudah. Namun, hal itu bermanfaat bagi para pemain muda untuk melatih kemandirian dalam kegiatan sehari-hari. Para pemain juga bisa belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan belajar sebagai individu yang mempunyai kedisiplinan sebagai pesepak bola. 

Garuda Select merupakan program dari PSSI dan Mola TV untuk pengembangan bakat-bakat muda Indonesia. Tujuan utama program ini adalah untuk menanamkan sikap profesionalisme kepada pemain, sehingga kelak mereka bisa berkembang dalam dunia sepak bola profesional.

Setiap musimnya, Garuda Select memilih bakat-bakat terbaik Indonesia untuk ditempa secara intensif di Eropa. Kriteria pemilihan bakat dilakukan berdasarkan penilaian atas potensi mereka untuk berkembang di masa depan.

Baca Juga: Jebolan Akademi PSM Makassar Edgard Amping Jadi Kapten Garuda Select

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya